BINUS UNIVERSITY

    Wajib Tahu, Ini 6 Aplikasi Bermanfaat untuk Mahasiswa Teknik Informatika!

    Perkembangan teknologi yang cukup pesat beberapa dekade belakangan tidak hanya memberi dampak bagi dunia bisnis atau kehidupan secara umum, tetapi juga dunia pendidikan di universitas. Jadi tidak perlu heran apabila mahasiswa zaman now cenderung lebih up to date soal hal ini.

    Apalagi bagi mereka yang mengambil jurusan Teknik Informatika (TI) atau aktif di komunitas mahasiswa seperti Student Association of Informatics Engineering BINUS UNIVERSITY. Teknologi yang dimanfaatkan pun bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk fisik seperti gadget hingga aneka aplikasi bermanfaat.

    Teknik Informatika
    Sumber : Liga Mahasiswa

     

    Sebagai referensi, berikut beberapa aplikasi yang biasanya digunakan oleh mahasiswa TI:

    1. Kattis

    Hadir dalam bentuk situs yang bisa diakses melalui browser di alamat www.open.kattis.com, untuk memanfaatkan aplikasi ini kita perlu login terlebih dahulu. Kattis merupakan situs yang memiliki ribuan soal pemrograman. Aplikasi ini biasanya dipakai untuk melatih keterampilan coding.

    Bagi yang belum terbiasa, sebaiknya pilih bahasa pemrograman C++ pada situs ini, ya. Sedangkan bagi yang ingin menantang diri, jangan ragu untuk mengeksplorasi setiap soal pemrograman dan membandingkan hasilnya dengan jawaban benar yang juga disediakan situs ini. Jadi kita bisa tahu langkah tepat dalam menjawab setiap masalah pemrograman sekaligus mengetahui solusi yang sesuai.  

    2. Draw.io

    Draw.io merupakan aplikasi untuk membuat flowchart, yang bisa diakses melalui smartphone atau situs www.draw.io. Serunya, flowchart yang dibuat melalui aplikasi ini bisa diakses online kapan saja. Jadi ketika kita tidak membawa gadget, flowchart yang dibuat masih bisa diakses dengan cara meminjam gadget teman.

    Secara penampilan, aplikasi ini termasuk memiliki user interface mudah. Aplikasinya sendiri dapat diunduh di Play Store atau Apple Store. Selain membuat flowchart, kita juga bisa membuat aneka infografis lainnya melalui Draw.io.

    3. Hacker’s Keyboard

    Harus melakukan pemrograman tapi terlalu mager untuk mengambil laptop atau menyalakan PC? Jangan khawatir, coba pasang aplikasi Hacker’s Keyboard untuk mengetik kode-kode pemrograman melalui smartphone. Aplikasi ini merupakan keyboard virtual dengan simbol-simbol khas pemrograman yang tidak mungkin ada di keyboard bawaan smartphone.

    Untuk memudahkan, kita juga bisa mengatur tampilan keyboard agar layout-nya mirip seperti saat kita mengetik melalui laptop atau PC. Jadi di mana dan kapan saja, kita bisa tetap mengerjakan kode pemrograman. Aplikasi Hacker’s Keyboard jelas cocok sekali untuk mahasiswa yang laptop-nya sedang rusak.

    4. Aplikasi Editor Kode

    Ada banyak pilihan aplikasi editor kode di Play Store atau Apple Store. Beberapa yang cukup recommended adalah, Quoda, DroidEdit, dan AWD. Jika digunakan dengan Hacker’s Keyboard, aplikasi semacam ini akan memudahkan kita mengerjakan pemrograman meskipun jauh dari laptop atau PC.

    Untuk penyimpanannya, aplikasi ini mendukung segala bentuk penyimpanan baik melalui online atau offline. Karena begitu registrasi, kita dapat menghubungkan aplikasi ke beberapa akun cloud dan drive yang dimiliki. Setiap aplikasi editor kode juga memiliki kekurangan masing-masing.

    Jadi sebelum meng-install, jangan ragu untuk bertanya tentang aplikasi editor kode paling recommended pada kakak tingkat atau mahasiswa lain di forum seperti Student Association of Informatics Engineering atau Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) BINUS UNIVERSITY. 

    5. PowerDesigner

    Tersedia dalam bentuk software untuk laptop ataupun PC, PowerDesigner merupakan aplikasi basis data dan cukup banyak direkomendasikan oleh para dosen kepada mahasiswa mereka. Bagaimana tidak, PowerDesigner memiliki banyak fitur menarik yang akan sangat membantu mahasiswa TI dalam pemrograman. 

    Software keren ini dapat membuat Conceptual Data Modelling (CDM) dan Physical Data Modelling (PDM). CDM sendiri merupakan gambaran dari struktur basis data  sedangkan PDM adalah tampilan fisik dari CDM yang telah di-generate

    6. Notepad

    Meskipun termasuk aplikasi sederhana dan seringkali sudah tersedia di gadget atau bawaan pabrik, notepad termasuk salah satu aplikasi “wajib” untuk mahasiswa TI. Karena biasanya, selain membuat kode menggunakan bahasa pemrograman C++ atau Java, mahasiswa juga menggunakan HTML.

    Nah, kode HTML seperti ini bisa dicatat di Notepad dan disimpan. Ketika disimpan, file Notepad bisa diekstensikan dan menjadi website statis. Jadi kita bisa mendesain sebuah situs sederhana melalui aplikasi ringan ini, menarik bukan?

    Demikian ulasan tentang 6 aplikasi bermanfaat untuk mahasiswa TI. Selamat mencoba!