BINUS UNIVERSITY

    Tren Cybersecurity Masa Depan yang Wajib Kamu Tahu

    Tahukah kamu kalau ancaman siber semakin canggih seiring berkembangnya teknologi? Mengetahui tren cybersecurity penting jika kamu berminat berkarier di bidang IT. Pandemi yang merebak pada tahun 2020 juga membuat ancaman siber berkembang, baik dalam skala maupun teknik, karena semakin banyak orang bergantung pada teknologi untuk beraktivitas.

    Cybersecurity
    Sumber : Ids

     

    Inilah lima tren yang harus menjadi perhatian jika kamu punya minat dalam bidang cybersecurity.

    • Ancaman Terhadap Cloud

    Teknologi cloud semakin banyak diadopsi berbagai perusahaan, institusi, dan pemilik bisnis. Teknologi ini memungkinkan orang mengakses perangkat, melakukan kerja kolaborasi, berkirim pesan, dan menyimpan data tanpa mengandalkan infrastruktur fisik. Cloud juga meningkatkan efisiensi dan membantu perusahaan menghemat biaya.

    Dampaknya? Teknologi cloud bisa menjadi sasaran empuk penjahat siber, terutama yang mampu menemukan celah di dalamnya. Mereka bisa memanfaatkan data pribadi, mencuri dokumen dan data penting, serta menyabotase aktivitas perusahaan atau institusi.

    • Peningkatan Kejahatan Ransomware

    Kejahatan ransomware melibatkan pencurian data pribadi atau dokumen penting untuk dimanfaatkan sebagai bahan pemerasan. Serangan ini biasanya berupa penyusupan lewat tautan atau program dan aplikasi ilegal. Pelakunya kemudian mencuri data pribadi dan memanfaatkannya untuk pemerasan.

    Caranya? Si pelaku bisa meminta uang sebelum mengembalikan data penting milik korban. Mereka juga bisa mengancam akan menyebarkan dokumen pribadi atau bahkan memblokir akses penting milik korban. Kejahatan ini akan semakin memuncak seiring makin banyaknya orang yang bergantung pada teknologi untuk melakukan berbagai hal.

    • Keamanan untuk Sistem Kerja Remote

    Sistem kerja remote semakin menjadi tren selama pandemi dan tidak menunjukkan tanda akan menurun. Hal ini membuat tantangan cybersecurity semakin besar. Kamu harus berhadapan dengan beragam risiko, mulai dari keamanan akses, cloud, data pribadi, dan transfer data. Pekerja remote juga berisiko menjadi sasaran phishing dan ransomware lewat email, pesan teks, hingga aplikasi.

    • Keamanan Aplikasi dan Perangkat Baru

    Tren digital membuat aplikasi dan perangkat baru bermunculan. Pakar keamanan siber pun harus terus putar otak untuk menghadapi tantangan baru yang muncul dari setiap risiko keamanan, terutama jika teknologinya terhitung baru atau eksperimental. Kamu tidak akan kekurangan bidang kerja jika ingin berkarier di bidang keamanan siber.

    • Meningkatnya Kebutuhan Keamanan Data Pribadi

    Keamanan data pribadi kini semakin menjadi perhatian, bahkan di kalangan pengguna teknologi yang masih awam. Konsumen beragam produk dan jasa juga semakin banyak menuntut keamanan data pribadi. Aspek hukum menyangkut perlindungan data pribadi juga semakin bervariasi dan ketat seiring perkembangan zaman. Pakar keamanan siber masa depan harus semakin memperhatikan hal ini dalam karier mereka.

    Jika kamu berminat berkarier di bidang keamanan siber, kamu tidak hanya harus menguasai wawasan dan keahlian teknis, tetapi juga hal terkait regulasi, kebijakan publik, serta soft skill seperti manajemen. Kamu juga harus mengikuti tren teknologi agar tidak tertinggal. Untungnya, kamu bisa memupuk keahlian ini jika menjadi mahasiswa di BINUS UNIVERSITY.

     

    UKM BINUS UNIVERSITY Khusus Cybersecurity

    Cyber Security Community (CSC) adalah UKM yang memberi wadah untuk mahasiswa peminat bidang cybersecurity. Di sini, kamu akan berkumpul dengan mahasiswa dan mentor peminat bidang keamanan siber yang ingin berkontribusi untuk masyarakat. Kamu tidak hanya mendapat materi edukasi, tetapi juga kesempatan untuk berdiskusi, membahas tren, dan mempelajari keahlian baru terkait bidang ini.

    CSC juga mengadakan kegiatan seperti pelatihan kepemimpinan, program pengabdian masyarakat, seminar, hingga kunjungan ke perusahaan. Kamu juga bisa mengikuti acara menyenangkan seperti diskusi santai dan acara penyambutan anggota baru. UKM ini adalah cara mengakrabkan diri dengan dunia cybersecurity di luar bangku kuliah sehingga kamu akan lebih siap menghadapi tantangan setelah lulus.

    Dunia cybersecurity menghasilkan banyak tantangan serta menuntutmu untuk memahami tren. Bergabunglah dengan UKM Cyber Security Community jika kamu kuliah di BINUS UNIVERSITY, dan dapatkan wawasan serta pengalaman tambahan sebelum terjun ke dunia profesional dalam bidang terkait.