BINUS UNIVERSITY

    Tren Bisnis untuk Entrepreneur Muda di Era Digital

    Mau menjajal bisnis di era digital? Saatnya kamu memahami tren sebelum terjun ke salah satu bidang. Situasi luar biasa seperti pandemi membuat berbagai tren bisnis menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat, misalnya tren work from home, waktu kerja fleksibel, kebutuhan akan hiburan, serta ketergantungan pada layanan online. 

    Entrepreneur
    Sumber : Berita Lima

     

    Teknologi digital membuat siapa saja bisa terjun ke dunia bisnis tanpa harus lulus kuliah dulu. Akan tetapi, persaingan juga semakin tinggi sehingga kamu harus pandai membaca tren dan kebutuhan masyarakat sebelum menawarkan produk atau jasamu. Berikut beberapa tren bisnis yang cukup potensial untuk kamu pertimbangkan di era ini.

    • Aplikasi Medis dan Kesehatan

    Aplikasi medis dan kesehatan semakin banyak dibutuhkan, terutama bagi masyarakat yang semakin sadar kesehatan sekaligus menginginkan kemudahan. Kamu memiliki banyak pilihan dalam mengembangkan aplikasi di bidang ini. Contohnya adalah aplikasi pencatat menstruasi, aplikasi panduan kebugaran, aplikasi panduan makan sehat, bahkan aplikasi pencatat kondisi spesifik seperti serangan migren.

    • Produk Desain Grafis

    Jika kamu punya keahlian desain, kamu bisa memulai bisnis mandiri dengan menawarkan produk jadi. Misalnya, kamu bisa membuat templat desain situs, font, paket ilustrasi vektor, header media sosial, hingga templat presentasi. Kamu bisa menciptakan desain bertema khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas, misalnya desain bertema kesehatan, makanan, hewan peliharaan, alam, dan sebagainya.

    • Paket Kursus Daring

    Online course alias kursus daring semakin banyak mengundang peminat. Banyak orang menginginkan keahlian baru untuk mencari penghasilan atau mengisi waktu. Kamu bisa memasarkan keahlian khususmu dengan sistem harga khusus sesuai tingkatan kursusnya. Akan tetapi, pastikan kamu memiliki keahlian yang sudah cukup mendalam agar bisa menawarkan jasa dengan tarif pantas.

    Apa saja tema kursus yang bisa kamu tawarkan? Banyak sekali. Tema yang cukup laris misalnya kursus memasak makanan sehat, bermain alat musik, desain grafis atau situs, hingga kursus kepakaran seperti pembuatan perabot kayu dan pembuatan game. 

    • Distributor Produk Lokal

    Apresiasi terhadap produk lokal seperti makanan tradisional, kopi, teh, jajanan khas, hingga produk kecantikan tradisional semakin meningkat. Kamu bisa menjadi distributor produk-produk tersebut dengan memanfaatkan teknologi digital dan media sosial agar menjangkau lebih banyak pelanggan. Kamu bahkan bisa mengembangkan wilayah pemasarannya hingga ke luar daerah atau luar negeri.

    Berbisnis di bidang ini membutuhkan kontak dan komunikasi dengan produsen lokal. Kamu juga harus bisa membuat penawaran bagus serta berkampanye secara aktif agar produk mereka makin dikenal. Akan tetapi, jika sukses, kamu bisa memulai bisnis yang cukup bagus sekaligus mendongkrak potensi lokal.

    • Layanan Konsultasi Bisnis

    Konsultasi bisnis bisa mencakup berbagai bidang. Kamu bisa memberi layanan konsultasi SEO, finansial, legal, hingga keamanan siber tergantung keahlianmu. Pekerjaan ini bahkan bisa kamu lakukan secara daring menggunakan teknologi seperti Zoom dan aplikasi kolaborasi. Akan tetapi, kamu harus konsisten dalam pelayanan dan mampu memegang kepercayaan klien.

    Siapa saja bisa memulai bisnis dari nol, tetapi jika kamu mahasiswa BINUS UNIVERSITY, kamu punya kesempatan untuk sukses sejak dini lewat UKM seperti B-Preneur.

     

    B-Preneur Dorong Mahasiswa untuk Memulai Bisnis

    B-Preneur adalah Unit Kegiatan Mahasiswa yang mendorong minat dan inovasi mahasiswa BINUS UNIVERSITY agar semakin termotivasi untuk berwirausaha. Tujuannya bukan hanya mendorong mahasiswa untuk memulai bisnis, tetapi juga mengembangkannya hingga mencapai skala nasional bahkan global.

    Di B-Preneur, kamu bisa belajar cara-cara menjadi pebisnis lewat berbagai kegiatan menyenangkan. Ikuti aktivitas seperti diskusi, pengabdian masyarakat, study tour, hingga ajang kompetisi. Kamu juga bisa mendapat kemudahan seperti perluasan jaringan koneksi dan akses ke rekan-rekan BINUS UNIVERSITY. Hal ini penting jika kamu ingin mencari investor atau mempromosikan usahamu.

    Memahami tren serta perkembangan teknologi digital menjadi modal calon pebisnis masa depan. Jika kamu mahasiswa BINUS UNIVERSITY, pastikan mengikuti kegiatan yang tepat agar jalan menjadi pebisnis semakin terbuka. Bergabunglah dengan B-Preneur dan dapatkan modal untuk menjadi entrepreneur sukses di era digital.