BINUS UNIVERSITY

    Strategi Belajar Kelompok yang Bikin Prestasimu Menanjak

    Belajar kelompok bisa memberimu keuntungan jika dilakukan dengan benar. Kampus unggulan seperti BINUS UNIVERSITY bahkan punya program kelompok belajar agar mahasiswa bisa menyerap pelajaran dengan lebih efektif. Jika tahu strateginya, kamu bisa belajar dengan lebih baik tanpa harus ikut bimbingan belajar atau kursus tambahan mahal.

    Belajar Kelompok
    Sumber : Aksi Amal

     

    6 Cara Belajar Kelompok yang Efektif

    Belajar kelompok memberimu metode interaktif yang membuat aktivitas belajar semakin dinamis. Kamu bisa melatih otak secara lebih aktif sekaligus mendapat sudut pandang baru serta teman diskusi. Jangan lupa ikuti enam strategi ini agar belajar kelompok lebih efektif.

    • Siapkan Materi dan Fokus Pelajaran

    Belajar ternyata butuh persiapan juga, lho! Pastikan kamu dan teman kelompok tahu bagian materi yang akan dipelajari. Hal ini menjaga diskusimu dan teman kelompokmu tetap terarah serta memudahkan dalam menyerap pelajaran. Persiapan materi belajar juga memudahkan jika kamu dan teman kelompok akan menghadapi sesuatu yang spesifik seperti ujian.

    • Catat Bagian Materi yang Membuatmu Kesulitan

    Salah satu tujuan belajar adalah membantumu ketika kesulitan memahami materi. Pastikan kamu mencatat bagian yang membuatmu kesulitan atau susah kamu pahami. Setiap orang dalam kelompok belajar pasti punya kelebihan dan kelemahan di area yang bervariasi. Dengan mencatat kesulitanmu, kamu bisa bertukar pikiran dan mendapat kemudahan selama proses belajar.

    • Jangan Ragu “Mengajari” Teman Kelompok

    Apakah ada area yang menjadi kelebihanmu dalam materi belajar kelompok? Kamu bisa membantu temanmu yang kesulitan dengan menjelaskannya pada mereka. Selain membantu teman, menjelaskan materi juga mengasah ingatan serta membuat pelajaran tersebut meresap lebih dalam ke memori kamu.

    • Tentukan Durasi Belajar

    Menentukan durasi belajar membantumu dan teman kelompok untuk fokus. Kamu juga bisa mencegah diskusi melebar ke hal-hal yang tidak penting. Mengatur durasi belajar juga membantumu dan teman kelompok dalam mengatur waktu, terutama jika kalian memiliki kegiatan lain.

    • Pilih Moderator atau Pemimpin Kelompok

    Kegiatan kelompok akan lebih terarah jika ada pemimpin atau moderator, termasuk belajar kelompok. Tugasnya adalah mengatur jalannya diskusi dan pembahasan agar fokus dan tetap mengikuti alur yang sudah ditentukan. Moderator juga memastikan semua aspek pelajaran dibahas secara mendalam dalam durasi yang telah ditentukan.

    • Buat Kegiatan Belajar Lebih Santai dan Menyenangkan

    Tidak perlu terlalu kaku ketika belajar kelompok. Kamu mungkin harus fokus pada materi, tetapi prosesnya bisa dibuat lebih santai dan menyenangkan. Misalnya, kamu bisa mengadakan acara seperti merayakan ulang tahun secara kecil-kecilan, berbagi makanan, atau memilih materi belajar yang berhubungan dengan hobi dan kegemaran masing-masing.

     

    Solusi Belajar Kelompok Efektif dan Menyenangkan

    Jika kamu mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang ingin mengikuti pelajaran dengan mudah dan cepat lulus, kamu bisa mengikuti program belajar kelompok terarah khusus mahasiswa. BINUS Student Learning Community adalah program belajar kelompok dengan mentor untuk berbagai mata pelajaran.

    BINUS Student Learning Community berpegang pada prinsip belajar kelompok efektif. Setiap sesi akan dipimpin mentor dari kalangan mahasiswa yang dilatih khusus agar bisa membimbing anggota kelompok. Setiap mentor menangani minimal tiga dan maksimal 10 mahasiswa agar mudah mengikuti pelajaran sesuai semester dan kurikulum.

    Dengan mengikuti BSLC, kamu akan mendapatkan semua keuntungan belajar kelompok yang telah disebutkan. Selain mengikuti diskusi dan sesi belajar sesuai mata kuliah, kamu juga akan mendapatkan materi tambahan seperti soal latihan paling mutakhir, seminar, kegiatan belajar khusus sebelum ujian, hingga pelatihan keahlian tambahan seperti public speaking dan video editing. Kamu juga bisa mengikuti acara menyenangkan seperti upacara penyambutan, perayaan ulang tahun, dan kompetisi.

    Siapa bilang belajar kelompok tidak bermanfaat? Gunakan strategi belajar yang tepat agar kamu bisa menyerap pelajaran dengan baik. Jika kamu mahasiswa BINUS UNIVERSITY, ikuti program khusus seperti BINUS Student Learning Community dan dapatkan semua manfaat belajar kelompok tanpa harus ikut kursus mahal.