BINUS UNIVERSITY

    Manfaat Seni Teater yang Harus Kamu Tahu

    Bagi para penikmat seni pertunjukan panggung, istilah teater mungkin sudah tidak asing lagi. Theatre atau seni teater adalah bentuk seni pertunjukan kolaboratif yang menggunakan pemain langsung; biasanya mereka adalah aktris atau aktor. Tujuannya adalah untuk menyajikan pengalaman nyata maupun fiksi di tempat tertentu umumnya di atas panggung.

    Dalam pertunjukan teater, pemain bisa mengomunikasikan isi cerita atau pengalaman tersebut di depan penonton dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan ucapan, lagu, gerakan, musik, tarian, atau perpaduan semua komponen itu. 

    Seni Teater
    Sumber : Cerdika

     

    Meski dahulu lebih banyak diminati oleh kalangan dewasa, saat ini seni teater juga merambah kelompok usia muda baik remaja, dewasa muda, bahkan anak-anak. Apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari seni teater?

    • Meningkatkan Kepercayaan Baik Kepada Diri Sendiri Maupun Orang Lain

    Mengambil bagian dalam kegiatan kelas yang melibatkan interaksi sosial bisa membantu kamu yang pemalu sekalipun untuk mengambil risiko dengan melakukan sesuatu di luar zona nyaman. Pertunjukan yang dilakukan di depan banyak orang mengajarkan kamu untuk percaya pada ide dan kemampuan dirimu. Kepercayaan diri ini sangat penting tidak hanya dalam kegiatan perkuliahan, tetapi juga dalam dunia kerja dan kehidupan sosialmu.

    • Meningkatkan Imajinasi

    Saat bermain dalam teater, kamu akan dituntut untuk membuat pilihan yang kreatif, memikirkan ide-ide baru, serta menafsirkan materi yang ada dengan cara baru. Ini merupakan kemampuan yang sangat penting. Seperti kata Einstein, “Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan.”

    • Baik untuk Kesehatan Fisik

    Gerakan dalam permainan darama khususnya dengan menari bisa meningkatkan fleksibilitas, koordinasi, keseimbangan, kontrol, serta kebugaran tubuh secara menyeluruh. Ini akan memberikanmu fisik yang lebih sehat.

    • Belajar Lebih Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

    Ketika bermain dalam teater, kamu akan memerankan sosok yang sama sekali berbeda dari dirimu. Untuk bisa memainkan karakter dengan baik, kamu harus berusaha memahaminya. Tidak hanya cara bicara, tetapi juga cara karakter tersebut dalam merespons. Ini akan membantumu belajar memposisikan diri sebagai orang lain dan melatih kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

    • Melatih Daya Ingat dan Mengekspresikan Emosi

    Berlatih untuk sebuah pementasan mengharuskan kamu menghafal sejumlah dialog, lirik lagu, hingga gerakan koregrafi. Semua ini memerlukan ingatan yang baik. Selain itu, ketika kamu menyanyi atau berakting menjadi orang lain, kamu bisa mengekspresikan berbagai emosi. Hal ini dapat membantu mengurangi kebiasaan yang condong kepada antisosial.

    • Belajar Memecahkan Masalah

    Dalam kegiatan teater, semua anggota dituntut memiliki kemampuan komunikasi terkait isi drama yang akan ditampilkan. Selama proses latihan, komunikasi antaraanggota ini bisa menjadi sarana untuk berlatih memecahkan masalah.

    • Meningkatkan Kemampuan Sosial

    Dibanding mereka yang tidak mengikuti kegiatan teater, anggota drama umumnya punya waktu lebih banyak untuk berinteraksi antara sesama anggota. Kebiasaan ini bisa memberikan dampak positif bagi kamu. Tidak hanya menambah kenalan dan memperluas pergaulan, interaksi ini akan membuat diri dan pemikiran kamu makin kaya.

    • Mendapatkan Informasi Baru

    Selain dengan menjadi anggota teater, manfaat dari seni ini juga bisa kamu rasakan sebagai penonton. Di Indonesia sendiri misalnya, teater kerap ditampilkan dalam berbagai perayaan penting seperti peringatan kemerdekaan. Dalam acara-acara ini, cerita yang ditampilkan dalam teater umumnya berasal dari kisah nyata. Ini tentu akan menjadi sumber pengetahuan yang berharga untukmu.

    Bagi BINUSIAN yang menggemari teater dan ingin terjun langsung dalam seni ini, kamu bisa bergabung dengan STMANIS atau Seni Teater Mahasiswa BINA NUSANTARA. Didirikan pertama kali pada tahun 1999, kamu bisa mempelajari beragam hal terkait seni teater di sini—mulai dari belajar akting hingga komponen artistik dalam pertunjukan teater. Dapatkan semua manfaat di atas dengan bergabung bersama STMANIS.