Tidak bisa dimungkiri bahwa keberadaan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi lintas negara makin terasa manfaatnya di tengah arus globalisasi saat ini. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika pembelajaran Bahasa Inggris mulai ditanamkan sejak dini oleh sebagian sekolah dan orang tua. Imbasnya, suatu hal lumrah jika kita sering mendapati anak-anak usia sekolah dasar mahir berkomunikasi dalam bahasa internasional ini.

Nah, bagaimana denganmu? Jangan mau kalah dengan anak sekolah dasar! Sudah seberapa mahir kemampuan berbahasa Inggrismu? Agar belajarmu membuahkan hasil maksimal, berikut ini beberapa cara efektif untuk dicoba. 

Belajar Bahasa Inggris
Sumber : Kompasiana

 

Perbanyak Kosakata 

Perbendaharaan kata adalah kunci utama penguasaan sebuah bahasa. Untuk itu, kamu bisa mulai mendengarkan, mengartikan, dan menghafalkan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Bila perlu, pasang target kosakata per hari yang wajib kamu tahu. Dengan begitu, kamu pasti bisa menguasai setidaknya dua ribu hingga tiga ribu kata dalam setahun.

 

Agar proses menghafal kosakata tidak terasa membosankan, gunakanlah berbagai pendekatan kreatif dan inovatif. Berikut beberapa ide yang dapat kamu tiru.

  1. Belajar kosakata dengan Scrabble;
  2. Belajar kosakata melalui lagu Bahasa Inggris (sebisa mungkin dengarkan dan catat lirik sendiri);
  3. Belajar kosakata dengan bantuan flashcard;
  4. Belajar kosakata dari kamus Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia; dan
  5. Belajar kosakata dari video dan film Bahasa Inggris (tonton tanpa menggunakan subtitle).

Jika punya ide lain, jangan ragu buat mencobanya. Pada intinya, makin menyenangkan dan menarik cara kamu belajar, makin cepat kamu menambah jumlah hafalan kosakatamu.

 

Sikat Habis Buku, Berita Harian, dan Komik Bahasa Inggris

Apabila perbendaharaan katamu sudah cukup banyak, kamu bisa menerapkan hal baru agar kemampuan reseptif bahasamu makin mahir, yaitu membaca. 

 

Untuk diketahui, kegiatan membaca sangat sulit dilakukan karena kamu harus bisa menangkap pesan dari sebuah tulisan. Saking susahnya, meski bacaan tersebut ditulis dalam Bahasa Indonesia, kamu mungkin masih harus mengulang-ulang proses membaca sampai menemukan pesan tersirat yang diinginkan. Lantas, bisa bayangkan seberapa rumitnya memahami tulisan Bahasa Inggris?

 

Sebab itulah, kamu harus mencobanya dari bacaan paling dasar terlebih dahulu, seperti buku dongeng, komik, atau lainnya. Jika dirasa cukup mahir, tingkatkan bahan bacaanmu ke materi yang lebih berat, misalnya novel, artikel lifestyle, kolom berita, hingga tulisan ilmiah. 

 

Dengan kemampuan membaca yang diasah secara kontinu, kamu bisa merasakan manfaatnya, baik dalam dunia kerja maupun kehidupan sosial. Perusahaan tempat kamu bekerja pasti sangat terbantu ketika karyawannya mahir membaca email atau surat cetak dalam Bahasa Inggris. Lalu, kamu juga bisa mendapatkan banyak sahabat pena dari berbagai negara.

 

Tulis Diari Keren

Salah satu skill dalam berbahasa adalah menulis. Sebab itu, kamu juga harus melatih kemampuan menulismu agar sama mahirnya dengan skill lain. Caranya?

 

Mulailah dengan mengubah kebiasaanmu menulis buku harian dalam Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Sampaikan semua kebahagiaan dan keluh kesahmu melalui rangkaian kata Bahasa Inggris. Hal ini mungkin akan terasa berat dan sulit saat pertama kali memulai. Namun, kegiatan menulis diari ini pasti akan meningkatkan kemampuan menulismu dari hari ke hari.

 

Buat yang kurang menyukai diari, kamu bisa menulis artikel mengenai berbagai topik ringan sebagai alternatifnya. Sesuaikan saja tulisan dengan minat masing-masing! Jadi, buat kamu penggemar sepak bola, tulislah sebuah ulasan mengenai pemain bola populer, pelatih bola andal, dan sebagainya. 

 

Akhirnya, apabila kamu sudah cukup yakin dengan hasil tulisanmu, tidak ada salahnya untuk mengunggahnya ke media sosial atau blog. Kemudian, mintalah orang-orang membaca dan mengecek kesalahannya. Selain belajar, kamu bisa menambah jejaring pertemanan secara tidak langsung.

 

Gabung dengan Klub Bahasa Inggris

Klub atau komunitas adalah tempat di mana orang-orang dengan minat dan tujuan yang sama berkumpul. Sama halnya dengan BINA NUSANTARA English Club (BNEC), tiap anggota bergabung untuk saling berbagi pengetahuan seputar Bahasa Inggris. Sebab itu, tiap individu di dalamnya mampu meningkatkan keahlian bahasa masing-masing, mulai dari mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, secara pesat. 

 

BNEC rutin menggelar berbagai kegiatan demi peningkatan kemampuan anggotanya. Mengecek laman resmi BNEC, kamu akan menemukan aktivitas, seperti online class, workshop, debate, pelatihan TOEFL, dan lain-lain. Terlebih lagi, BNEC mempunyai acara tahunan level internasional yang sangat berkualitas, dikenal dengan event Asian English Olympics (AEO). Pembelajar Bahasa Inggris pasti tahu ajang ini. 

 

Itu tadi kumpulan cara efektif belajar Bahasa Inggris. Ayo segera praktik!