BINUS UNIVERSITY

    Apa Saja Aturan Table Manner yang Perlu Kamu Tahu?

    Tak dapat dimungkiri bahwa di dunia bisnis, memahami table manner merupakan hal penting. Utamanya bagi kamu yang bekerja dengan banyak orang dan kerap menghadiri acara jamuan formal. Impresi melalui kemampuan table manner akan menjadi nilai lebih tersendiri bagi klien sehingga peluang untuk bekerja sama atau memenangkan tender makin terbuka lebar. Tentunya, hal ini harus didukung dengan wawasan luas dan keterampilan komunikasi yang baik agar hubungan bisnis dapat berjalan mulus. 

    Apa Itu Table Manner?

    Table Manner
    Sumber : Idn Times

     

    Table manner adalah tata cara makan yang mengatur cara duduk, cara penggunaan peralatan makan, dan etika saat makan. Penerapan table manner diharapkan bisa menunjukkan sikap yang elok selama perjamuan makan berlangsung. Kendati mempelajari table manner bukanlah sesuatu yang mudah, menguasai keterampilan ini dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi, memperluas jaringan dan koneksi, dan menambah nilai kelas sosial. 

    Etika dan Aturan Table Manner

    Table Manner
    Sumber : Idn Times

     

    Mengingat pentingnya table manner, banyak orang mulai mempelajari keterampilan ini. Jika kamu juga tertarik, maka ingatlah bahwa kesopanan merupakan hal terpenting dari table manner. Agar kamu lebih mudah memahaminya, simak aturan sebelum menghadiri acara jamuan makan berikut ini. 

    • Datanglah ke acara jamuan makan menggunakan dress code yang telah ditentukan. Pastikan penampilan kamu bersih dan rapi. 
    • Lakukan reservasi sebagai tanda konfirmasi bahwa kamu menerima undangan dan akan datang ke acara jamuan makan tersebut. 
    • Hindari menggunakan ponsel ketika kamu sudah berada di meja makan. Sangat disarankan untuk mematikan ponsel atau menyalakannya dengan mode getar supaya tidak menganggu acara jamuan makan. 

    Tata cara makan berkaitan erat dengan budaya yang dimiliki setiap negara. Inilah mengapa cara makan orang berbeda-beda. Namun, table manner mempunyai standar makan universal yang dapat kamu terapkan pada kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa aturan di meja makan yang harus kamu pahami, antara lain:

    • Ketika duduk, tubuh harus dalam posisi tegak, tidak boleh membungkuk ataupun bersandar di kursi.  
    • Bentangkan serbet dan taruh di atas lutut sebelum acara makan dimulai. Serbet dapat digunakan untuk menyeka mulut agar tetap bersih setelah makan. 
    • Ketika menyantap makanan, siku kedua tangan yang memegang peralatan makan tidak boleh menyentuh atau menempel ke atas meja. Posisi siku harus sedikit terangkat di udara.
    • Ketika hendak mencicipi makanan, gunakan sendok untuk mengambil porsi kecil lebih dahulu. Dilarang menambahkan bumbu sebelum kamu mencicipi makanan karena dianggap kasar serta menghina koki.  
    • Nikmati hidangan dalam hening tanpa mengeluarkan suara. Mulut harus tertutup rapat saat kamu mengunyah makanan. 
    • Ketika menggunakan garpu dan pisau, posisi pisau harus berada di genggaman tangan kanan dan garpu di tangan kiri. 
    • Setelah selesai menikmati hidangan, letakkan peralatan makan dalam posisi terbalik membentuk huruf X dan taruh tangan ke bawah meja. 
    • Pastikan mulut dalam keadaan terkatup rapat ketika kamu ingin membersihkan sisa makanan di dalam mulut.
    • Berbicaralah dengan suara pelan dengan intonasi dan pengucapan yang jelas. 
    • Ketika merasa hendak bersin atau batuk, gunakan serbet untuk menutupi mulut. Selain menghindari penyebaran kuman penyakit, cara ini merupakan bentuk kesopanan agar tak menganggu atau membuat orang lain tak nyaman.

    Kendati rumit, table manner dapat membantu kamu memperkaya kehidupan profesional dan personal. Berbekal keterampilan table manner, kamu bisa bersikap lebih profesional di berbagai situasi. Selain mengajarkan tentang sopan santun di meja makan, secara tidak langsung table manner dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Menariknya, kamu bisa mempelajari table manner secara otodidak. Berbekal tekad kuat, kamu akan mampu menguasai table manner dalam waktu singkat. 

    Jika kamu seorang BINUSIAN, maka kamu bisa mengembangkan diri dan kemampuan table manner dengan cara bergabung Himpunan Mahasiswa Hotel Management (HOME) BINUS UNIVERSITY. Disahkan pada 8 Januari 2010, HOME berfungsi sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan membantu kamu menyelesaikan permasalahan akademik. HOME juga menjadi tempat terbaik untuk menggali potensi dan mengembangkan keterampilan yang akan berguna ketika bersaing di dunia kerja setelah kamu menyelesaikan kuliah di BINUS UNIVERSITY.