BINUS UNIVERSITY

    Enrichment Program: Further Studies Track—Amunisi Terbaik buat Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja dan Bisnis

    Agar tidak terpuruk selepas kuliah, mahasiswa hendaknya membekali diri dengan berbagai kompetensi penting yang dibutuhkan dalam dunia kerja dan usaha. Itulah mengapa perguruan tinggi biasanya menyediakan program-program khusus, seperti magang, penelitian, dan pengabdian. Rangkaian program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian lulusan dalam bekerja sekaligus berbisnis.

    Sehubungan dengan itu, Universitas Binus tampaknya selangkah lebih maju dibandingkan perguruan tinggi lain karena BINUSIAN mendapatkan program penting lain selain tiga contoh yang disebutkan di atas, yaitu Enrichment Program: Further Studies Track. Mau tahu lebih lanjut? Simak info selengkapnya!

     

    Mengenal Further Studies Track!

    Universitas Binus
    Sumber : Binus University

    BINUS UNIVERSITY mengedepankan keterampilan, keahlian, dan nilai khusus bagi lulusannya, seperti mahir dalam teknologi digital, terampil ilmu manajemen, berpikir kritis dan kreatif, pintar beradaptasi, berpikiran terbuka, memiliki kesadaran sosial, dan lainnya. 

    Agar mahasiswa memperoleh atribut-atribut khusus di atas, BINUS UNIVERSITY merancang sebuah program yang bertajuk (2+1)+1, bermakna BINUSIAN akan menjalani perkuliahan selama  2 tahun di kampus asal, 1 tahun di kampus Binus kota lain, dan 1 tahun pelaksanaan program enrichment. 

    Untuk Enrichment Program, mahasiswa diminta untuk memilih satu dari enam penawaran yang ada, antara lain Research, Community Development, Study Abroad, Internship, Start-up Business, dan Further Studies. 

    Sebagai kesimpulan, Further Studies Track adalah rancangan kegiatan yang dikhususkan untuk menumbuh kembangkan keterampilan, keahlian, dan nilai khusus alumni Universitas Binus. Track ini sendiri terdiri dari rangkaian mata kuliah yang sudah diatur di dalam dokumen kurikulum. 

     

    Pilihan Mata Kuliah dalam Program

    Universitas Binus
    Sumber : Aacsb Edu

    Terdapat lima pilihan mata kuliah dengan total kredit sebanyak 16 SKS. Tiap mata kuliah menawarkan skill yang berbeda-beda. Namun, semua keahlian tersebut sangat diperlukan alumni saat terjun dalam dunia kerja ataupun usaha. 

    Design Thinking for Innovation

    Mata kuliah ini mengajarkan pentingnya buat menerapkan pola pemikiran secara bertahap, dikenal dengan design thinking. Ada lima tahapan dalam pelaksanaan prosesnya, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Kelimanya tidak harus dilakukan secara berurutan, tetapi kamu bisa melakukannya secara berulang-ulang. 

    Singkatnya, design thinking adalah sebuah proses pemikiran berulang (sesuai lima tahapan berpikir di atas) yang berpusat pada manusia, berdasarkan hasil eksperimen, bersifat kolaboratif, dan berakhir pada pemikiran optimis. 

    Penerapan pola berpikir tersebut sangat bermanfaat untuk menciptakan sebuah inovasi dalam bisnis, dunia kerja, maupun kehidupan sehari-hari. Itulah mengapa BINUS UNIVERSITY menawarkan mata kuliah Design Thinking for Innovation (4 SKS, kode: ENTR6561) dalam program pengayaan mahasiswanya. 

    Business Negotiation

    Business Negotiation ditawarkan oleh BINUS UNIVERSITY kepada mahasiswanya sebanyak 3 SKS dengan kode MKTG6285.

    Mata kuliah ini berbicara mengenai keahlian negosiasi dalam dunia bisnis. Dengan kemampuan bernegosiasi dan melobi, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan karier di perusahaan dengan cepat. 

    Selain itu, keahlian dalam merancang strategi bisnis diharapkan juga dapat membantu alumni untuk mengembangkan bisnisnya sendiri sehingga mampu muncul sebagai pebisnis mancanegara.

    Marketing Strategy

    Nilai lebih dari BINUS UNIVERSITY adalah seluruh alumninya—bukan hanya lulusan Program Akuntansi dan Keuangan saja, tetapi juga dari jurusan lain—dijamin memiliki kemampuan untuk menyusun strategi pemasaran produk/jasa beserta programnya. 

    Hal ini dikarenakan Universitas Binus membekali mahasiswa semua jurusan dengan mata kuliah Marketing Strategy sebanyak 3 SKS. Mata kuliah ini akan diikuti mahasiswa pada semester tertentu dalam skema Enrichment Program: Further Studies Track.

    Dari pemahaman ilmu Marketing Strategy, seluruh BINUSIAN diharapkan mampu merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi pemasaran produk/jasa perusahaan.

    Applied Statistics

    Dalam dunia kerja maupun bisnis, kemampuan seseorang untuk menarik kesimpulan berdasarkan data merupakan satu hal wajib. Agar peserta didiknya memperoleh kemampuan tersebut, BINUS UNIVERSITY memberikan pembekalan melalui mata kuliah Applied Statistics.  

    Mata kuliah Applied Statistics (Kode: STAT6153) diajarkan selama satu semester dengan bobot 3 SKS. Selama pelajaran, mahasiswa akan dibekali dengan ilmu-ilmu seputar uji prediksi, populasi, estimasi, uji validitas, uji reliabilitas, dan lain-lain.

    Human Resources Management Strategy

    Mata kuliah terakhir adalah Human Resources Management Strategy. Setelah mengikuti kelas ini, mahasiswa diharapkan memiliki ragam kemampuan, antara lain:

    1. memahami tentang keterkaitan antara konsep/praktik Manajemen Sumber Daya Manusia dengan kinerja bisnis. 
    2. Mengembangkan strategi bisnis dalam kaitannya dengan aktivitas sumber daya manusia secara sistematik.
    3. Meningkatkan kemampuan kepemimpinan untuk keberhasilan bisnis.

    Jadi, sudah paham mengenai rancangan Further Studies Track dari Universitas Binus ini?