BINUS UNIVERSITY

    5 Prospek Magang di Bandung untuk Jurusan Marketing Communication BINUS UNIVERSITY

    Mengikuti magang merupakan salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Pasalnya, ketika magang, kamu akan mengerjakan tugas selayaknya karyawan di tempat tersebut. Selain itu, peserta magang dilibatkan dalam proyek perusahaan sesuai kompetensi masing-masing. 

    Marketing Communication BINUS
    Sumber : Konsultan Pelatihan

     

    Nah, untuk kamu yang kuliah di jurusan Marketing Communication BINUS UNIVERSITY, kegiatan magang bisa dilakukan di Kota Bandung. Berikut ini prospek magang yang direferensikan.

    Brand Planner

    Dalam dunia kerja, brand planner bertugas melakukan riset dan analisis pasar agar bisa menciptakan ide baru. Brand planner juga memiliki kewajiban untuk memberikan wawasan baru seputar target demografi klien. Dengan demikian, tim pemasar bisa menggunakan media secara tepat sesuai wawasan yang didapatkan.

    Ketika magang, kamu bisa jadi dilibatkan dalam kegiatan nyata brand planner. Sebagai contoh, tempat magang ingin membuat iklan produk untuk disiarkan di televisi. Tugas kamu adalah menyediakan spesifikasi yang dibutuhkan dari materi iklan dan promosi. Semua itu harus dipaparkan secara tertulis supaya tim memahaminya.

    Event Organizer

    Apakah kamu suka mengeksplorasi ide kegiatan dan membuat perencanaan? Kedua hal itu dibutuhkan saat magang sebagai event organizer. Pasalnya, seorang event organizer dituntut mampu melahirkan konsep baru yang cemerlang sesuai keinginan klien.

    Event organizer juga harus bisa membuat konsep rangkaian acara, menyusun anggaran kegiatan, serta merumuskan teknik pelaksanaan. Selain itu, event organizer mesti membagi tugas, memastikan kelancaran acara, dan bekerja sama dengan event planner.

    Bersama event planner, event organizer harus memastikan semua pengisi acara hadir tepat waktu. Pekerjaan ini juga mewajibkan seseorang mampu memberikan pemahaman konsep acara kepada para pengisi. Dengan demikian, acara bisa berjalan sesuai ekspektasi klien.

    Marketing Researcher

    Mahasiswa jurusan Marketing Communication BINUS UNIVERSITY bisa magang sebagai marketing researcher jika ingin mengetahui cara perusahaan mendapatkan konsumen. Pasalnya, marketing researcher bertugas meneliti pasar untuk klien yang akan menghasilkan produk.

    Market researcher juga memberikan masukan kepada klien tentang kriteria produk yang diterima pasar. Karena itu, dalam bertugas, marketing researcher sering melakukan sensus, mengobrol dengan konsumen, dan tes produk. Bahkan, marketing researcher kerap mengamati tingkah laku konsumen demi memperoleh informasi.

    Tidak hanya itu, marketing researcher pun bertugas mengumpulkan, mencatat, dan menganalisis data kualitatif dan kuantitatif seputar isu produk dan jasa pemasaran. Isu tersebut menjadi acuan perusahaan dalam mengambil keputusan strategi pemasaran.

    Public Relation

    Public relation merupakan posisi yang dibutuhkan hampir semua instansi pemerintah maupun swasta. Hal itu karena public relation bertugas merencanakan, mengarahkan, dan memimpin kegiatan untuk menjaga citra instansi atau perusahaan.

    Public relation juga berperan sebagai penasihat atau konsultan pimpinan perusahaan dalam mengambil keputusan. Bahkan, ketika kondisi perusahaan sedang kritis, seorang public relation harus mampu mencarikan solusi atas masalah yang terjadi.

    Karena tugas public relation tergolong penting, kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik saat magang. Pasalnya, cara public relation berkomunikasi dengan masyarakat dapat memberikan dampak signifikan terhadap reputasi perusahaan.

    Media Planner

    Jika kamu memiliki kemampuan analisis tinggi, magang sebagai media planner adalah pilihan terbaik. Pasalnya, tugas utama seorang media planner, yakni membuat desain strategi penempatan iklan sesuai target audiens.

    Sebagai contoh, sebuah perusahaan ingin mengadakan acara seminar tentang strategi bisnis milenial. Dalam hal ini, media planner harus mampu menganalisis tempat-tempat strategis untuk memasang iklan. Media planner juga harus memastikan iklan tersebut bisa dilihat oleh target peserta seminar.

    Agar bisa melakukan tugas tersebut dengan baik, media planner harus mampu mengumpulkan data dan menganalisis dari berbagai sumber. Selain itu, media planner wajib memiliki wawasan luas seputar media iklan, seperti brosur, koran, poster, dan iklan digital.

    Itulah lima prospek magang untuk mahasiswa jurusan Marketing Communication BINUS UNIVERSITY yang ingin mengetahui situasi dunia kerja. Dengan magang, mahasiswa diharapkan lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau memulai bisnis. Pasalnya, ketika magang, mahasiswa bisa memperoleh relasi baru.