Web Developer adalah perancang sebuah website / www. Web Developer merancang sebuah website dari awal sekali, menciptakan coding dsb, atau bisa juga seorang Web Developer mengembangkan sebuah website yang sudha ada. Web Developer bisa bekerja secara terikat dengan perusahaan, atau menjadi pekerja lepas (freelancer). Tugas Web Developer juga tidak terbatas di website, bisa juga mengembangkan software, aplikasi, dll.

Jika ingin menjadi seorang Web Developer yang ahli, kita harus memiliki pengetahuan dasar seputar coding, kemampuan desain multimedia, dan manajemen. Lalu untuk pekerjaannya, ada 3 tugas utama nih. Apa aja ya? Yuk kita bahas bersama :

  • Front End Developer

Front End Developer adalah tampilan utama sebuah website. Mulai dari desainnya, tulisannya, warna, dsb. Jadi, Front End Developer membuat tampilan website yang enak dipandang oleh user, seperti bagian user interface dan user experiencenya.

Seorang Front End Developer harus menguasai beberapa bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, dan Javascript. HTML berguna untuk merangkai struktur website, CSS berguna untuk membuat tampilan dari website, sedangkan Javascript berguna untuk menjalankan website. Bisa dibilang, javascript adalah roda yang menggerakkan website tersebut, CSS membuat tampilan website yang indah, dan HTML menjadi dasar dari sebuah website.

Jika kamu bisa / memiliki pengalaman lebih lanjut dari Javascript, HTML, dan CSS, maka hal ini akan menjadi point plus untukmu.

  • Back End Developer

Jika front ended mengurus tampilan website, maka Back End Developer mengurus server, database, dan aplikasi. Jadi Back end developer mengurus data user, penyimpanan data user, dll.

Seorang Back End Developer harus menguasai beberapa bahasa pemrograman juga, seperti PHP, Python, MySQL, dll. memang lebih banyak dari Front End, karena pekerjaan Back End Developer lebih ke arah menjaga data, database, dsb.

  • Full-Stack Developer

Nah Full Stack Developer adalah seseorang yang mengurus baik Front dan Back End website. Jadi dia harus menguasai semua bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk mengurus Front dan Back End website. Tanggung jawab seorang full stack juga jadi lebih banyak dibanding Front end maupun back end.

Seorang web developer dapat menghasilkan pendapatan sebanyak 3 juta rupiah hingga 12 juta rupiah loh! wah banyak banget ya! Tapi pendapatan ini sepadan dengan kerja keras dan kemampuan seorang web developer. Secara soft skill, seorang web developer, baik front end, back end, dan full stack, harus bisa memecahkan masalah, multi tasking, teamwork yang baik, dan tentunya bertanggung jawab.

Nah itu dia 3 jobdesk seorang Web Developer!  Gimana? tentunya pekerjaan menjadi Web Developer ini sangat menjanjikan dan menantang loh! apalagi saat ini adalah waktu teknologi berkembang pesat. Jika kamu tertarik untuk belajar lebih lanjut, Kamu bisa bergabung dengan jurusan Computer Science BINUS @Bandung! Nanti kamu akan mendapat penjurusan untuk belajar di kampus BINUS@ Greater Jakarta juga loh melalui Mobility Program yang merupakan bagian dari Program (2+1)+1! Selain itu dengan fasilitas yang maksimal dan Enrichment Program dari BINUS, kamu bisa mewujudkan ide websitemu! Penasaran? Info selengkapnya bisa kamu akses di https://binus.ac.id/program/computer-science-bandung/