System Analyst adalah salah satu prospek karier dari bidang teknologi informasi dan komunikasi. System analyst bertugas untuk menganalisa, menyusun, dan menerapkan sistem. Seorang sistem analis akan mengurus aplikasi, sistem, dan penyimpanan data, serta meningkatkan kinerja sistem yang ada. Tahapan pertama pekerjaan sistem analis adalah dengan menyelidiki sistem, menganalisa hasil penyelidikan, menyusun sistem baru / rancangan tambahan untuk sistem, dan menerapkan rancangan tersebut.

Seorang sistem analis biasa bekerja sama dengan web developer, yaitu front end, back end, dan full stack developer, ketika menyusun / mendesain sistem baru. Untuk menjadi seorang sistem analis yang handal, diperlukan skill-skill sebagai berikut :

  • Analisis bisnis

Seorang sistem analis tidak hanya memperbaiki sistem, tapi juga harus mengerti flow sebuah bisnis. Pemahaman akan bisnis dapat membantu kinerja sistem analis, sehingga ia dapat mengerti apa yang perusahaan inginkan.

  • Logis / kritis dan kreatif

Seorang sistem analis perlu pemikiran yang logis agar dapat memahami kinerja sistem, dan kritis agar dapat menemukan masalah, solusi, dan mampu menerapkan solusi tersebut, serta mengevaluasi hasil penerapannya.

Terkadang, beberapa masalah tidak bisa diselesaikan dengan cara lama. Diperlukan pendekatan secara kreatif, apalagi saat ini berbagai sistem unik dan inovasi bermunculan.

  • Bahasa pemrograman

Tentu saja perlunya pemahaman bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang perlu dipahami yaitu : MySQL, Oracle, HTML, CSS, dll. sistem analis juga harus mengerti kinerja server, database, dsb.

  • Administrasi sistem

Meski sistem analis harusnya hanya mencari kesalahan/ kecacatan sistem dan memperbaikinya, sistem analis juga dituntut untuk bisa mengevaluasi dan memperbaiki agar sistem bisa dipakai oleh setiap pihak di perusahaan.

  • Manajemen projek

Terkadang, seorang sistem analyst akan diberikan tugas proyek yang besar atau kecil. Sistem analyst tidak mungkin bekerja sendiri, oleh karena itu diperlukan kemampuan bekerja sama dengan tim, komunikasi interpersonal yang baik, dan leadership yang baik. Selain itu, seorang sistem analyst harus bisa mengatur kinerja dan pekerjaan yang dia kerjakan.

Sistem analyst berpotensi menghasilkan pendapatan sebesar 5 hingga 11 juta rupiah per buan loh! wah banyak banget sih ini. sesuai dengan kesulitan dan tanggung jawab pekerjaan, menjadi seorang sistem analis bisa menjadi pilihan kariermu!

Nah itu dia 5 skill wajib seorang system analyst!  Menjadi seorang sistem analyst akan membuatmu menjadi orang yang lebih teratur, dan tentunya lebih kritis karena nantinya akan banyak tantangan yang seru dan menyenangkan.. Jika kamu tertarik untuk belajar lebih lanjut, Kamu bisa bergabung dengan jurusan Computer Science BINUS @Bandung! Nanti kamu akan mendapat penjurusan untuk belajar di kampus BINUS@Greater Jakarta melalui sebuah program yang dinamakan Mobility Program! Selain itu dengan fasilitas yang maksimal dan Enrichment Program dari BINUS, kamu bisa mewujudkan ide websitemu! Penasaran? Info selengkapnya bisa kamu akses di https://binus.ac.id/program/computer-science-bandung/