BINUS UNIVERSITY

    Yuk, Kenali Profesi yang Cocok bagi Lulusan Computer Science and Statistics

    Statistik adalah suatu upaya untuk mengumpulkan data serta informasi. Dalam ilmu statistik, data merupakan rangkaian informasi yang mewakili entitas tertentu. Statistik dimanfaatkan di berbagai bidang, seperti manajemen, bisnis, pemasaran, penelitian, dan sebagainya. Statistika akan membantu dalam penarikan kesimpulan sehingga sesuai dengan kebutuhan.

    Perpaduan antara statistik dan ilmu komputer akan memudahkan pengumpulan data dan informasi. Beberapa perhitungan statistika bahkan hanya bisa dilakukan oleh komputer. Dengan kecanggihan teknologi komputer, analisis statistika makin mudah dan komprehensif. 

    Nah, untuk mempelajari itu, kamu bisa masuk ke jurusan Computer Sciences and Statistics yang termasuk dalam bagian Computer Science BINUS UNIVERSITY. Apa saja profesi yang bisa kamu geluti setelah lulus?

    Computer Science Binus

    • Bisnis

    Di bidang bisnis, kamu bisa menjadi seorang market researcher. Tugas market researcher adalah melakukan penelitian pasar, baik secara kuantitatif maupun kualitatif sehingga memiliki dasar untuk mengambil keputusan. Market research dibutuhkan untuk pemasaran berbagai produk, mulai dari makanan, pakaian, hingga kendaraan bermotor. 

    Selain itu, kamu juga bisa melamar sebagai forecast analyst. Seorang forecast analyst memiliki keahlian untuk memeriksa tingkat persediaan, kecepatan produksi, serta permintaan produk sehingga dapat memenuhi potensi penjualan pada masa depan. Tugas utamanya adalah memanfaatkan tren serta mengidentifikasinya  sehingga dapat meraih peluang penjualan.

    Ada pula profesi actuarial analyst, seorang yang berperan untuk menilai probabilitas sebuah peristiwa serta konsekuensi keuangan yang disebabkannya. Kualifikasi umum yang harus dimiliki oleh actuarial analyst adalah memiliki kemampuan mengolah data statistik.

    • Manajemen

    Di bidang manajemen, lulusan Computer Science BINUS UNIVERSITY dapat menjadi business analyst. Tanggung jawab seorang business analyst adalah menjembatani kesenjangan antara bisnis dan teknologi dengan sebuah analisis. Ia harus dapat menyeimbangkan antara kedua bidang ini untuk kemajuan perusahaan.

    Profesi lainnya adalah evaluator of company performance. Tugasnya adalah melakukan evaluasi terhadap kinerja seluruh bagian dalam perusahaan. Dalam hal ini, diperlukan ilmu statistika sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Evaluasi yang baik akan menghasilkan perubahan-perubahan menuju hasil yang lebih  baik.

    • Area Teknologi Informasi 

    Di area teknologi informasi, seorang lulusan Computer Sciences and Statistics dapat menjadi database designer. Seorang database designer memiliki tugas untuk mendesain database, baik secara konsep maupun secara fisik. Tugasnya juga sering disamakan dengan data administrator.

    Selain itu, ada pula tugas menjadi system analyst, yaitu orang yang berperan untuk menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan suatu sistem. Biasanya, system analyst akan bergabung dalam tim engineering di sebuah perusahaan.

    • Industri 

    Jika ingin berkarier di bidang industri, profesi yang bisa kamu coba adalah menjadi data scientist. Saat ini, data science merupakan bidang ilmu yang sangat diperlukan. Tugas seseorang yang berprofesi sebagai data scientist adalah melakukan pengolahan data, analisis data, hingga memberikan rekomendasi terhadap suatu pertimbangan dalam perusahaan.

    Pilihan lain setelah lulus Computer Science BINUS UNIVERSITY adalah menjadi decision making analyst. Seperti namanya, tugas profesi ini adalah mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan yang tepat. Pertimbangan tersebut tak bisa dilepaskan dari keahlian statistik. Menjadi quality control analyst juga bisa kamu coba. Quality control menjadi bagian penting dalam perusahaan karena berkenaan dengan kualitas produk.

    • Keuangan dan Akuntansi

    Di bidang keuangan dan akuntansi, ada profesi risk analyst dan profit growth analyst. Tugas risk analyst adalah memperhitungkan risiko yang mungkin akan dihadapi sebuah perusahaan karena kebijakan atau keputusan tertentu. Sementara itu, tugas profit growth analyst adalah memprediksi pertumbuhan keuntungan yang akan didapatkan perusahaan dari berbagai faktor. 

    Jadi, inilah beberapa jenis profesi yang layak kamu pertimbangkan setelah lulus dari program studi Computer Sciences and Statistics. Jika tertarik, kamu bisa menempuh pendidikan formal di Computer Science BINUS UNIVERSITY yang menyediakan pilihan jurusan terbaik bagi mahasiswa. Fasilitas yang tersedia dan kurikulum terbaru di Computer Science BINUS UNIVERSITY akan membuat kamu menjadi pakar di bidangnya.