BINUS UNIVERSITY

    Kuliah di 2 Kota Tanpa Pindah Universitas? Mobility Program Jawabannya

    Kehadiran kampus BINUS UNIVERSITY di beberapa kota menjadikannya sempurna sebagai lokasi pelaksanaan Mobility Program. Hadir sebagai salah satu sarana peningkatan mutu lulusan, program ini menawarkan pengalaman berbeda untuk mahasiswa yang ingin menambah pengalaman selama belajar.

    Apa Itu Mobility Program?

    Binus University

    Mobility Program adalah inisiatif BINUS UNIVERSITY dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa. Dalam program ini, mahasiswa menghabiskan satu tahun belajar di kampus BINUS UNIVERSITY di daerah lain. Misalnya, mahasiswa yang terdaftar di kampus Malang atau Bandung bisa belajar di salah satu kampus Jakarta, dan sebaliknya.

    Mobility Program sendiri adalah bagian dari Enhancement Program, disebut juga sebagai (2+1) + 1. Mahasiswa menghabiskan waktu belajar di kampus aslinya selama dua tahun sebelum pindah ke kampus lain selama satu tahun. Setelah itu, mahasiswa bisa memilih satu dari lima program pengayaan yang akan berlangsung selama satu tahun, mulai dari magang hingga penelitian dan aktivitas di masyarakat.

    Mengapa Mengikuti Mobility Program?

    Binus University

    Apakah ada manfaat dari mengikuti perkuliahan di kampus berbeda? Berdasarkan pengalaman mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang telah mengikutinya, ada beberapa manfaat yang jelas terasa, misalnya:

    • Menambah Pengalaman Beradaptasi

    Hidup di kota berbeda merupakan sesuatu yang baru bagi banyak mahasiswa, apalagi ditambah kewajiban untuk menyelesaikan program kuliah. Belajar di kampus daerah lain akan mendorong mahasiswa untuk belajar beradaptasi, baik dengan lingkungan maupun teman-teman baru. 

    Kemampuan beradaptasi ini juga penting dalam dunia kerja atau profesional. Kampus menyiapkan lulusan untuk mampu menyesuaikan diri dengan lokasi baru agar kinerja tetap terjaga, di mana pun mereka bekerja.

    • Mempelajari Materi Baru

    Tidak semua kampus BINUS UNIVERSITY menawarkan program studi identik. Mahasiswa yang berminat pada suatu prodi atau fokus bisa mendapatkan materi perkuliahan tersebut di kampus lain. Misalnya, jika kamu belajar Computer Science di kampus Malang, kamu bisa mendapat pelajaran bidang Intelligent System di salah satu kampus Jakarta. Hal ini karena program tersebut memang belum tersedia di Malang.

    • Memperluas Koneksi dan Hubungan Pertemanan

    Memiliki koneksi penting dalam membentuk karier sukses setelah lulus. Akan tetapi, menjalin pertemanan dengan teman dari berbagai wilayah dan latar belakang tidak kalah pentingnya. Mobility Program dari BINUS UNIVERSITY dibuat agar mahasiswa mendapat kesempatan menjalin koneksi dan pertemanan di luar kampus asal mereka. 

    Setelah melakukan program ini, mahasiswa akan lebih mungkin untuk memiliki jaringan koneksi yang lebih luas. Hal ini juga bisa membuka potensi baru, misalnya dalam hal melakukan proyek bersama atau mendapat referensi kerja.

    • Mendapat Pengalaman Baru dan Menarik

    Pindah ke kota baru mendatangkan banyak pengalaman, terutama jika kamu datang untuk tujuan khusus seperti belajar. Mencicipi keunikan kota baru bisa menjadi bagian dari pengalaman berharga. Selain itu, keunikan dan karakteristik kota berbeda bisa memberimu inspirasi maupun referensi, misalnya sebagai bekal berkarir atau melakukan suatu proyek.

    • Belajar dari Tenaga Profesional yang Bervariasi

    Belajar di kampus daerah lain mempertemukan mahasiswa dengan lebih banyak tenaga profesional. Kamu berkesempatan bertemu dengan banyak dosen, peneliti, tenaga ahli, dan mahasiswa senior dengan beragam keahlian atau kompetensi. Hal ini akan memberimu wawasan dan pengalaman ekstra dibandingkan jika kamu tetap belajar di kampus aslimu.

    • Belajar lewat Sudut Pandang Berbeda

    Memiliki sudut pandang yang bervariasi merupakan salah satu bekal Binusian untuk menjadi lulusan yang kreatif dan inovatif. Belajar di kota berbeda dengan dosen, tenaga ahli, serta teman baru akan menantangmu dalam hal memandang berbagai teori, pemikiran, serta objek penelitian. Hal ini bagus untuk melatihmu berpikir dalam perspektif berbeda, sesuatu yang bermanfaat untuk dunia kerja.

    Mobility Program hanya satu dari berbagai keunggulan yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY untuk mahasiswanya. Jika kamu ingin mendapat semua pengalaman dan manfaat di atas, pastikan mendaftar di kampus ini agar bisa mengikuti programnya.