BINUS UNIVERSITY

    Ini Prospek Karier bagi Lulusan Game Application and Technology

    Istilah gamifikasi (gamification) mulai dikenal pada 2002 ketika Nick Pelling, seorang programmer komputer, memberikan presentasi dalam acara  TED (Technology, Entertainment, Design). Gamifikasi adalah pendekatan dengan menggunakan elemen game atau video game. Tujuannya untuk menciptakan rasa enjoy sekaligus keterlibatan dari pengguna.

    Di bidang edukasi, para siswa yang didukung dengan gamifikasi akan belajar untuk mencari solusi yang praktikal, bersedia untuk berpartisipasi dalam memecahkan masalah, dan berani memperbaiki kesalahan saat gagal. Bukan hanya edukasi, gamifikasi juga bisa diterapkan di bidang marketing dan kesehatan.

    Guna mencetak sumber daya yang menguasai teknologi berbasis game, BINUS UNIVERSITY membuka program studi Game Application and Technology. Di sini, para mahasiswa akan belajar seluk-beluk game dan pemanfaatannya bagi kehidupan.

    Prospek Karier Lulusan GAT

    Binus University

    Lulus dari program GAT BINUS UNIVERSITY, apa saja karier yang bisa kamu geluti? Hal ini perlu dipertimbangkan sebelum memilih tempat kuliah. Yuk, simak beberapa profesi menarik berikut ini.

    • Game Developer

    Game developer adalah seorang software developer dengan spesialisasi membuat video game. Seorang game developer harus menguasai skill pemrograman. Akan lebih baik jika seorang game developer adalah orang yang menyukai video game.

    Menjadi seorang game developer pada zaman sekarang sangat menjanjikan. Pasalnya, makin banyak orang yang suka bermain game perangkat PC, laptop, maupun smartphone. Industri game di era digital ini pun makin berkembang. 

    • Game Artist

    Apa pekerjaan seorang game artist? Profesi ini mungkin jarang kamu dengar. Namun, kehadiran mereka sangat penting dalam menciptakan video game yang memukau. Tugas game artist adalah membuat tampilan visual dalam video game terlihat realistis dan dapat menyedot perhatian pemain.

    Elemen visual dalam sebuah video game memang merupakan hal yang sangat vital. Elemen inilah yang pertama kali akan dinilai oleh seorang pemain. Pada game dengan visual yang rumit, dibutuhkan beberapa game artist. Kamu bisa menjadi salah satu di antaranya. 

    • Game Designer

    Game designer mungkin merupakan pekerjaan impian bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang suka bermain game. Game designer adalah orang yang merancang konsep sebuah video game. Ia harus membuat struktur utama dalam game, menentukan cara bermain, serta plot cerita dalam game

    Untuk menjadi seorang game designer, kamu harus memiliki keahlian di bidang teknologi yaitu menggunakan software design atau software editing. Selain itu, kemampuan game designer sangat bergantung pada kreativitasnya. 

    • Game Programmer

    Game programmer adalah orang yang membuat coding pada sebuah game sehingga bisa dimainkan oleh penggunanya. Game programmer mewujudkan konsep yang disampaikan oleh seorang game designer. Bersama game artist, game programmer akan berkolaborasi menciptakan sebuah video game yang menarik untuk dimainkan.

    • Entrepreneur

    Lulus dari program GAT, kamu juga bisa merintis bisnis. Kamu bisa membangun usaha yang menciptakan berbagai jenis video game. Ada banyak peluang keuntungan dari bisnis ini yang bisa kamu kembangkan. 

    • Akademisi

    Jika tidak menjadi praktisi, kamu pun bisa menggeluti profesi sebagai akademisi. Dosen atau trainer cocok bagi kamu yang suka mengajar dan berbagi ilmu pada orang lain.

    Yuk, Kuliah di BINUS UNIVERSITY!

    Binus University

    Nah, bagi yang ingin menekuni salah satu profesi tersebut, kamu bisa kuliah di BINUS UNIVERSITY. Salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia ini menawarkan program Mobile Application and Technology yang termasuk dalam bagian School of Computer Science BINUS UNIVERSITY.

    Mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain Algorithm and Programming, Mobile Creative Design, Database Systems, Mobile Community Solution, Software Engineering, Human and Computer Interaction, Computer Networks, dan sebagainya. 

    Setelah lulus kuliah di BINUS UNIVERSITY, kamu pun akan dapat mewujudkan passion bekerja di bidang teknologi game.