BINUS UNIVERSITY

    Community Development: Jadikan Ilmu Lebih Berguna dengan Berbagi pada Sesama

    Tugas dan tanggung jawab mahasiswa bukan hanya belajar, mendengarkan materi, dan mengerjakan tugas dari dosen saja, tetapi juga mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang didapat guna kemajuan bangsa. Tidak perlu menunggu tamat dan bekerja buat memberikan manfaat baik bagi sesama. Siapa pun bisa melakukannya walau masih berstatus mahasiswa aktif. 

    Berdasarkan landasan pemikiran tersebut, BINUS UNIVERSITY merancang sebuah program khusus bagi mahasiswanya yang berminat mengabdikan diri buat mendukung pengembangan dan pembinaan komunitas. Rancangan itu dikenal dengan nama Enrichment Program: Community Development Track. 

    Apa yang Dilakukan Mahasiswa dalam Community Development Track?

    Binus University

    BINUS UNIVERSITY melalui Teach for Indonesia (TFI)salah satu program CSR BINA NUSANTARA Group—membantu mahasiswanya mengadakan pembinaan bagi komunitas. Bersinergi dengan banyak lembaga, TFI berfokus pada bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat.

    Umumnya, mahasiswa berperan sebagai sukarelawan tenaga pengajar sesuai dengan keahlian dan bidang keilmuan masing-masing. Selain itu, peserta program juga terkadang berkontribusi sebagai sukarelawan untuk kegiatan-kegiatan sosial saat terjadi bencana.

    Beberapa aktivitas Community Development Track yang sudah dilaksanakan oleh BINUSIAN adalah memberikan pengajaran Bahasa Mandarin di Sekolah Sint Pieter, Sumba Barat (2016-2017), melatih penggunaan pen tools untuk keperluan desain pada Yayasan Sahabat Anak (2017), mengajarkan Bahasa Inggris (basic conversation) kepada guru-guru PAUD Palmerah, Jakarta Barat (2020), dan masih banyak lagi.

    Mengapa Mahasiswa Harus Berperan Aktif dalam Community Development Track?

    Binus University

    Jika dilihat saksama, bukan hanya komunitas/masyarakat yang mendapatkan manfaat positif. Mahasiswa secara tidak langsung juga menerima keuntungan, antara lain:

    • Memperoleh pengalaman tak ternilai.

    Pengalaman adalah keuntungan pertama dan utama saat memutuskan untuk berpartisipasi dalam Program Community Development Track. Kamu tidak akan mendapatkan pengalaman serupa di bangku kuliah.

    • Memperluas jejaring sosial (social network).

    Sukarelawan TFI tidak hanya berasal dari satu jurusan saja. Oleh karena itu, kamu memiliki kesempatan bertemu dengan orang-orang baru. Jadi, jejaring pertemananmu dijamin akan makin luas. 

    • Mengasah soft skill. 

    Selama menjadi sukarelawan, kamu pasti bertemu banyak orang. Hal ini akan membuat kamu belajar banyak tentang cara berkomunikasi, bekerja sama, berdiskusi dalam memecahkan masalah, dan lainnya. Semua itu adalah soft skill yang sangat berguna saat memasuki dunia kerja nantinya. 

    • Mempertajam rasa empati dan kepedulian.

    Sadar atau tidak sadar, masih banyak orang-orang yang kekurangan ilmu maupun uang di sekitar kita. Dengan ikut serta dalam kegiatan ini, kamu tentu menjadi lebih sadar akan keadaan orang-orang di sekelilingmu sehingga pastinya makin mengajarkanmu untuk terus hidup dengan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama.

    • Membudayakan penerapan skala prioritas melalui penjadwalan.

    Menjalankan dua kegiatan sekaligus, kuliah dan membina komunitas, membutuhkan pengaturan waktu yang tepat. Jadi, kamu akan terbiasa dengan membuat skala prioritas (timetable) sehingga seluruh kegiatan yang kamu jalani selesai tepat waktu.

    • Memperdalam bidang keilmuan.

    Membina komunitas melalui pengajaran, secara tidak langsung, menuntut penguasaan ilmu yang dalam. Agar tidak salah dalam penyampaian materi, kamu tentu akan melakukan beragam persiapan, seperti membaca ulang materi, mencari referensi terkait, dan lainnya. Seluruh persiapan ini makin memperdalam keilmuanmu.

    Siapa Saja yang Berhak Ikut Enrichment Program Ini?

    Binus University

    Semua BINUSIAN, mulai dari semester awal hingga akhir, berhak mendaftar sebagai peserta Enrichment Program: Community Development Track ini. Kamu hanya perlu mencari tahu bagaimana caranya bergabung ke program ini.

    Bagaimana Cara Bergabung dalam Program Ini?

    Ada dua cara yang bisa kamu tempuh jika ingin bergabung menjadi anggota Community Development Track. 

    Pertama, kunjungi website resmi program, yaitu https://student.binus.ac.id/community-development-track/ dan http://www.teachforindonesia.org. Lalu, kamu bisa baca dan ikuti panduan yang ada di laman untuk mendaftar.  

    Kedua, kamu boleh menanyakan langsung ke narahubung yang bertugas. Jika ingin bertanya dan berdiskusi melalui email, kamu bisa kirimkan ke alamat comdevtrack@gmail.com

    Bagaimana? Siap membantu BINUS UNIVERSITY buat mengembangkan keahlian masyarakat sekitar? Jika iya, Enrichment Program: Community Development Track menunggumu.