BINUS UNIVERSITY

    BINUS UNIVERSITY: Kampus Swasta Terbaik Se-Indonesia Versi QS World University Ranking

    BINUS UNIVERSITY tak henti-hentinya mengukir prestasi yang mampu mengharumkan Indonesia. Kali ini kabar gembira datang dari QS World University Ranking yang menyebutkan BINUS UNIVERSITY menjadi satu-satunya kampus swasta yang masuk ke daftar pemeringkatan 1.000 perguruan tinggi terbaik di dunia. Seperti apa berita lengkapnya? Cek ulasan berikut. 

    Sekilas Tentang QS World University Ranking

    BINUS UNIVERSITY

    QS World University Ranking merupakan program pemeringkatan yang dilakukan Quacquarelli Symonds, perusahaan Inggris yang fokus menganalisis perguruan tinggi di seluruh dunia. Pada bulan Juni lalu, QS World University Ranking mengeluarkan 1.000 universitas terbaik di dunia untuk tahun 2021, 8 di antaranya merupakan perguruan tinggi asal Indonesia. 

    Menjadi bagian dari QS World University Ranking tentu saja termasuk prestasi membanggakan, apalagi ada banyak indikator yang perlu dipertimbangkan dalam proses pemeringkatan ini. Secara garis besar ada 6 kriteria utama yang harus dipenuhi supaya bisa memperoleh predikat kampus terbaik menurut QS World University Ranking, yaitu:

    1. Academic Reputation (40%): dalam penilaian indikator ini QS mengumpulkan kurang lebih 100 ribu opini untuk mencari tahu reputasi akademi suatu universitas di mata para ahli. 
    2. Faculty/Student Ratio (20%): membandingkan jumlah mahasiswa dengan jumlah pengajar yang betujuan untuk mengukur kualitas belajar mengajar di universitas tersebut. 
    3. Citations per Faculty (20%):mengukur jumlah publikasi per fakultas beserta kualitas dan dampak dari karya ilmiah yang telah dihasilkan.
    4. Employer Reputation (10%): survei mengenai kualitas lulusan suatu universitas di dunia kerja.
    5. International Faculty Ratio (5%): menilai banyaknya tenaga pendidik asing di instansi terkait.
    6. International Student Ratio (5%): menilai banyaknya mahasiswa asing di universitas tersebut.

    Menempati Peringkat 7 Sebagai Universitas Terbaik di Indonesia

    BINUS UNIVERSITY

    Di antara 1.000 universitas terbaik di dunia, BINUS UNIVERSITY berhasil menempati peringkat 801-1.000. Sementara bila dibandingkan dengan perguruan tinggi dalam negeri, BINUS UNIVERSITY berada di urutan ke-7 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking. 

    Kerennya lagi, BINUS UNIVERSITY menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masuk ke dalam daftar pemeringkatan QS World University Ranking 2021, lho. Melalui prestasi ini, rasanya tak berlebihan jika menyebut BINUS UNIVERSITY sebagai kampus swasta nomor satu di Indonesia. 

    Menerima Predikat 4 Star dari QS Stars University Ratings

    BINUS UNIVERSITY

    Satu lagi prestasi BINUS UNIVERSITY yang tak kalah membanggakan. Dari 8 perguruan tinggi Indonesia yang masuk top 1.000 universitas terbaik di dunia, hanya BINUS UNIVERSITY yang menyandang predikat 4 star dari QS Stars University Ratings. Luar biasa, bukan? 

    Dengan predikat ini BINUS UNIVERSITY dapat melakukan kerja sama dengan kampus lain yang juga mendapat bintang dari QS. Bentuk kerja sama yang ditawarkan pun beragam, mulai dari penelitian, kredit perkuliahan, pertukaran mahasiswa, sampai pertukaran dosen pun sangat mungkin untuk dilakukan. 

    Deretan prestasi di atas semakin membuktikan komitmen BINUS UNIVERSITY untuk memberikan pendidikan berkualitas global. Bagi lulusan sekolah menengah atas yang sedang mempersiapkan diri memasuki jenjang perkuliahan, kampus satu ini bisa menjadi pertimbangan. Supaya lebih jelas, yuk, intip selayang pandang mengenai BINUS UNIVERSITY di bawah ini.   

    Selayang Pandang BINUS UNIVERSITY

    Berawal dari sebuah lembaga pendidikan komputer jangka pendek, dengan tekat yang kuat dan visi yang jelas, lembaga pendidikan komputer ini kemudian berubah nama menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) sebelum akhirnya berganti nama lagi menjadi BINUS UNIVERSITY

    Kampus ini memiliki misi yaitu menciptakan lulusan yang mampu bersaing secara global, tak terkecuali bagi mereka yang ingin menjadi wiraswasta. Untuk mewujudkan misi tersebut, dibuatlah program unggulan bernama (2+1)+1. 

    Lewat program (2+1)+1 BINUSIAN berkesempatan untuk mengikuti kegiatan enrichment yang berlangsung selama 1 tahun. Pada kegiatan ini mahasiswa diberi kebebasan untuk menentukan 1 dari 5 kategori yang ada, di antaranya adalah magang di perusahaan, penelitian, pengabdian masyarakat, merintis bisnis, atau studi ke luar negeri. 

    Saat ini BINUS UNIVERSITY hadir di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Malang. Pilihan jurusannya pun beragam, mulai dari program studi yang berkaitan dengan seni & desain, bisnis, komunikasi, keuangan, komputer, sampai bahasa. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa mengakses binus.ac.id. 

    Demikian ringkasan mengenai BINUS UNIVERSITY yang berhasil menjadi top 1.000 universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking. Semoga informasi di atas membuatmu semakin tertarik untuk kuliah di sini, ya.