BINUS UNIVERSITY

    Beri Kesempatan Study Abroad, Apa Itu Program (2+1)+1?

    Mempersiapkan lulusan berkualitas dan berdaya saing global adalah kewajiban tiap kampus, pun begitu dengan BINUS UNIVERSITY. Dengan tujuan tersebut, program (2+1)+1 menjadi andalan BINUS UNIVERSITY buat mengembangkan keilmuan dan keprofesian tiap peserta didiknya. 

    Apa Itu Program (2+1)+1?

    Binus University

    Dalam pelaksanaan Program (2+1)+1, BINUS UNIVERSITY menerapkan sistem student mobility, artinya mahasiswa memiliki kesempatan belajar di multikampus dan banyak dunia industri. 

    Terperinci, BINUSIAN akan melewati tahapan-tahapan berikut: 1) dua tahun awal belajar di kampus asal, 2) satu tahun lanjutan di kampus BINUS UNIVERSITY kota lain, 3) satu tahun tambahan mengikuti salah satu dari enam Enrichment Program yang ditawarkan.

    Dari semua pilihan Enrichment Program, Study Abroad Track adalah salah satu opsi menarik. Pasalnya, BINUSIAN diberikan kesempatan khusus untuk menempuh perkuliahan, melakukan magang, dan mengambil gelar di kampus-kampus luar negeri yang menjalin kerja sama dengan BINUS UNIVERSITY. 

    Tentang Enrichment Program: Study Abroad Track

    Binus University

    Singkatnya, program Study Abroad Track khusus dirancang guna memfasilitasi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman belajar di luar negeri. Agar bisa menjadi peserta program ini, kamu harus memenuhi beberapa kualifikasi dan lulus tes terlebih dahulu. 

    Kemudian, kamu akan bertugas sebagai BINUS STAR (Binus Student Transnational Ambassador) ke berbagai universitas mitra BINUS UNIVERSITY di beberapa negara tujuan pilihan, seperti United States of America, Korea Selatan, Malaysia, Taiwan, Thailand, New Zealand, Filipina, dan sebagainya. 

    Melalui pelaksanaan Study Abroad Track, BINUS UNIVERSITY meyakini bahwa SDM-nya tidak hanya mendapatkan manfaat akademik saja, tetapi juga memperoleh rekognisi positif secara global. Lantas, adakah manfaat lain?

    Manfaat Keikutsertaan dalam Program

    Segudang keuntungan bisa kamu rasakan jika berhasil menjadi salah satu peserta program, antara lain:

    • Pengalaman Berharga

    Mengikuti kegiatan perkuliahan internasional, menetap di negara orang, dan mendapatkan gelar dari universitas luar merupakan pengalaman berharga yang tidak semua orang bisa dapatkan. 

    • Kemampuan Bahasa Asing

    Selama menetap di luar negeri, input bahasa asing makin kuat dan sering sehingga kamu akan cepat menguasainya. 

    • Pemerolehan Budaya 

    Selain bahasa, peserta kegiatan memiliki kesempatan belajar budaya lokal daerah setempat. Hal inilah yang menjadi nilai lebih dari program belajar di luar negeri.

    • Jejaring Sosial

    Menambah pertemanan dan jejaring sosial merupakan keuntungan lain dari keikutsertaan dalam program Study Abroad Track. 

    • Wisata Gratis

    Manfaat terakhir adalah yang paling disukai peserta, yakni kesempatan berwisata gratis. Kegiatan kuliah di universitas mitra tidak diagendakan selama satu minggu penuh. Jadi, peserta masih memiliki 1-2 hari libur dalam seminggu untuk berwisata.

    Mau dapat manfaat di atas? 

    4 Skema Study Abroad Track

    BINUS UNIVERSITY menawarkan empat model Study Abroad Track. Tiap skema memiliki rencana pembiayaan, tanggung jawab, dan durasi pelaksanaan berbeda-beda. 

    • Student Exchange

    Student Exchange memungkinkan kamu untuk kuliah di luar negeri selama 1-2 semester dengan sistem kredit transfer. Terdapat 80 universitas mitra dari 27 negara yang bisa kamu pilih jika mendaftar melalui jalur partner universities. 

    Sedangkan, bila kamu mendaftar melalui jalur ISEP, pilihan kampus makin besar, yakni 328 anggota dari 54 negara pilihan. 

    • Double Degree

    BINUS UNIVERSITY mengadakan kerja sama buat penyelenggaraan double degree, yaitu mahasiswa mengerjakan dua program dari dua universitas berbeda dengan waktu pelaksanaan yang sama. Setelah selesai, mahasiswa secara otomatis akan mendapatkan dua gelar sekaligus.

    Beberapa pilihan kelas yang tersedia adalah BINUS UNIVERSITY – Deakin University Dual Degree Program, BINUS UNIVERSITY – University of Canberra Dual Degree Program, dan BINUS UNIVERSITY – The University of Nottingham Twinning Program. 

    • Short Courses Abroad

    Penawaran mengikuti kursus singkat di luar negeri terbuka tiap tahunnya. Kantor Urusan Internasional menerima pendaftaran BINUSIAN yang berminat untuk ikut kursus pada  bulan Maret atau April.

    • Internship

    Program magang ini dikhususkan untuk mahasiswa semester 5-8. Mendaftar skema internship membuat kamu bisa terjun ke dunia kerja sekaligus mengembangkan keahlianmu secara global. 

    Pilihan jalur pendaftaran magang yang tersedia adalah Global Internship Program-FPT University, ISEP Network, BINUS Career Internship Opportunities, dan ASEM Work Placement Program. 

    Meski keempat skema Study Abroad Track di atas memiliki syarat pendaftaran yang berbeda-beda, ada dua syarat mutlak yang harus dipenuhi, yakni terdaftar sebagai mahasiswa aktif BINUS UNIVERSITY dan memiliki kemampuan berbahasa asing.

    Itulah tadi informasi mengenai Enrichment Program: Study Abroad Track di BINUS UNIVERSITY. Semoga membantu!