BINUS UNIVERSITY

    Beri Kesempatan Praktik Membangun Bisnis, Yuk Cari Tahu tentang Program (2+1)+1

    Kampus BINUS UNIVERSITY tidak hanya menciptakan lulusan yang siap kerja kantoran, namun juga berbisnis. Berbagai program tersedia untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa agar siap membuka bisnis sendiri, salah satunya adalah track entrepreneurship. Selain membantu mahasiswa membuat rencana bisnis, program ini juga menciptakan lulusan berkualitas yang siap menyokong ekosistem usaha kecil menengah di Indonesia.

    Apa Itu Program Track Entrepreneurship?

    Binus University

    Program wirausaha (track entrepreneurship) adalah bagian dari Program Pengayaan atau (2+1) + 1, di mana mahasiswa melalui dua tahun kuliah di kampus asal, setahun belajar di kampus wilayah lain, dan setahun program tambahan. Jenis program tambahan ini disesuaikan dengan minat mahasiswa.

    Track entrepreneurship adalah program tambahan yang disiapkan BINUS UNIVERSITY untuk mahasiswa dengan minat yang condong ke bisnis. Program ini tidak hanya berisi pelajaran tekstual, namun juga praktik, investasi, dan pendampingan agar mahasiswa benar-benar mampu membuat, mengembangkan, serta mewujudkan ide bisnis nyata.

    Berapa lama program ini berjalan? Tergantung dari kurikulum, ide bisnis, serta proses yang dibutuhkan untuk mewujudkannya. Mahasiswa bisa menghabiskan satu hingga dua semester untuk mengikuti program ini.

    Aktivitas Track Entrepreneurship

    Apa saja yang kamu lakukan dalam program wirausaha BINUS UNIVERSITY? Inilah langkah-langkahnya:

    • Membuat Ide Bisnis

    Langkah awal kegiatan ini adalah mengembangkan ide bisnis yang nyata. Mahasiswa akan didampingi dosen dan tenaga ahli untuk menemukan ide bisnis lewat langkah-langkah nyata, mulai dari riset pasar dan kebutuhan hingga mengembangkan konsep.

    • Membuat Prototipe

    Mahasiswa akan belajar membuat prototipe bisnis. Ini berarti menciptakan elemen nyata dari rencana bisnis, misalnya desain, cara produksi, cara pemasaran, serta ilustrasi pemanfaatan atau penerapannya.

    • Menemukan Pemilik Modal

    Apakah rencana bisnismu hanya berhenti pada prototipe? Tidak! BINUS UNIVERSITY akan membantu mahasiswa menemukan sumber modal untuk membiayai rencana bisnis jika ada potensi di dalamnya. Para investor potensial ini juga akan menjadi bagian dari tim pengembangan bisnismu.

    • Mempromosikan Konsep Bisnis

    Jika sudah menemukan rencana bisnis, kamu bisa memamerkannya di berbagai ajang yang dilaksanakan atau diikuti kampus, misalnya Startup World Cup dan Tech in Asia.

    Syarat Ikut Program Track Entrepreneurship

    BINUS UNIVERSITY memiliki beberapa syarat bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program wirausaha, yaitu:

    • Lulus 15 SKS dengan IPK minimal 2.0
    • Bersedia berkantor di fasilitas co-working space area Alam Sutera atau Kemanggisan untuk mengikuti pelatihan
    • Bersedia mengikuti program selama 20 minggu, Senin hingga Jumat (minimal 40 jam per minggu)
    • Bersedia tidak mengikuti semester pendek

    Waktu pelaksanaannya bisa satu atau dua minggu tergantung ketentuan kampus dan kurikulum.

    Manfaat Ikut Program Track Entrepreneurship

    Kenapa kamu harus mempertimbangkan mengikuti program wirausaha BINUS UNIVERSITY? Inilah beberapa alasannya:

    • Memiliki Bisnis dengan Potensi Penghasilan

    Program pelatihan wirausaha di kampus ini berbeda karena mahasiswa benar-benar bisa menghasilkan bisnis dengan potensi pemasukan lumayan. Kamu bisa mendapat penghasilan bahkan sebelum lulus. Selain menjamin kehidupan dan potensi karier, kamu bisa mengurangi risiko menganggur setelah lulus.

    • Mengembangkan Potensi Sejak Dini

    Banyak mahasiswa yang tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi bisnis setelah lulus. BINUS UNIVERSITY memastikan kamu punya kesempatan ini dengan menyediakan program, pendampingan ahli, dan bahkan investor.

    • Menerapkan Ilmu Kampus Secara Langsung

    Ingin bisa menerapkan ilmu yang kamu peroleh di kampus secara langsung? Program wirausaha adalah salah satu pilihan tepat. Selain menghasilkan uang, program ini membuatmu mengerahkan semua wawasan dan potensi untuk menemukan nilai bisnis, mengembangkan konsep, mengatasi tantangan nyata, hingga meyakinkan calon investor agar mau mendukungmu.

    Program pengayaan adalah salah satu upaya BINUS UNIVERSITY untuk meningkatkan potensi dan daya saing mahasiswa agar siap menghadapi dunia kerja setelah lulus. Mengikuti program wirausaha ini akan menjadikanmu bibit pebisnis andal yang siap melalui tantangan kerja serta mengembangkan potensi bisnis tanah air.