BINUS UNIVERSITY

    Beri Kesempatan Belajar Lintas Jurusan, Ketahui Lebih Dalam Tentang Minor Program

    Mahasiswa yang belajar di BINUS UNIVERSITY tidak hanya mendapat pelajaran sesuai dengan bidangnya, tetapi juga bidang lain di luar kurikulum program studi masing-masing. Hal ini sesuai dengan misi menciptakan lulusan yang kompeten, berwawasan luas, memiliki daya saing, dan mampu berkontribusi di berbagai lapangan, baik di dalam maupun luar negeri.

    Apa saja program lain yang ditawarkan tersebut? Apa manfaatnya bagi mahasiswa yang mengambilnya? Berikut penjelasannya.

    Penjelasan tentang Minor Program 

    Binus University

    Minor Program merupakan bagian dari kurikulum BINUS UNIVERSITY yang mulai ditawarkan pada semester ketiga. Program ini merupakan mata kuliah pilihan yang temanya bervariasi dan tidak selalu harus sama dengan bidang yang diambil mahasiswa. Kamu bisa mendaftar untuk kelas-kelas Minor Program hingga semester lima, tepat sebelum periode Enrichment Program alias (2+1) + 1.

    Minor Program tersedia untuk mahasiswa yang mengambil program studi tertentu, yaitu Accounting, Business Management, Information System, Business Management, dan Computer Science. Setiap mahasiswa akan mendapat informasi terkait ketersediaan program tersebut sebelum memasuki semester baru. Sama seperti mata kuliah biasa, kelas-kelas Minor Program diakhiri dengan ujian.

    Pilihan Minor Program

    Saat ini, BINUS UNIVERSITY menawarkan delapan macam Minor Program, yaitu:

    • Digital Business

    Digital Business menawarkan kuliah tentang penerapan teknologi digital dalam dunia bisnis. Hal yang kamu pelajari di sini mencakup aspek-aspek seperti manajemen, analisis strategi bisnis, inovasi teknologi pendukung bisnis, hingga keuangan.

    • Digital Ecosystem

    Tertarik pada ilmu terkait ekosistem digital untuk berbagai aktivitas? Kamu bisa ambil Minor Program ini di BINUS UNIVERSITY. Pelajari hal-hal seperti perkembangan teknologi terkini, inovasi digital, identitas visual, hingga keamanan dan hukum siber.

    • Interactive and User Experience Design

    Pelajari bagaimana user experience memengaruhi desain produk digital seperti situs internet dan aplikasi. Di sini, kamu bisa belajar hal-hal seperti dasar-dasar psikologi pengguna, riset dan evaluasi, desain khusus layanan, hingga aspek produksi desain.

    • Virtual Services

    Bagi yang berminat pada bidang jasa di era digital bisa mengambil program kuliah tambahan ini. Kamu akan belajar hal-hal seperti virtual marketplace, virtual financial service, dan virtual hospitality management.

    • Human Capital in Digital Workplace

    Sumber daya manusia tidak kalah penting dalam lingkungan kerja digital. Di program ini, kamu belajar tentang psikologi, aspek legal, pengembangan aspek HRD, hingga pengaturan lingkungan kerja virtual.

    • Sustainable Development

    Program studi pilihan ini mengusung materi terkait keberlanjutan (sustainability) dalam industri, mulai dari material, desain, teknologi produksi, hingga aspek digital.

    • Cross Cultural Communication

    Komunikasi adalah salah satu keahlian terpenting yang ditanamkan kepada mahasiswa. Dalam kelas ini, kamu akan belajar tentang teknik komunikasi di dunia profesional, komunikasi dalam keberagaman (diversity), komunikasi terkait etika bisnis, media dan budaya, hingga praktik berbahasa asing dalam dunia bisnis (fokus pada Bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin).

    • Culinary

    Tertarik dengan bisnis atau pekerjaan di bidang kuliner? Jangan lupa mengambil Minor Program ini. Program kuliner mengajarkan hal-hal seperti hidangan Barat dan Asia, pastry dan bakery, servis restoran, hingga cara menjalankan ajang kuliner formal.

    Setiap program ini memiliki pelajaran wajib (fundamental course) yang harus kamu ambil semua sebelum memilih yang lain.

    Alasan Memilih Minor Program

    Ada beberapa alasan mengapa kampus menawarkan mata kuliah tambahan di luar kurikulum wajib. Salah satunya adalah mengajak mahasiswa mengembangkan wawasan di luar batas mata kuliah resmi yang mereka ambil. Hal ini terkait banyaknya pekerjaan di luar sana yang menuntut pelakunya untuk memahami bidang lain.

    Semakin banyak perspektif baru yang dipelajari mahasiswa, semakin mudah mereka beradaptasi dengan lingkungan kerja. Jika kamu ingin mendapat lebih banyak perspektif agar mudah beradaptasi di dunia kerja, jangan lupa mengambil kelas-kelas Minor Program oleh BINUS UNIVERSITY, dan ikuti semua jadwal kuliah pelajaran dasar wajibnya.