Era globalisasi menuntut perusahaan untuk melakukan percepatan dalam penyediaan informasi akuntansi dan audit. Tujuannya agar perusahaan dapat mempertahankan bisnis, mengambil keputusan dengan cepat, serta menguasai pasar.

Salah satu cara mempercepat informasi akuntansi dan audit, yakni dengan teknologi komputerisasi. Namun, untuk menjalankan teknologi tersebut, perusahaan harus merekrut sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Karena itu, banyak perusahaan membuka peluang kerja bagi lulusan Information System Accounting and Auditing.

Peluang kerja apa saja yang bisa digeluti oleh alumni jurusan Information System Accounting and Auditing? Berikut ini pembahasan selengkapnya.

  • IS/IT Auditor

Information System Accounting and Auditing

Pekerjaan sebagai IS/IT Auditor cocok untuk kamu yang memiliki rasa ingin tahu tinggi. Pasalnya, profesi ini menuntut seseorang untuk memahami beragam proses bisnis dari berbagai jenis industri. Seorang IS/IT Auditor juga harus menguasai penerapan IT di setiap proses bisnis.

Tidak hanya itu, IS/IT Auditor mesti mengasah skill banking operation dan human relation agar pekerjaannya lancar. Sebagai penunjang, sebaiknya, IS/IT Auditor mendalami konsep sistem informasi, programming, dan analisis perancangan sistem. 

  • Compliance Expert

Information System Accounting and Auditing

Kamu memiliki tingkat kepatuhan dan kedisiplinan tinggi terhadap aturan? Berarti, pekerjaan sebagai compliance expert bisa menjadi pilihan. Tugas utama profesi ini adalah memastikan keberlangsungan tata kelola di sebuah perusahaan.

Compliance expert wajib bersikap tegas terhadap pelanggar etika dan aturan perusahaan. Penerapan aturan pun harus menyeluruh, mulai dari top management sampai karyawan.

Di samping itu, compliance expert tidak boleh sewenang-wenang menuduh seseorang melakukan kesalahan. Compliance expert harus mendapatkan bukti dan memulihkan kesalahan tersebut.

  • Analis Sistem

Information System Accounting and Auditing

Tugas utama analis sistem adalah melakukan investigasi, menganalisis desain, dan mengimplementasi. Analis sistem juga bertanggung jawab atas pemilihan perangkat lunak untuk perusahaan klien. Pilihan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga sistem bisnisnya bisa dikembangkan.

Agar lulusan Sistem Informasi Akuntansi dan Audit bisa menjalankan tugas tersebut, beberapa skill dasar mesti dikuasai. Skill tersebut mencakup interpersonal, manajerial, analisis, dan teknik. Selain itu, analis sistem harus memahami bahasa  pemrograman dan dasar kerja server.

  • Blockchain Developer

Information System Accounting and Auditing

Siapa bilang, lulusan sistem informasi akuntansi dan audit tidak bisa menjalankan pekerjaan bebas? Justru, peluangnya banyak; salah satunya menjadi blockchain developer.

Blockchain developer adalah seseorang yang pekerjaannya membangun sistem blockchain. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut, kamu harus mempelajari dasar-dasar blockchain. Biasanya, teknologi ini diterapkan dalam cryptocurrency

  • Analis Finansial 

Information System Accounting and Auditing

Finansial atau keuangan adalah bagian paling vital dalam bisnis. Karena itu, banyak perusahaan mencari analis finansial terbaik untuk mendukung manajemen usaha.

Tugas utama seorang analis finansial, yaitu melakukan pengkajian kuantitatif atas informasi program investasi swasta maupun publik. Ia juga bertugas merancang grafik dan bagan memakai lembar kerja komputer. Nantinya, bagan dan grafik tersebut digunakan untuk memaparkan laporan teknik.

Analis finansial pun harus selalu mengamati perkembangan bisnis, industri, maupun teknologi terkini. Pasalnya, setiap pekerjaan analis finansial membutuhkan inovasi dan solusi kreatif yang relevan dengan masa sekarang.

  • Product Manager

Information System Accounting and Auditing

Dengan kemampuan analisisnya, lulusan Information System Accounting and Auditing bisa memilih pekerjaan sebagai manajer produk. Hal itu karena kemampuan tersebut digunakan manajer untuk mengamati pasar, menganalisis, dan merancang produk.

Rancangan produk yang dibuat harus memiliki daya tarik tinggi. Selain itu, desainnya mesti disesuaikan dengan minat masyarakat di masa sekarang. Dengan demikian, kamu dapat membentuk tren di pasaran menggunakan produk tersebut. 

  • Analis Forensik

Information System Accounting and Auditing

Analis forensik merupakan pekerjaan terkait perlindungan di dunia maya. Tugas utama profesi ini, yakni menyelidiki insiden keamanan, pelanggaran data, dan cyber crime. Seorang analis forensik juga harus mampu memulihkan dan menyajikan fakta seputar informasi digital.

 

Demikian ulasan seputar prospek karier untuk lulusan Information System Accounting and Auditing. Kamu bisa merekomendasikan BINUS UNIVERSITY kepada adik-adik SMA maupun SMK yang berminat kuliah di jurusan tersebut. 

BINUS UNIVERSITY merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang telah melahirkan generasi cerdas dan berkualitas. Jadi, tak perlu ragu lagi; ajak mereka untuk segera mendaftar di kampus ini!