BINUS UNIVERSITY

    Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Business Creation, Apa Saja?

    Prospek kerja di masa depan sering jadi pertimbangan utama ketika memilih jurusan kuliah. Pertanyaan ini pun kian sering muncul ketika kamu memilih program studi yang kurang begitu familier di telinga masyarakat umum. Salah satu contohnya adalah jurusan di BINUS Business Creation. 

    • Apa Itu Jurusan Business Creation?

    jurusan di BINUS

    Jurusan Business Creation bisa kamu temukan di BINUS UNIVERSITY @Greater Jakarta dan @Malang. Secara umum, mahasiswa yang menjadi bagian dari program studi ini didorong untuk mampu berpikir kreatif dan inovatif. Selanjutnya, para alumni dari jurusan di BINUS UNIVERSITY ini dapat menjadi pemuda yang berperan aktif dalam memajukan perekonomian bangsa. 

    Tak hanya itu, melalui kurikulum yang teruji, para mahasiswa jurusan Business Creation bisa tumbuh jadi sarjana bisnis yang tidak hanya pintar teori. Namun, mereka bisa mempraktikkan pengetahuannya di dunia kerja. Kemampuan mereka dalam berpikir inovatif dan kreatif mendorong kemajuan bisnis yang mampu berkompetisi di tingkat global. 

    • Prospek Kerja Masa Depan Lulusan Business Creation

    jurusan di BINUS

    Lalu, dengan modal kemampuan sebagai sarjana bisnis kreatif dan inovatif, apa saja peluang kerja yang bisa kamu dapatkan kalau menjadi lulusan Business Creation BINUS UNIVERSITY? Ada berbagai pilihan karier yang dapat kamu peroleh, termasuk di antaranya adalah: 

    • 1. Entrepreneur

    Pilihan karier pertama yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih berkuliah jurusan di BINUS UNIVERSITY Businesss Creation adalah entrepreneur. Seorang entrepreneur atau wirausahawan bukan hanya orang yang mempunyai bisnis. Namun, entrepreneur berusaha memberikan perubahan nyata bagi masyarakat lewat bisnis yang dijalankannya. 

    Pilihan karier sebagai seorang entrepreneur selaras dengan tujuan dari pembentukan Jurusan  Business Creation BINUS UNIVERSITY. Terlebih lagi, lulusan jurusan ini telah memperoleh bekal kemampuan berpikir inovatif dan kreatif dalam menjalankan bisnis. Di waktu bersamaan, alumni Business Creation juga punya pertimbangan matang dalam melakukan penilaian risiko atas keputusan yang diambilnya. 

    • 2. Intrapreneur

    Selanjutnya, kamu juga bisa menjadi seorang intrapreneur. Berbeda dengan entrepreneur, intrapreneur berstatus sebagai karyawan. Pilihan menjadi intrapreneur bisa kamu jalankan kalau tidak mempunyai modal yang cukup dalam membangun bisnis. Kamu pun dapat memanfaatkan kemampuan yang dimiliki untuk pengembangan bisnis perusahaan. 

    Keberadaan seorang intrapreneur bisa memberi manfaat yang besar bagi perusahaan. Intrapreneur punya kemampuan kepemimpinan yang bagus sehingga cocok ditempatkan sebagai team leader. Selain itu, kamu juga tidak akan mengalami kesulitan ketika harus bekerja sama dengan orang lain. 

    • 3. Business development

    Jabatan sebagai business development atau busdev memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Banyak orang beranggapan kalau busdev tak ubahnya sales. Padahal, seorang busdev punya tanggung jawab lebih dari sales. Kamu perlu memastikan bahwa bisnis perusahaan tetap bernilai positif dalam jangka panjang. 

    Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu harus menjaga relasi yang positif tidak hanya dengan pelanggan, tetapi juga dengan pasar dan relasi bisnis. Selanjutnya, kamu punya tanggung jawab untuk mengetahui perkembangan pasar dan menilai potensi peluang pengembangan bisnis perusahaan. 

    • 4. Business planner

    Opsi karier yang tak kalah menjanjikan selanjutnya ketika kamu jurusan di BINUS UNIVERSITY Business Creation adalah sebagai business planner. Seorang business planner punya tanggung jawab dalam merancang rencana bisnis yang matang. Kamu perlu memastikan bahwa bisnis yang tengah dijalankan punya tujuan jelas dalam jangka pendek dan panjang. 

    Business plan yang kamu rancang dapat membantu kelancaran bisnis perusahaan di masa depan. Di situ, kamu dapat mencantumkan berbagai aspek penting meliputi perkiraan pendapatan dan pengeluaran usaha, rencana pendanaan, penentuan segmen pasar, serta analisis risiko yang kemungkinan dihadapi perusahaan. 

    • 5. Business consultant

    Terakhir, kamu punya peluang besar untuk menjalani karier sebagai business consultant. Tanggung jawab utama dari seorang konsultan bisnis adalah memberi solusi atas setiap permasalahan dari klien. Tak hanya itu, business consultant juga dapat membantu pengusaha yang ingin memperoleh konsultasi terkait perencanaan serta pengembangan bisnis. 

    Nah, itulah pilihan karier yang bisa kamu jalani ketika berkuliah jurusan di BINUS UNIVERSITY Business Creation. Sudah tidak ragu lagi dengan pilihan program studi ini, kan?