BINUS UNIVERSITY

    Program Internship Mahasiswa Menambah Pengalaman Evelyn

    Program magang atau internship khusus mahasiswa bukan sesuatu yang baru, tetapi BINUS UNIVERSITY menawarkan sesuatu yang berbeda. Program magang ini merupakan bagian dari Enrichment Program atau (2 + 1) + 1, sesuatu yang memberi mahasiswa pengalaman dan kompetensi tambahan agar siap menghadapi dunia kerja.

    Kisah Evelyn Natasya Jojo, mahasiswa program studi Akuntansi yang magang di KPMG Indonesia, adalah salah satu bukti kesuksesan BINUS UNIVERSITY terkait program magang. Berikut cerita pengalaman Evelyn dan alasan program magang BINUS UNIVERSITY wajib menjadi pertimbangan.

    Program Magang dan Pengalaman di Industri

    Internship

    Evelyn mengikuti program internship selama empat bulan di divisi Assurance, sesuai dengan minat jurusannya, yaitu Audit. Sesuai dengan visi dan misi BINUS UNIVERSITY, Evelyn mendapat beragam pengalaman baru selama magang di KPMG Indonesia, tetapi disesuaikan dengan pelajaran yang diterima di kampus.

    Pengalaman magang Evelyn mirip dengan situasi kerja pada umumnya. Setelah mengirim lamaran, Evelyn melalui beberapa tahap seperti psikotes dan wawancara sebelum akhirnya diterima. Sebagai mahasiswa prodi Akuntansi dengan minat terhadap Audit, Evelyn banyak mengerjakan tugas yang berkaitan dengan kegiatan audit, misalnya verifikasi transaksi dan cross-footing.

    Manfaat Internship bagi Mahasiswa

    Apa saja manfaat internship yang bisa diperoleh mahasiswa BINUS UNIVERSITY? Berdasarkan pengalaman Evelyn, inilah hal-hal yang diperolehnya:

    • Langsung Terjun ke Dunia Kerja

    Program magang mengizinkan Evelyn mencicipi dunia kerja bahkan sebelum dirinya lulus. Evelyn sempat kewalahan ketika mulai bekerja karena ada banyak hal terkait tugas lapangan yang belum dia pahami. Rajin bertanya pada rekan dan senior serta mempelajari materi pekerjaan membuatnya lebih siap dalam menghadapi tugas.

    Hal ini merupakan keuntungan bagi mahasiswa yang ikut program magang. Selain ilmu dari kelas, kamu juga akan mendapat pengetahuan dan keahlian praktis langsung dari lingkungan kerja seperti Evelyn. Keuntungan lain: semua ini bisa diperoleh sebelum lulus dan benar-benar memasuki lingkungan kerja.

    • Melatih Soft Skills

    Soft skills sama pentingnya dengan keahlian teknis di lingkungan kerja. Selama mengikuti internship, kamu bisa melatih soft skills seperti komunikasi profesional, tanggung jawab, komitmen terhadap tugas, inisiatif, dan manajemen waktu.

    • Belajar Menghadapi Klien

    Tergantung jenis magangnya, kamu mungkin akan berhadapan dengan klien tempatmu bekerja. Hal ini bisa lumayan membuat gugup, terutama jika kamu langsung masuk ke lingkungan kerja segera setelah lulus. Evelyn mendapat pengalaman serupa ketika magang, yaitu ketika dia menghadapi klien yang merupakan pemilik gudang atau pabrik untuk melakukan inventori.

    Berkomunikasi dengan klien merupakan hal penting karena karakteristik mereka berbeda. Kamu bisa mendapat pengalaman bertemu langsung dengan mereka sebelum lulus berkat program magang.

    • Menjalin Persahabatan dan Koneksi

    Koneksi dan persahabatan baru adalah bagian penting dari perjuangan lulusan BINUS UNIVERSITY dalam mencari pekerjaan. Selama magang, kamu bisa mendapat kenalan, sahabat, serta rekan kerja yang bermanfaat sebagai koneksi masa depan jika kamu berminat bekerja di bidang serupa.

    Program Selain Magang

    Bagaimana jika magang bukan minatmu? Ikuti saja program pengayaan lain dari (2 + 1) + 1. Selain magang, ada beberapa kegiatan seperti:

    • Penelitian

    Mahasiswa bisa mendapat pendampingan selama menyusun tema penelitian. Kamu juga berkesempatan mewujudkan cita-cita menjadi peneliti, tetapi dengan bantuan tenaga ahli.

    • Pengabdian Masyarakat

    Lewat BINUS UNIVERSITY, mahasiswa mendapat kesempatan melakukan kegiatan yang bersifat amal, misalnya lewat Teach for Indonesia.

    • Kuliah di Luar Negeri

    Bagaimana jika kamu bermimpi melihat negara lain? Program pengayaan memberimu kesempatan belajar di salah satu kampus asing yang bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY.

    • Membuka Bisnis

    Punya ide bisnis tetapi kesulitan mewujudkannya? Program pengayaan mempertemukan mahasiswa dengan para peneliti dan pemberi modal. Kamu bisa punya penghasilan bahkan sejak sebelum lulus.

    Program internship merupakan salah satu aktivitas yang menghadirkan banyak keuntungan. Pastikan kamu memperhitungkan segala hal sebelum mendaftar ikut program ini.