BINUS UNIVERSITY

    Enrichment Program: Buka Peluang Magang di Perusahaan Top untuk BINUSIAN

    BINUSIAN, kamu pasti familier dengan istilah program enrichment, bukan? Enrichment merupakan bagian dari program unggulan BINUS UNIVERSITY yaitu (2+1)+1. Selain menjalani kegiatan belajar mengajar di kelas, BINUSIAN diberikan kesempatan selama satu tahun dari masa perkuliahannya untuk mengikuti enrichment

    Melalui kegiatan ini BINUS UNIVERSITY ingin mengasah soft skill dan meningkatkan kualitas BINUSIAN supaya kelak bisa bersaing di dunia kerja secara global. Uniknya, program enrichment terbagi menjadi 5 kategori seperti penelitian, pengabdian masyarakat, merintis bisnis/start-up dari nol, studi ke luar negeri, dan magang di perusahaan. 

    Dari kelima program tersebut mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih salah satu kategori yang menurut mereka bisa menunjang kariernya di masa depan. Cerita datang dari mahasiswi bernama Felia Angela jurusan manajemen yang memilih magang di PT. Dhanistha Surya Nusantara.  

    Sebelum menyimak bagaimana pengalaman Felia selama magang, cari tahu manfaat bekerja magang di bawah ini. Siapa tahu ulasan berikut bisa menjadi pertimbanganmu sebelum menentukan program enrichment mana yang akan kamu ambil. 

    Alasan Mengapa Magang Itu Penting untuk Mahasiswa

    Enrichment

    Terlepas dari kewajiban untuk melengkapi nilai perkuliahan, ternyata kerja praktik di perusahaan punya sejumlah manfaat yang bisa menunjang keterampilan mahasiswa itu sendiri, lho. Buat yang belum tahu, berikut 3 alasan mengapa magang itu penting bagi mahasiswa. 

    • Mencari Gambaran di Dunia Kerja Sesungguhnya

    Bagi mereka yang telah terjun ke dunia kerja lebih dulu pasti tahu bahwa kondisi di lingkungan kerja sangat berbeda dengan masa-masa perkuliahan. Bagi para mahasiswa, magang bisa menjadi media pengenalan agar lebih cepat beradaptasi di dunia kerja nantinya. 

    • Bertemu dengan Orang-Orang yang Ahli di Bidangnya

    Saat magang peluang bekerja dengan orang-orang yang ahli di bidangnya akan terbuka lebar. Oleh karena itu, jangan ragu menggunakan kesempatan ini demi mencari ilmu sebanyak mungkin. 

    Meski terkadang penempatan kerja tak sesuai dengan program kuliah yang kamu ambil, tetapi siapa tahu ilmu tersebut bisa menjadi bekal dalam membangun karier di masa depan. 

    • Menjalin Relasi

    Menjalin relasi dengan profesional merupakan alasan terakhir mengapa mahasiswa perlu bekerja magang sebelum lulus. Ingat, memiliki referensi kerja bisa menjadi keuntungan tersendiri untukmu. 

    Bila hubunganmu dengan rekan kerja terjalin baik, tak ada salahnya meminta mereka untuk mendapatkan referensi kerja. Tentunya permintaan tersebut harus dilakukan secara sopan, ya. 

    Keuntungan kedua dari menambah kenalan adalah kamu bisa mendapatkan update informasi lowongan kerja lebih cepat.  

    Pengalaman BINUSIAN Magang di PT Dhanistha Surya Nusantara

    Enrichment

    Itulah 3 keuntungan magang bagi para mahasiswa. Sekarang, cari tahu bagaimana pengalaman Felia magang di PT Dhanistha Surya Nusantara, yuk!

    Terhitung sejak September 2019-Januari 2020, Felia menjadi karyawan magang admin audit PT Dhanistha Surya Nusantara. Selama 5 bulan bekerja di sana ada banyak ilmu baru yang ia dapat. Di antaranya adalah soft skill seperti team work, kemampuan komunikasi, dan pelatihan mental yang membuatnya lebih percaya diri ketika bertanya dan menyampaikan pendapat. 

    Bukan hanya itu, Felia juga belajar berbagai ilmu yang menunjang pekerjaannya selama magang, misalnya kegiatan yang berhubungan dengan administrasi seperti membuat dan mengoreksi laporan. 

    Satu hal yang tidak pernah ia lupakan selama magang adalah seluruh karyawan yang bekerja di divisi internal audit bersamanya adalah laki-laki. Hal tersebut jelas menjadi tantangan tersendiri baginya. Meski begitu, ia bersyukur pernah menjadi bagian dari pegawai magang di PT Dhanistha Surya Nusantara. 

    Bagaimana? Apakah cerita di atas memberimu inspirasi mengenai kegiatan magang? Jika menurutmu magang bukan program enrichment yang tepat untuk menunjang rencana masa depanmu, masih ada 4 kategori lain yang bisa kamu pilih yaitu penelitian, merintis usaha, pengabdian masyarakat, dan belajar ke luar negeri.