BINUS UNIVERSITY

    Computer Science, Jurusan Populer Milenial Masa Kini. Bagaimana Prospek Karier Lulusannya?

    Menata dan merencanakan masa depan dimulai dari pemilihan jurusan dan kampus. Agar mampu mengiringi perkembangan dunia saat ini, ilmu komputer (computer science) adalah pilihan jurusan paling tepat bagi kaum milenial. Kondisi inilah yang melatari tingginya minat pendaftar pada Program Studi Computer Science BINUS, salah satu program S1 di BINUS UNIVERSITY dengan akreditasi A dari BAN-PT.

    Tentang Program Studi Computer Science 

    Computer Science Binus

    Computer Science adalah sebuah program studi pada jenjang strata-1 yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer. Selama menempuh pendidikan, kamu akan diwajibkan mengikuti 146 SKS selama 8 semester. Beberapa contoh mata kuliah yang akan diambil, meliputi:

    1. Discrete Mathematics 
    2. Linear Algebra
    3. Algorithm and Programming
    4. Program Design Methods
    5. Entrepreneurship
    6. Data Structure
    7. Calculus
    8. Database System
    9. Computer Networks
    10. Multimedia System

    Bila mengulik kembali visi/misi pendirian program studi ini, jelas tergambar kalau BINUS UNIVERSITY merancang sebuah program untuk menciptakan generasi profesional yang berkualifikasi internasional dalam bidang ilmu komputer. 

    Secara detail, jurusan ilmu komputer di BINUS UNIVERSITY bertujuan untuk membekali peserta didiknya dengan pengetahuan dan keterampilan mengenai perangkat lunak, prinsip-prinsip algoritma, kode etik sebagai praktisi IT, jaringan internet, keamanan siber, perkembangan multimedia, dan keilmuan terkait perkembangan teknologi komputer lainnya. 

    Tidak hanya itu, kampus juga sangat mendorong mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuannya demi perkembangan kehidupan sosial masyarakat. Contohnya adalah peran aktif mahasiswa dalam komunitas-komunitas keilmuan, baik skala lokal maupun internasional. 

    Hasilnya? Computer Science BINUS UNIVERSITY berhasil menetaskan pakar komputer Indonesia berkualitas dunia, contohnya Tyovan Ari Widagdo (CEO www.bahaso.com), Andrian Kurniadi (bekerja di Google, Sydney), Eko Wibowo (bekerja di Facebook, US), Aileen Gusni (bekerja di Microsoft, Singapura), dan masih banyak lagi.

    Melihat nama-nama alumni di atas, kamu seharusnya tidak lagi meragukan prospek karier bagi lulusan ilmu komputer. Yakinlah! Dengan gelar Sarjana Komputer atau Bachelor in Computer Science dari BINUS UNIVERSITY, kamu pasti jadi BINUSIAN dengan karier cemerlang. 

    Prospek Karier Program Studi Computer Science

    Computer Science Binus

    Menjadi karyawan atau pekerja bukanlah target utama setelah lulus. Oleh karena itu, BINUS UNIVERSITY membekali mahasiswanya dengan mata kuliah kewirausahaan (entrepreneurship). Maka, tidak mengherankan jika kamu akan menemukan alumni yang berprofesi sebagai CEO sebuah perusahaan. 

    Namun, bekerja sebagai karyawan dari sebuah perusahaan besar juga bisa menjadi tantangan tersendiri bagi kamu. Beberapa perusahaan besar, seperti Google, Facebook, Microsoft, Tokopedia, Lifepal, dan sebagainya, siap menerima kamu untuk berkembang bersama. Lalu, prospek apa yang kira-kira terbuka untukmu dengan kuliah di jurusan ini?

    • Software Engineer/Developer

    Merancang, mengembangkan, menganalisis, memodifikasi, dan mengawasi perangkat lunak adalah tugas utama dari profesi ini. Penghasilan seorang software engineer/developer pun cukup menggiurkan, yakni jutaan hingga puluhan juta. Sebab itu, tidak sedikit lulusan yang berakhir menggeluti profesi ini.

    • System Analyst/Developer

    Fokus profesi ini adalah penelitian, perencanaan, pengoordinasian, dan pemilihan sistem sekaligus perangkat lunak untuk pemanfaatan dalam sebuah institusi. Jadi, sebelum sebuah sistem atau perangkat lunak dikembangkan oleh engineer/developer, tim analyst harus memiliki hasil analisa kelayakan sistem terlebih dahulu. Penghasilan profesi ini rata-rata di angka 5-15 juta rupiah.

    • Web Engineer/Developer

    Dari namanya, kamu pasti sudah tahu bahwa profesi ini berhubungan dengan website. Kamu akan bertugas untuk merancang, membuat, dan memelihara website. Siap menjadi web engineer/developer? Kamu bisa menghasilkan setidaknya 5-8 juta per bulan.

    • Computer Network Specialist

    Tugasnya adalah mendesain, menciptakan, dan merawat jaringan komputer. Dengan kata lain, kamu wajib menjaga stabilitas jaringan pengguna dalam perusahaan agar pemanfaatannya berjalan lancar. Dalam waktu setahun, kamu sudah bisa menghasilkan setidaknya 48 hingga 60 juta rupiah.

    • Database Specialist

    Dunia sudah berubah digital, termasuk juga semua data dan informasi penting perusahaan. Itulah alasan dibutuhkannya seorang database specialist. Pekerjaan ini akan memastikan alur dan keamanan data terlindungi dengan baik. 

    • Artificial Intelligence Specialist

    Artificial Intelligence Specialist adalah salah satu profesi termahal saat ini. Kamu bisa menghasilkan hingga lebih dari ratusan juta per tahun jika menggeluti dunia AI Specialist. Otomatisasi mesin dengan pengetahuan artificial intelligence adalah tanggung jawab profesi ini.

    • IT Support/Consultant

    Memberikan solusi/bantuan atas kesulitan penggunaan komputer dan jaringan adalah salah satu contoh dari tugas seorang IT Support/Consultant. Besaran upah yang diterima profesi ini adalah sekitar 6 hingga 8 juta per bulan. 

    Jadi, sudah paham mengenai apa saja lahan pekerjaan bagi seorang lulusan Computer Science BINUS UNIVERSITY?