BINUS UNIVERSITY

    Cara Inovatif BINUS Ciptakan Alumni Berdaya Saing Tinggi Lewat Program Enrichment, Mau Tahu?

    Kesempatan memperoleh pekerjaan bergaji tinggi kerap jadi motivasi utama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Hanya saja, kenyataannya tidak seperti itu. Banyak sarjana yang kesulitan mencari kerja dan jadi pengangguran. Mengaca pada fenomena tersebut, BINA NUSANTARA UNIVERSITAS menghadirkan program inovatif bernama Enrichment sebagai upaya menghasilkan lulusan perguruan tinggi berkualitas. 

    Program Enrichment menjadi pembekalan yang bisa didapatkan oleh para mahasiswa agar mereka punya kesiapan tinggi dalam memasuki dunia kerja. Selain itu, mereka dapat menggunakan keahlian yang dimiliki untuk bisa bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain. Ditambah lagi, BINUS UNIVERSITY memberi dukungan besar bagi para mahasiswa untuk menjadi entrepreneur dan menyediakan lapangan kerja bagi anak muda Indonesia lain. 

    Enrichment merupakan salah satu kebijakan yang termasuk dalam Program 2+1+1. Dalam Program Enrichment, para mahasiswa bisa memilih untuk mengikuti satu dari enam pilihan aktivitas, yaitu: 

    BINA NUSANTARA UNIVERSITAS

    • 1. Internship

    Pilihan aktivitas pertama yang bisa dipilih oleh BINUSIAN dalam Program Enrichment adalah internship atau magang. Sekilas, kegiatan ini terlihat biasa-biasa saja dan tak jauh berbeda dengan perguruan tinggi lain. Namun, para mahasiswa BINA NUSANTARA UNIVERSITAS punya pilihan tempat magang yang jauh lebih banyak. 

    Opsi pertama, mahasiswa dapat memilih program magang reguler. Dalam pilihan ini, kamu dapat menghabiskan waktu selama satu tahun di perusahaan atau startup dalam negeri. Selama durasi magang, kamu akan memperoleh deskripsi pekerjaan yang jelas, dan bebannya setara dengan 32 SKS. 

    Pilihan berikutnya, kamu bisa mempertimbangkan untuk ikut program international internship. Pada kesempatan ini, kamu punya peluang untuk magang di perusahaan luar negeri. Ada banyak pilihan perusahaan yang siap menerima mahasiswa BINUS UNIVERSITY, termasuk di antaranya adalah perusahaan di India, Malaysia, atau Tiongkok. 

    Tak hanya itu, program international internship memberi kebebasan kepada para mahasiswa dalam memilih perusahaan tempat magang. Kalau mau, kamu bisa pula mengajukan diri untuk bisa magang ke perusahaan terkemuka, seperti Google, Microsoft, Apple, dan lain sebagainya. Selain itu, durasi magang juga relatif lebih bebas dibandingkan magang reguler.

    Kesempatan magang, baik reguler atau internasional, memberi banyak pengalaman seru dan berharga bagi para mahasiswa. Kamu tidak hanya bisa memperluas jaringan dan menambah pengalaman. Namun, aktivitas magang juga jadi peluang agar kamu bisa mengikuti proses perekrutan karyawan, apalagi kalau kamu menunjukkan performa tinggi selama magang.

    • 2. Entrepreneurship

    Berikutnya, terdapat pilihan kegiatan entrepreneurship atau perintisan usaha. Aktivitas ini bertujuan untuk mendorong kemunculan alumni BINUS UNIVERSITY yang tumbuh dan berkembang jadi entrepreneur ternama. Hal ini tak mengherankan karena BINUS telah terbukti mampu meluluskan banyak entrepreneur yang memiliki bisnis besar di Indonesia. 

    Dalam aktivitas entrepreneurship, setiap mahasiswa akan mendapatkan dukungan dalam mendirikan bisnis atau startup. BINUS UNIVERSITY menyediakan trainer berpengalaman yang siap membantu para mahasiswa dalam mematangkan ide bisnisnya. Dengan bekal pengalaman yang mereka miliki, para trainer dapat memberi masukan konsep bisnis yang bisa dipraktikkan dengan mudah oleh para mahasiswa. 

    Seperti halnya pilihan aktivitas lain dalam Program Enrichment, mahasiswa yang memilih kegiatan entrepreneurship juga perlu menjalani proses seleksi. Setelah lulus seleksi, mahasiswa dapat mulai membangun bisnis, membuat prototye, ataupun melakukan benchmarking dan market testing. Tak menutup kemungkinan, bisnis dari kegiatan ini bisa mereka teruskan hingga jadi perusahaan besar.

    • 3. Research

    Pilihan kegiatan yang ketiga dalam Program Enrichment adalah research atau penelitian. Banyak mahasiswa BINA NUSANTARA UNIVERSITAS yang memilih kegiatan penelitian memperoleh manfaat besar. 

    Kesempatan melakukan penelitian dapat menjadi langkah persiapan sebelum memulai skripsi. Mahasiswa dapat memahami metode dalam melaksanakan penelitian dan memperoleh gambaran tentang research yang bakal dilakukan untuk keperluan skripsi. Dalam praktiknya, setiap mahasiswa yang ikut kegiatan penelitian akan memperoleh pelatihan dari Research Technological Transfer Office (RTT). 

    Sebagai tambahan, aktivitas research menjadi momen berharga bagi para mahasiswa yang ingin namanya dikenal luas oleh publik, baik dalam skala nasional atau internasional. Setiap mahasiswa yang memilih program penelitian berkesempatan untuk melakukan publikasi jurnal secara internasional atau regional. 

    • 4. Community Development

    BINA NUSANTARA UNIVERSITAS tidak hanya membangun mahasiswa menjadi pribadi yang siap kerja. Namun, BINUS UNIVERSITY juga mendorong agar mahasiswa punya kepedulian sosial yang tinggi. Hal itu diwujudkan lewat pilihan aktivitas community development atau pengabdian masyarakat dalam Program Enrichment

    Dalam aktivitas ini, BINUSIAN dapat melakukan berbagai aksi sosial bersama dengan Teach for Indonesia. Pilihan kegiatan sosial yang bisa kamu lakukan selama mengikuti program ini sangat bervarisi, termasuk di antaranya adalah bimbingan belajar, pengumpulan bantuan donasi, pelatihan, dan lain sebagainya. 

    Melalui kegiatan community development, ada banyak pengalaman berharga yang bisa didapatkan oleh para mahasiswa. Dalam aktivitas ini, mereka dapat mengetahui secara langsung kondisi masyarakat di sekitar. Selain itu, mereka dapat mengaplikasikan kemampuan yang dimiliki untuk memberi solusi atas permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat.

    • 5. Study Abroad

    Dalam upaya menghasilkan mahasiswa yang punya daya saing tinggi, tak hanya di lingkup nasional tetapi juga internasional, BINUS UNIVERSITY memiliki pilihan kegiatan berupa study abroad dalam Program Enrichment. Sesuai namanya, kegiatan ini menjadi pilihan bagi mahasiswa BINUS yang ingin memperoleh pengalaman belajar maksimal selama dua semester di luar negeri. 

    Study abroad dalam Program Enrichment dijalankan dengan mengirimkan mahasiswa sebagai bagian dari pertukaran pelajar. Untuk mengikuti kegiatan ini, kamu terlebih dahulu harus memenuhi syarat nilai yang telah ditetapkan. BINUS UNIVERSITY pun membantu para mahasiswa dengan menyediakan layanan konsultasi. 

    Kegiatan study abroad memberikan banyak manfaat bagi para mahasiswa. Kesempatan ini membuat kamu bisa belajar dan sekaligus berlatih bahasa asing dengan lebih cepat. Selain itu, kamu dapat pula menjadikannya sebagai peluang untuk belajar budaya baru dan membangun jaringan luas di luar negeri. 

    • 6. Further Study

    Terakhir, kamu punya pertimbangan memilih aktivitas further study. Pilihan kegiatan ini dapat jadi persiapan penting untuk para mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah S2, khususnya S2 luar negeri. Di sini, kamu akan memperoleh pembekalan tentang prosedur pendaftaran, cara memperoleh rekomendasi, serta sistem pembelajaran yang berlaku di luar negeri.

    Itulah enam pilihan kegiatan bermanfaat yang menjadi bagian dari Program Enrichment BINUS UNIVERSITY. Opsi aktivitas tersebut dapat menjadi bekal para mahasiswa setelah lulus kuliah. Melalui pembekalan tersebut, para mahasiswa tidak akan mengalami kebingungan dalam memutuskan kariernya di masa depan. 

    Pilihan kegiatan dalam Program Enrichment seru dan beda dengan perguruan tinggi lain, kan? Kamu bisa pula menjadi salah satu BINUSIAN yang ikut serta dalam program ini. Kalau penasaran, kamu bisa mengetahui lebih lanjut informasi tentang BINA NUSANTARA UNIVERSITAS lewat BINUS Education Virtual Expo (BEVE) 2021

    Acara ini terbuka bagi siapa saja dan gratis. Kamu bisa melakukan pendaftaran melalui tautan berikut. Buruan, ya!