BINUS UNIVERSITY

    5 Peluang Karier yang Pas untuk Mahasiswa Hubungan Internasional

    Hubungan Internasional atau HI merupakan salah satu jurusan yang cukup populer di kalangan calon mahasiswa. Faktor yang menjadi daya tarik dari kuliah hubungan internasional adalah punya peluang untuk berkarier di luar negeri. Secara umum, jurusan HI akan memberikanmu pengetahuan mengenai upaya suatu negara dalam melakukan interaksi secara global. 

    Bila melihat ke belakang, disiplin ilmu HI pertama kali muncul setelah Perang Dunia I dan merupakan bagian dari departemen ilmu politik. Saat itu HI banyak membahas terkait penyebab perang serta perdamaian di ranah politik internasional. 

    Bagaimana dengan prospek kerja lulusan HI? Cek ulasan berikut, yuk!

    • Jurnalis

    Pengetahuan

    Sebagai lulusan HI kamu pasti dilatih untuk pandai menganalisa dan berpikir kritis terhadap suatu isu serta memiliki pengetahuan terkait perkembangan dunia terkini. Nah, dari kemampuan tersebut kamu bisa berkarier sebagai seorang jurnalis baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

    Jika mahir dalam menjalankan tugas, kamu bisa merangkak naik ke posisi asisten produser, produser, produser eksekutif, sampai berpeluang menjadi wakil pimpinan redaksi. 

    • Diplomat

    Pengetahuan

    Ini dia karier yang banyak diminati oleh lulusan HI. Secara garis besar, tugas seorang diplomat adalah berfungsi sebagai wajah resmi dari negara yang diwakilinya. Salah satu tugasnya adalah menjadi juru bicara dalam pertemuan resmi. Bukan hanya itu, diplomat kerap menjadi ujung tombak dalam menjalin hubungan bilateral dan melakukan negosiasi demi memperoleh hasil terbaik yang sesuai dengan prioritas negaranya. 

    Berdasarkan deskripsi kerja di atas, bagi lulusan HI yang ingin menjadi diplomat harus menguasai sejumlah kriteria seperti mahir berbahasa asing, memiliki kemampuan menulis yang baik, kemampuan menganalisa, mampu berbicara di depan publik, dan mampu berinteraksi dengan orang lain. 

    • Negosiator

    Pengetahuan

    Peluang karier untuk lulusan HI selanjutnya adalah negosiator. Mirip dengan diplomat, seorang negosiator bertugas mewakili kepentingan lembaga/perusahaan tempat ia bekerja. Secara lengkap, negosiator bertanggung jawab  melakukan proses tawar menawar untuk mencapai kesepakatan bersama. Untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan, seorang negosiator perlu memutar otak guna mencari usulan-usulan yang dapat diterima bersama. 

    Bila perusahaannya terjadi konflik, negosiator bertugas melakukan perundingan dengan pihak yang bersengketa supaya masalah tersebut bisa diselesaikan secara damai. 

    Tertarik menjadi negosiator? Kalau begitu kamu harus membekali diri dengan sifat tidak mudah menyerah, punya kemampuan komunikasi yang baik, berwawasan tinggi, kreatif, dan sikap positif.

    • Dosen

    Pengetahuan

    Buat kamu yang punya passion dalam dunia pendidikan, setelah lulus kuliah kamu bisa bekerja sebagai dosen Hubungan Internasional. Untuk meraih impianmu, ada beberapa tips yang harus dilakukan, di antaranya adalah belajarlah dengan giat selama masa kuliah, biasakan diri mengajar dengan menjadi asisten dosen, menambah pengetahuan dengan melanjutkan pendidikan ke S2, dan paling tidak memiliki satu jurnal. 

    • Konsultan Internasional 

    Pengetahuan

    Rekomendasi kerja yang terakhir bagi lulusan HI adalah konsultan internasional. Tugas seorang konsultan internasional adalah memberikan informasi kepada klien terkait prospek kegiatan perusahaan tersebut di pasar internasional. Untuk menjadi seorang konsultan internasional, kamu perlu menambah pengetahuan tentang dunia bisnis dan perdagangan sekaligus cakap dalam hal komunikasi. 

     

    Itulah 5 prospek karier untuk lulusan hubungan internasional. Dari penjelasan di atas, apa kamu semakin tertarik mengambil jurusan HI? Kalau iya, kamu bisa mengambil program studi ini di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia yaitu BINUS UNIVERSITY. 

    Selama menjadi bagian dari jurusan HI di BINUS UNIVERSITY, kamu akan banyak belajar hal baru. Di semester satu mahasiswa akan mendapat materi pengenalan terkait hubungan internasional serta mata kuliah bahasa inggris. Menariknya, selain belajar Bahasa Inggris, ada juga pelajaran bahasa asing lainnya seperti Mandarin, Jepang, Arab, Prancis, sampai Spanyol. Wah menarik ya!

    Di semester selanjutnya kamu akan mendapatkan materi lanjutan mengenai korporasi multinasional, diplomasi bisnis dan perdagangan, media, dan studi keamanan. Di semester 6 dan 7, mahasiswa akan mendapatkan enrichment program yang memungkinkan mahasiswa melakukan magang sebagai bekal untuk merintis karier di masa depan.