BINUS UNIVERSITY

    Pandemi Haruskan Mahasiswa Kuliah Online, Begini 7 Tips Fokus Saat Belajar

    Selama pandemi Covid-19 seluruh kegiatan belajar mengajar BINUS UNIVERSITY Bekasi digelar secara online. Tujuannya adalah mengurangi kontak antar individu dan menghindari kerumunan massa yang menjadi salah satu penyebab penularan Covid-19 meningkat. 

    Dari sudut pandang mahasiswa, belajar di rumah kerap menjadi tantangan tersendiri, sebab ada banyak sekali godaan yang bisa membuat proses belajar jadi tidak fokus. Belum lagi belajar di rumah bisa meningkatkan rasa bosan dan malas. 

    Untuk mengatasi masalah berikut, berikut 7 tips yang bisa membantu mahasiswa tetap fokus saat kuliah online. 

    Mahasiswa

    • Cari Ruangan Sepi

    Sebuah penelitian menyebutkan bahwa suara bising mampu memicu tubuh melepaskan hormon kortisol. Dalam kondisi ini hormon akan membantu tubuh kembali stabil setelah mengalami hal buruk. 

    Efek sampingnya adalah hormon kortisol yang tersisa bisa mengganggu bagian otak bernama prefrontal cortex. Gangguan pada prefrontal cortex inilah yang membuat seseorang sulit menerima informasi dan berpikir jernih. Jadi, disarankan untuk mencari ruangan sepi sebelum kuliah online digelar.

    • Jangan Biarkan Perut Kosong

    Tips kedua adalah jangan biarkan perut kosong ketika belajar. Pasalnya, bunyi yang timbul akibat perut kosong bisa menjadi gangguan dan membuatmu susah fokus. Meski begitu bukan berarti kamu harus makan sampai perut terasa kenyang. Alih-alih menambah fokus, kondisi terlalu kenyang membuat tubuh cepat mengantuk.

    • Hindari Segala Gangguan

    Selain suara berisik, kamu juga perlu menghindari gangguan lainnya. Penggunaan handphone misalnya. Biasanya ketika bosan belajar, seseorang akan mencari hiburan dengan mengakses media sosial sampai lupa waktu. Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, yang perlu dilakukan adalah menjauhkan ponsel dari jangkauan. Bahkan kalau perlu kamu bisa menonaktifkannya.

    Gangguan lain yang harus dihindari adalah orang lain yang berusaha mengajakmu bicara. Kalau perlu berikan tanda “Jangan Ganggu” di depan pintu agar tidak ada yang mengganggumu.

    • Cari Waktu yang Tepat

    Di luar jadwal kuliah online, mahasiswa juga perlu waktu tambahan untuk mengulas kembali pelajaran yang telah diterima. Saat belajar mandiri, pilihlah waktu yang tepat agar materi bisa diserap secara sempurna oleh otak. Secara umum, orang-orang di dunia dibedakan menjadi dua kubu, yaitu morning person dan night owl. 

    Sesuai namanya, morning person lebih nyaman dan mudah fokus saat belajar di pagi hari. Sebaliknya, mahasiswa dengan julukan night owl akan lebih berkonsentrasi ketika belajar di malam hari. 

    • Beri Jeda Waktu Istirahat

    Ada kalanya kamu perlu memberi jeda untuk istirahat di tengah-tengah kegiatan belajar. Salah satu manfaatnya adalah menghindari perasaan jenuh yang bisa mengganggu konsentrasi. Menurut teknik Pomodoro, belajar bisa dilakukan selama 25 menit dan 5 menit untuk istirahat. Lakukan pengulangan sebanyak 4 kali untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. 

    • Susun Materi yang akan Dipelajari

    Banyaknya materi yang dipelajari dalam satu waktu bisa menghancurkan fokus seseorang. Untuk itu, buatlah daftar materi yang akan dipelajari. Satu lagi, buat daftarnya jangan terlalu panjang, ya. Semakin simpel, makin besar peluangmu untuk lebih fokus belajar. 

    • Berlatih Meditasi

    Tips terakhir adalah melakukan meditasi sebelum kuliah online digelar agar tubuh terasa lebih relaks dan santai. Buat pemula, ada beberapa cara meditasi yang bisa dipraktikkan. Pertama cari alas dudukan dan pasang timer. Posisikan tubuh duduk secara nyaman sebelum mulai meditasi. 

    Selama meditasi rasakan setiap napas yang keluar masuk melalui hidung sambil mengucapkan kata-kata positif dalam hati guna membangkitkan semangat. Lakukan cara ini secara berulang selama durasi waktu yang telah ditetapkan. Sederhana bukan?

    Itulah 7 tips fokus belajar untuk mahasiswa yang melakukan kuliah secara online. Bicara mengenai kuliah online, BINUS UNIVERSITY Bekasi punya program online S1 untuk jurusan Business Management, Teknik Industri, Sistem Informasi, Akuntansi, dan Computer Science. Di tengah pandemi yang mengharuskan masyarakat tetap menjaga jarak, program tersebut bisa menjadi pilihan paling ideal untuk mahasiswa baru.