BINUS UNIVERSITY

    Hindari Stres saat Belajar di Rumah Saja, Begini Caranya

    Salah satu dampak paling signifikan dari pandemi virus corona yang tidak kunjung usai adalah melakukan segala aktivitas di rumah saja, baik itu bekerja, belajar, dan beribadah. Kondisi ini mungkin terasa menyenangkan mulanya, tetapi setelah hampir satu tahun berjibaku dengan aktivitas ini dengan mengurangi kegiatan di luar rumah, muncul dampak lain yang turut menyita perhatian, yaitu meningkatnya stres dan kejenuhan.

    Tidak hanya pada orang dewasa, stres dan jenuh ini pun dirasakan oleh anak-anak, mungkin kamu juga salah satu yang merasakannya. Pasalnya, kamu yang terbiasa melakukan aktivitas di luar rumah untuk menimba ilmu dan pendidikan atau sekadar berkumpul bersama teman, kini harus melakukan aktivitas tersebut di rumah saja, bahkan menghindari berkumpul. Lama-kelamaan, sudah pasti kamu akan stres dan merasa jenuh.

    Sayangnya, masih belum ada titik terang kapan pandemi ini akan segera berakhir. Bahkan, angka penularan virus yang semakin tinggi setiap hari membuat diri lebih cemas dan takut. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar belajar di rumah tidak membosankan dan tetap menyenangkan. 

    • Belajar Mengelola Stres

    Pendidikan

    Stres selama pandemi yang mengharuskan kamu di rumah saja memang tidak bisa dihindari. Namun, kamu bisa belajar untuk mengelola dan mengendalikannya. Caranya sangat banyak, kok, kamu bisa mulai untuk membiasakan pola hidup yang sehat dan mencoba rutinitas baru untuk mengisi waktu.

    Olahraga di rumah, belajar meditasi atau yoga, atau memasak bisa kamu coba. Bahkan, kamu bisa belajar ilmu baru yang justru bisa menambah uang saku. Jangan lupa untuk menghindari begadang dan cukup beristirahat, ya!

    • Buat Jadwal Belajar

    Setiap hal baru membutuhkan penyesuaian, tak terkecuali dengan cara belajar secara daring. Terkadang, proses adaptasi ini juga memicu stres, lho. Jadi, untuk mengatasinya, kamu bisa membuat jadwal belajar sederhana, bisa menggunakan papan jadwal atau kertas biasa dan ditempel di dinding kamarmu. Jadwal belajar ini tidak hanya waktu kamu mengikuti kelas online, tetapi juga kapan kamu harus mengerjakan tugas kuliah. 

    • Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

    Belajar di rumah saja dengan suasana yang begitu saja lama-kelamaan akan terasa monoton dan membuat kamu merasa lebih jenuh, malas, serta bosan. Coba ciptakan suasana belajar yang nyaman sesuai dengan keinginanmu, awali saja dengan posisi belajar. 

    Jika belajar sambil duduk di kursi terasa sangat menjemukan, cobalah untuk berbaring di kasur atau berpindah tempat di ruang tamu. Kamu juga bisa mendekor ulang kamarmu untuk menciptakan suasana baru yang lebih nyaman, baik untuk beristirahat maupun belajar.  

    • Coba Cara Belajar yang Baru

    Sebenarnya, penerapan pendidikan secara online selama pandemi ini ada juga nilai positifnya. Kamu bisa lebih leluasa atau fleksibel dalam mengatur waktu belajar, begitu pula dengan cara belajar. Sekarang, kamu tidak hanya duduk saja di kelas mendengarkan dosen memaparkan materi, kamu bisa belajar sambil mendengarkan musik atau belajar melalui media online lain, misalnya YouTube.

    • Jangan Lupa Jalani Hobi

    Cara terbaik untuk mengatasi rasa jenuh adalah menjalani hobi. Jadi, sempatkan waktu untuk melakukannya, ya. Dijamin, hobi bisa menjadi obat stres paling mujarab. Jika kamu mulai lelah belajar, mulailah lakukan aktivitas yang kamu sukai. Mungkin dengan olahraga, mengutak-atik mesin, membaca, atau sekadar bermain gim di ponsel. Nantinya, kamu bisa kembali belajar dengan pikiran yang lebih segar. 

    Meski sedang berjibaku dengan pandemi, pendidikan tetap harus menjadi yang utama dan tidak boleh kamu abaikan. Oleh karena itu, carilah kampus yang bisa menunjang semua kebutuhan akademik dan non-akademikmu. BINUS UNIVERSITY menjadi salah satu pilihan kampus swasta terbaik yang bisa kamu pilih. 

    Tidak hanya mendukung pendidikan akademik melalui pilihan jurusan dan kurikulum yang berkualitas, BINUS UNIVERSITY juga mendukung kebutuhan non-akademik para mahasiswa dengan berbagai kegiatan di luar pembelajaran kelas yang sangat beragam. Pasalnya, tidak hanya ilmu akademik, setiap mahasiswa di BINUS UNIVERSITY harus punya skill yang mumpuni agar bisa bersaing di bursa kerja nantinya.