BINUS UNIVERSITY

    5 Aplikasi Meeting Online yang Bisa Digunakan Untuk Kerja Kelompok

    Seiring merebaknya virus Covid-19 di seluruh dunia, anjuran pemerintah untuk belajar di rumah pun rutin dikampanyekan. Meski harus menjaga jarak sosial, akan tetapi kondisi ini tak serta merta membuat pembelajaran di kampus BINUS UNIVERSITY Bekasi jadi terhenti. 

    Berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, platform video conference dapat dimanfaatkan untuk menghadiri kelas online. Jika ada tugas kelompok, kamu juga bisa menggunakan layanan video conference untuk berdiskusi dengan anggota lainnya. 

    Bicara mengenai platform video conference sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa dipakai. Biar tidak bingung, cek 5 rekomendasi aplikasi meeting online terpopuler berikut ini. 

    • Zoom

    Pembelajaran

    Nama Zoom menjadi populer setelah aturan work from home dan study at home mulai diterapkan seiring munculnya wabah Covid-19. Selain melakukan video conference, Zoom juga menghadirkan fitur pendukung seperti live chat, audio conference, record meeting, dan webinar. 

    Terdapat dua opsi untuk menikmati layanan Zoom, yaitu gratis atau berbayar. Untuk pilihan gratis, peserta meeting akan dibatasi sebanyak 100 orang dengan durasi pertemuan 40 menit saja. 

    Apabila waktu penyelenggaraan dan peserta yang hadir lebih dari ketentuan di atas, silakan menggunakan layanan berbayar mulai dari USD 14,99- USD 19,99 per bulan per meeting host. 

    • Google Meet

    Pembelajaran

    Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk mendukung pembelajaran adalah Google Meet. Dulunya, Google Meet termasuk layanan berbayar sebelum akhirnya digratiskan hingga Maret 2021 merespons kebutuhan video conference selama pandemi Covid-19. 

    Menariknya, Google sempat memberikan layanan premium secara gratis hingga tanggal 30 September lalu. Dengan fasilitas premium, pengguna bisa memakai Google Meet secara bebas tak terbatas waktu.  

    Sayangnya, per 1 Oktober kemarin kamu harus membayar mulai dari USD 8 per bulan jika ingin mendapatkan durasi pertemuan hingga 300 jam dengan peserta maksimal mencapai 250 orang. 

    Keuntungan menggunakan Google Meet adalah aplikasi ini tergabung dengan layanan G Suite lainnya seperti Google Calender, G-Mail, dan G-Drive yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan rekaman video selama pertemuan. 

    • Microsoft Teams

    Pembelajaran

    Buat kamu pengguna Skype pasti pernah mendengar mengenai layanan Skype for Business. Nah, Microsoft Teams ini merupakan versi terbaru dari Skype for Business. 

    Beberapa perubahan dan tambahan fitur pun disematkan untuk menjawab kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Teams telah terhubung dengan Microsoft Office 365 sehingga sambil melakukan panggilan video kamu bisa menyelesaikan pekerjaan secara kolaboratif. 

    Ukuran pratinjau saat panggilan video pun diperluas sebesar 7×7, dengan demikian pengguna bisa menyaksikan 49 peserta dalam satu layar. Teams menawarkan paket berbayar dengan keuntungan kapasitas peserta hingga 500 orang, sedangkan layanan gratisnya mampu menampung 250 orang. 

    • Cisco Webex

    Pembelajaran

    Rekomendasi selanjutnya adalah Cisco Webex. Meski namanya terdengar asing di telinga, nyatanya Cisco Webex sering digunakan perusahaan besar di dunia untuk melakukan meeting online. 

    Sejumlah keunggulan pun hadir guna menambah kenyamanan pengguna, seperti punya menggunakan sistem end-to-end encryption untuk menjamin keamanan pengguna, menyajikan kualitas gambar yang baik, serta mampu meredam suara latar selama panggilan video berlangsung. Dengan begitu pembelajaran maupun kegiatan kerja kelompok bisa berjalan lancar tanpa gangguan. 

    Cisco Webex hadir dalam versi gratis dan berbayar. Untuk layanan gratis, partisipan yang hadir dibatasi sebanyak 100 orang dengan durasi maksimal 40 menit. 

    • Slack

    Pembelajaran

    Kalau kegiatan pembelajaran atau pertemuan hanya dihadiri tak lebih dari 15 orang, Slack bisa jadi pilihan. Selain digunakan untuk panggilan video, Slack juga menyediakan fitur mirip e-mail dan fitur percakapan berbasis grup. Sama seperti Cisco Webex, Slack menawarkan kualitas gambar yang baik saat konferensi berlangsung. 

    Itulah 5 teknologi yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan belajar selama pandemi. Menyoal teknologi, kini jurusan yang berkaitan dengan komputer banyak dicari lantaran dinilai punya prospek karier cemerlang. 

    Kalau tertarik kuliah di jurusan teknologi dan komputer, BINUS UNIVERSITY Bekasi menyediakan program studi computer science dengan kurikulum kuliah seperti teknik mengembangkan perangkat lunak, teknologi database, sistem kecerdasan buatan, dan jaringan.