BINUS UNIVERSITY

    Tertarik Jadi Entrepreneur IT? Ini Hal-Hal yang Harus Kamu Pelajari!

    Disadari atau tidak, baik bisnis maupun Teknologi Informasi memiliki peran besar terhadap maju tidaknya sebuah perusahaan. Saat ini, hampir setiap bidang pekerjaan di dunia bisnis membutuhkan keterampilan TI yang memadai, apalagi sejak isu Revolusi 4.0 bergaung beberapa tahun silam.

    Hal inilah yang menjadi dasar BINUS UNIVERSITY ketika membuka jurusan Business Information Technology. Business Information Technology merupakan program studi yang bertujuan mempersiapkan mahasiswa dengan keahlian pengembangan TI untuk menemukan solusi atas segala permasalahan bisnis.

    BINUS UNIVERSITY sendiri merancang program studi Business Information Technology dengan menggabungkan tiga fokus area, yaitu

    1. Business Analytic
    2. Social Media
    3. IT Enterpreneurship

    Harapannya tentu saja agar lulusan Business Information Technology mampu menjadi jembatan kesenjangan antara Teknologi Informasi dan kebutuhan bisnis dalam berbagai sektor, termasuk sektor industri, konsultasi, penelitian, serta pemerintahan. 

    Sistem Perkuliahan Business Information Technology

    Mahasiswa

    Selain yang telah disebutkan sebelumnya, fokus perkuliahan jurusan ini cukup luas. Selama empat tahun masa perkuliahan, mahasiswa Business Information Technology akan menempuh beberapa mata kuliah, di antaranya:

    1. Character Building
    2. Introduction to Financial Accounting
    3. Business Process Fundamental
    4. Information System Concept
    5. Introduction to Programming, English in Focus
    6. English for Business Presentation
    7. Introduction to Database System, Management Information System
    8. Business Statistics
    9. User Experience, Entrepreneurship : Ideation, 
    10. Business Application Development
    11. Enterprise System
    12. Information Systems Analysis and Design
    13. Service Management Fundamental
    14. Social Media Fundamental
    15. Data and Information Management, 
    16. Advanced information System Analysis and Design
    17. Testing and System Implementation
    18. Business Intelligence
    19. Social Informatics
    20. Mobile Application Development
    21. Research Methods in Information Systems

    Tidak hanya itu, mahasiswa jurusan Business Information Technology juga wajib mengikuti program khas BINUS UNIVERSITY yaitu 2+1+1. Program ini merupakan upaya universitas untuk menyiapkan lulusan yang tidak hanya berkualitas tetapi juga memiliki daya saing tinggi. 

    Program 2+1+1 adalah program unggulan yang mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di kampus BINUS asal selama 2 tahun, di kampus BINUS lain selama 1 tahun, dan enrichment selama 1 tahun. Enrichment biasanya dimulai dari semester 5 atau 6 sampai semester 7.

    Pada program ini, kamu akan diarahkan untuk fokus pada bidang peningkatan kualitas yang ingin ditekuni, yaitu penelitian, proyek startup, pengabdian sosial, studi ke luar negeri, atau magang di berbagai perusahaan nasional ataupun asing yang sudah bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY.

    Peluang Karier Jurusan Business Information Technology

    Mahasiswa

    Saat ini, hampir semua sektor industri dan bisnis membutuhkan teknologi untuk meningkatkan daya saing perusahaan di era digital. Jadi, apabila bicara prospek, lulusan Business Information Technology BINUS UNIVERSITY memiliki peluang besar dalam memperoleh pekerjaan.

    Terlebih lagi, setiap mahasiswa BINUS UNIVERSITY pasti mengikuti program 2+1+1. Meskipun mungkin tidak bekerja di perusahaan, mereka masih bisa menjadi CEO di perusahaan sendiri. Jika kamu tertarik belajar di program studi Business Information Technology, berikut beberapa peluang karier yang bisa dipilih:

    1. Business Analyst

    Seorang business analyst memiliki tugas sebagai pemerhati kondisi pasar dan menyajikannya dalam bentuk data yang dipakai sebagai referensi dalam mengambil segala kepentingan perusahaan. Biasanya profesi ini memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat bantu untuk mengumpulkan berbagai data yang diperlukan sebelum melakukan analisis bisnis.

    1. Konsultan Analisis Web

    Tanggung jawab seorang konsultan analisis web adalah membantu perusahaan merancang langkah-langkah yang dilakukan untuk memaksimalkan situs web. Selain menganalisis potensi, profesi ini juga melakukan evaluasi kinerja suatu web agar lebih menguntungkan bagi perusahaan.

    1. Analis Sistem

    Tugas utama profesi ini adalah melakukan analisis pada sebuah sistem dengan cara mempelajari masalah, menentukan kebutuhan, serta mengidentifikasikan pemecahan masalah yang terkait memanfaatkan teknologi informasi.

    1. Software Developer

    Software developer bertugas membangun sebuah produk memanfaatkan ilmu rekayasa perangkat lunak. Produk tersebut biasanya dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan baik sekarang ataupun di masa mendatang.

    1. Asisten Administrasi 

    Job desc utama asisten administrasi adalah membantu proses pengklasifikasian data, merapikan informasi, serta melakukan hal terkait administratif lainnya untuk memudahkan proses penyajian dan analisis data. 

    Jadi, tertarik untuk menjadi mahasiswa Business Information Technology BINUS UNIVERSITY?