BINUS UNIVERSITY

    Peran Lulusan Jurusan Pariwisata dalam Community Development

    Sebagai sebuah negara yang memiliki sumber daya alam termasuk pariwisata yang luar biasa, Indonesia masih kekurangan sumber daya manusia yang mumpuni. Hal ini terjadi karena kurangnya kerja sama antar stake holder dari tingkat atas ke tingkat bawah. Selain itu, community development yang belum berjalan maksimal membuat potensi wisata terutama yang berada di daerah kurang berkembang.

    Salah satu ‘anak panah’ yang dianggap penting dalam melakukan proses community development adalah alumni jurusan pariwisata. Selain memiliki dasar ilmu yang berhubungan dengan sektor terkait, alumni-alumni jurusan pariwisata terutama fresh graduate umumnya memiliki semangat serta ide-ide cemerlang yang bisa diterapkan di masyarakat. Tidak heran jika pemerintah juga menaruh harapan kepada mahasiswa, terutama mereka yang mengambil jurusan pariwisata untuk bisa terjun langsung dalam mengembangkan pariwisata berbasis kemasyarakatan di Indonesia.

    Pengembangan komunitas atau community development merupakan salah satu misi yang ingin dicapai oleh BINUS University dalam mencetak lulusan terbaik di bidang pariwisata. Bagi kamu yang berencana mengambil kuliah jurusan tourism atau pariwisata, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan dalam community development setelah lulus nanti seperti:

    Community Development

    • Melakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat

    Sama seperti industri lainnya, pariwisata juga bergerak dinamis. Bukan sekadar menjual produk yang menarik, saat ini sektor pariwisata semakin lekat dengan istilah sustainable tourism atau pariwisata yang berkelanjutan. Artinya dalam prosesnya, pariwisata juga harus dikelola dengan tetap memelihara budaya, ekologi dan keragaman hayati yang ada di tempat tersebut.

    Untuk melakukannya, seluruh komponen termasuk pemerintah dan masyarakat harus saling mendukung. Sebagai lulusan jurusan pariwisata, kamu bisa menjembatani hal tersebut dengan melakukan pendekatan pada pemerintah setempat, sekaligus melakukan sosialisasi pada masyarakat.

    • Menciptakan Citra Pariwisata yang Baik

    Mahasiswa adalah agen perubahan. Meskipun setelah lulus nanti, kamu masih bisa menjadi agen yang mengubah banyak hal. Termasuk citra pariwisata Indonesia di mata publik. Manfaatkan koneksi yang kamu miliki selama di kampus untuk membagikan hal-hal menarik dari wisata daerah. Tidak hanya sebagai cara mengundang orang untuk datang, tapi juga membuat pihak terkait tertarik untuk membantu pengembangannya agar menjadi lebih baik lagi.

    • Membentuk Jaringan Kerja antar Lembaga Mahasiswa

    Pariwisata tidak akan bisa maju jika hanya mengandalkan satu pihak saja. Sebagai mahasiswa yang menempuh pendidikan di bidang pariwisata, kamu tetap memerlukan dukungan dari lembaga kemahasiswaan yang lain. Kamu bisa melakukan diskusi dan seminar yang juga melibatkan mahasiswa dari jurusan lain seperti :

    • Peran mahasiswa jurusan kedokteran dalam menjamin keselamatan dan kesehatan turis saat berkunjung ke Indonesia
    • Bagaimana mahasiswa lulusan jurusan ekonomi menilai hubungan antara kemajuan pariwisata dengan peningkatan taraf hidup masyarakat di sekitar destinasi wisata dan lain sebagainya.

     

    • Memanfaatkan Media yang Ada

    Di era digitalisasi ini, hampir semua sektor industri dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam proses pengembangannya. Tidak terkecuali dalam bidang pariwisata. Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan dalam proses community development adalah menciptakan alat atau media berbasis teknologi yang akan mempermudah masyarakat dalam menjalankan kegiatan pariwisata di daerahnya.

    Misalnya saja dengan menyediakan aplikasi e-tourism, membuatkan situs hingga membuat aplikasi e-tiket untuk berbagai destinasi wisata. Langkah ini tidak hanya akan mempermudah para wisatawan, tapi juga masyarakat setempat yang terlibat langsung dalam proses pengelolaan tempat wisata.

    Ada lima unsur yang dianggap sebagai penentu kesuksesan sektor pariwisata. Selain pebisnis, pemerintah dan media, akademisi dan komunitas juga memegang peranan penting. Dengan ilmu yang kamu miliki selama berkuliah di jurusan tourism di BINUS University, kamu bisa secara aktif ikut membantu kegiatan community development dalam rangka menciptakan industri pariwisata berbasis kemasyarakatan yang berkelanjutan.

    Sebagai salah satu kampus terbaik di tanah air, BINUS University tidak hanya berkomitmen menghasilkan lulusan tourism yang siap kerja, tapi juga mampu menjadi bagian dari community development di tengah-tengah masyarakat. Ayo jadi agen perubahan bersama BINUS University!