BINUS UNIVERSITY

    Pengalaman Mobility Audrey: Semakin Paham Industri Desain dan Kesempatan Hidup Mandiri

    BINUS UNIVERSITY menawarkan berbagai program khusus untuk menyiapkan mahasiswa sebelum menghadapi dunia profesional, salah satunya adalah Mobility Program.  Bagian dari program (2+1) + 1, Mobility memungkinkan mahasiswa belajar selama setahun di daerah lain, namun masih di bawah nama kampus yang sama. Tujuannya adalah mengembangkan kemampuan siswa baik di bidang studi maupun soft skills.

    Audrey Meiztcha Shania Sunsino adalah salah satu mahasiswa yang telah merasakan manfaatnya. Mahasiswa jurusan Visual Communication Design di BINUS UNIVERSITY Bandung ini mengikuti program studi satu tahunnya di kampus Jakarta. Berikut adalah pengalaman Audrey serta manfaat yang diperolehnya.

    Program

    Kisah Pengalaman Audrey

    Audrey mengambil program studi Digital Media sebagai bidang peminatan tambahan di kampus Jakarta. Pengalaman ini termasuk unik bagi Audrey yang merupakan anak tunggal dan belum pernah pergi jauh dari kota tempat tinggalnya. Kegiatan belajar yang hanya satu tahun tetapi padat memungkinkan Audrey mendapat izin orang tua untuk berpartisipasi.

    Salah satu perubahan paling mencolok ketika belajar di kampus Jakarta adalah perbedaan suasana dan kultur. Audrey mendapati dirinya harus belajar di kelas yang jumlah mahasiswanya jauh lebih banyak dan datang dari berbagai daerah di Indonesia. Perbedaan kultur yang kental membuat Audrey harus sering berlatih berkomunikasi.

    Audrey juga belajar dari para dosen sekaligus pakar bidang desain dan media digital yang telah berpengalaman di bidang masing-masing. Tinggal di lingkungan berbeda membuatnya harus mengembangkan perspektif baru terkait desain komunikasi visual. Audrey mengumpulkan banyak kredit aktivitas dari kegiatan belajarnya agar bisa mengikuti program pengayaan berupa magang (internship).

    Manfaat Mobility Program BINUS UNIVERSITY

    Walau sempat harus menyesuaikan diri dengan suasana kampus baru, Audrey ternyata bisa cepat beradaptasi dan merasakan berbagai manfaat Mobility. Berikut beberapa manfaat yang dirasakan Audrey dan bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain:

    • Belajar dari Pakarnya

    Mobility mempertemukan mahasiswa pesertanya dengan dosen profesional dan pakar dari bidang studi mahasiswa tersebut. Semakin banyak pakar yang ditemui, semakin besar kesempatan mendapat pengalaman dan wawasan baru, terutama bagi mahasiswa asal kampus daerah lain seperti Audrey.

    • Belajar Berkomunikasi

    Kegiatan di kota dan tempat kuliah baru menuntut mahasiswa Program Mobility melatih keahlian berkomunikasi. Misalnya, tahu kapan harus berkomunikasi secara biasa atau natural, dan kapan menggunakan gaya yang lebih formal. Hal ini merupakan keahlian yang akan banyak dibutuhkan dalam tren kerja.

    • Mengembangkan Karakter Pribadi

    Mahasiswa tidak hanya belajar, beradaptasi, bergaul, dan bertukar pendapat selama ikut (2+1) + 1. Mereka bisa mengembangkan karakter pribadi seperti disiplin, kemampuan beradaptasi, inovasi, kreativitas serta cara berpikir di luar kotak. Semua ini penting bagi alumni yang ingin meraih kesuksesan di dunia profesional, terutama jika menuruti tujuan BINUS UNIVERSITY dalam meraih standar internasional untuk lulusannya.

    • Menyiapkan Mahasiswa untuk Dunia Kerja

    Banyak lulusan universitas yang kikuk ketika lulus karena kampus tidak menyiapkan mereka untuk dunia kerja. Mobility Program memastikan mahasiswa siap menghadapi dunia profesional. Selain memastikan mahasiswa berinteraksi dengan pakar, BINUS UNIVERSITY juga menyediakan program pengayaan berupa magang di perusahaan atau studio rekanan kampus.

    Mobility Program dan Pengayaan

    Selain belajar di kampus berbeda, BINUS UNIVERSITY juga memiliki program pengayaan (enrichment) yang dimulai setelah mahasiswa menyelesaikan waktu belajar di area lain. Ada beberapa pilihan aktivitas untuk paket kegiatan ini, mulai dari magang, penelitian, hingga pengabdian masyarakat. Mahasiswa bisa memilih salah satu sesuai bidang studi.

    Audrey, misalnya, memiliki minat untuk magang karena hal tersebut membantunya memulai karier di bidang desain. Dia berniat menggunakan pengalaman belajar selama di Jakarta sebagai titik awal kegiatan magang (internship). Tujuan magang adalah mengumpulkan korona dan 

    Mobility Program BINUS UNIVERSITY tidak hanya memberi mahasiswa kesempatan belajar di luar kota. Seperti Audrey, mereka bisa mencicipi pengalaman baru, belajar dari pakar, bahkan menyiapkan diri untuk karier masa depan. Pertimbangkan mengikuti program ini agar mendapat langkah lebih mudah untuk membangun karier setelah lulus.