BINUS UNIVERSITY

    Pengalaman Magang Sebagai Tim Kreatif di Televisi, Seru dan Bermanfaat!

    Setelah lulus kuliah, Leo Chandra masih mengingat dengan jelas pengalaman berkesannya saat masih mahasiswa. Ia mendapatkan kesempatan magang di ANTV sebagai bagian dari tahap pendidikannya di BINUS UNIVERSITY. Leo adalah alumnus kampus dari Jurusan Broadcasting. 

    Di ANTV, Leo ditempatkan di program Pesbukers selama kurang lebih 6 bulan. Ia juga terlibat dalam persiapan Mahabharata Show selama sekitar 1 bulan. Pengalaman ini tak terlupakan meskipun ia mengaku tugas-tugasnya cukup melelahkan. Berkat magang, Leo bisa mendalami dunia televisi dari dekat.

    Pengalaman Sebagai Tim Kreatif 

    Pengalaman

    “Aku diberi kesempatan untuk menjadi tim kreatif di Divisi Produksi. Job desc yang aku dapatkan adalah melakukan maintain pada segala sesuatu yang berhubungan dengan produksi acara televisi, khususnya untuk program Pesbukers,” ujar Leo membagikan pengalamannya.

    Maintain yang dimaksud adalah membuat konsep, mempersiapkan script, hingga memastikan semua artis yang akan mengikuti program tersebut hadir. Ia juga bertugas melakukan briefing kepada artis mengenai konsep acara yang digunakan pada hari itu. Selain itu, ia mengatur alur acara dari segmen ke segmen hingga rangkaian acara berjalan mulus. 

    Bukan hanya artis, Leo sebagai tim kreatif juga harus menangani tim musik dan memastikan semuanya berjalan dengan baik. Jika ada bintang tamu, ia pun turun tangan untuk melakukan briefing, terutama menyampaikan pada artis bersangkutan kapan harus masuk. Leo juga wajib memastikan semua perlengkapan telah siap sebelum live, seperti prompter dan papan tulis.

    Meskipun berstatus magang di tim kreatif, tugas-tugas Leo terbilang cukup banyak. Itu semua ia anggap sebagai wujud kepercayaan dari kepala bagian yang membawahinya karena kinerjanya bagus. Bukan hanya kemampuan teknis yang mumpuni, Leo juga dituntut untuk pandai membangun trust dengan orang yang diajak bekerjasama. 

    “Saya harus belajar mengasah kemampuan berkomunikasi yang baik, termasuk di antaranya kemampuan menyampaikan instruksi atau penjelasan dengan bahasa yang tepat,” ungkap Leo berdasarkan pengalaman. Hal ini sangat penting karena ia berhubungan dengan publik figur yang cukup tertutup.

    Kuncinya menurut Leo adalah kepercayaan diri. Untuk mendongkrak kepercayaan diri, seorang tim kreatif harus menguasai materi sebelum berbicara dengan pihak yang bersangkutan. Selain itu, ia juga berlatih untuk menyampaikan penjelasan dalam bahasa yang mudah dimengerti. 

    Magang Berkesan dan Bermanfaat

    Melalui pengalaman yang didapatkannya saat terjun menangani program di ANTV, Leo mendapatkan banyak ilmu yang berharga, terutama ilmu broadcast seperti jurusannya. Ia mempelajari cara menentukan angle kamera yang baik, mengedit video, dan menyelesaikan proses produksi televisi hingga layak ditonton. Semua itu telah ia pelajari secara teori dari bangku kuliah, tetapi belum dipraktikkan langsung.

    Di sisi lain, Leo juga belajar memperhatikan rating program televisi dan membandingkannya. Supaya dapat bersaing, program yang dibuat harus menarik sehingga bisa mendapatkan banyak sponsor. Inilah salah satu faktor yang membuat program televisi tetap bertahan.

    Kesempatan magang yang didapatkan Leo tak lepas dari program 2+1+1 yang diwajibkan oleh BINUS UNIVERSITY kepada para mahasiswanya. Program ini diharapkan dapat memperkaya mahasiswa dengan pengalaman di dunia kerja sehingga menjadi fresh graduate yang layak dipertimbangkan di antara pelamar kerja lainnya. 

    Pengalaman tersebut juga bisa dimasukkan ke portofolio saat melamar pekerjaan. Sebagian besar perusahaan lebih tertarik dengan calon pelamar yang telah memiliki pengalaman bekerja daripada yang belum berpengalaman sama sekali. Jadi, jika kamu ingin menambah skill selain belajar di dalam kelas, kuliahnya di BINUS UNIVERSITY saja.