BINUS UNIVERSITY

    Pembelajaran Sistem Informasi dan Manajemen Libatkan 5 Hal Penting Ini

    Jurusan Sistem Informasi dan Manajemen BINUS UNIVERSITY menghadirkan kurikulum dan sistem pembelajaran yang berkualitas dan berkelas dunia. Sebagai salah satu program studi gabungan, visi utama dari jurusan ini adalah menciptakan lulusan yang mampu menerapkan konsep dan prinsip ekonomi berbasis penggunaan Information Technology (IT). Prospeknya mengacu pada kebutuhan teknologi finansial yang diprediksi akan kian berkembang di masa depan.

    Agar bisa mencapai visi tersebut, program studi ini melibatkan sejumlah komponen pendidikan yang membentuk mahasiswanya menjadi lulusan unggul dan berdaya saing tinggi. Berikut adalah ulasan mengenai lima komponen penting yang akan kamu temui saat menjadi mahasiswa Sistem Informasi dan Manajemen di BINUS UNIVERSITY.

    Pembelajaran

    • Information Systems Courses

    Dalam praktiknya di dunia finansial global, mata kuliah Sistem Informasi berperan sebagai penyempurna sistem pengaturan ekonomi yang sudah ada. Oleh karena itu, mahasiswa program studi ini akan dibekali oleh sejumlah mata kuliah inti yang berfokus pada pengembangan teknologi informasi mulai dari akarnya.

    Dari rumpun ilmu sistem informasi, beberapa mata kuliah yang dihadirkan meliputi pengenalan konsep sistem informasi, manajemen informasi, pengantar pemrograman, hingga optimalisasi User Experience. Kamu juga akan bertemu dengan sejumlah mata kuliah tambahan yang berhubungan dengan desain dan analisis sistem informasi serta implementasinya pada sektor ekonomi.

    • Management Courses

    Mata kuliah manajerial menjadi bagian penting lain yang masuk dalam proses pembelajaran di jurusan Sistem Informasi dan Manajemen. Namun, karena jurusan ini merupakan program studi gabungan, mata kuliahnya pun telah diintegrasikan teknologi informasi yang dapat diterapkan di bidang bisnis, finansial, dan pemasaran.

    Kamu akan berkenalan dengan konsep-konsep dasar serta penerapan lanjutan dari berbagai teori ekonomi meliputi makroekonomi, mikroekonomi, manajemen finansial, manajemen pemasaran, statistika bisnis, dan konsep ekonomi lainnya. Ada pula mata kuliah integrasi seperti sistem manajemen informasi, pengembangan aplikasi bisnis, serta strategi e-business.

    • English University Courses

    Sebagai universitas kelas dunia, BINUS UNIVERSITY menghadirkan pembelajaran bahasa Inggris lanjutan sebagai bahasa pengantar internasional untuk seluruh jurusannya. Hal ini juga berlaku bagi program studi Sistem Informasi dan Manajemen.

    Ada dua tingkatan English University Courses yang harus dipelajari oleh mahasiswa program studi ini. Tingkatan pertama yang akan ditemui di semester awal meliputi mata kuliah English in Focus dan English for Business Presentation. Sementara itu, tingkat kedua terdiri dari English Savvy dan English for Written Business Communication

    • Character Building

    Tak hanya berfokus pada pemahaman teori dan penerapan konsep, pembelajaran di jurusan Sistem Informasi dan Manajemen BINUS juga melibatkan pembentukan karakter. Mata kuliah Character Building ini berfokus pada tiga poin utama, yakni Pancasila, Kewarganegaraan, dan Agama. Secara berturut-turut, ketiganya hadir dari semester 2 hingga 4.

    Dari ketiga poin pembentukan karakter di atas, Pancasila termasuk dalam daftar mata kuliah inti sebagai quality control. Bahkan, seluruh mahasiswa wajib mendapatkan nilai minimal “B” untuk mata kuliah Pancasila sebagai syarat mutlak menyelesaikan masa perkuliahan. 

    • Enrichment Program

    Enrichment Program merupakan program khusus yang dihadirkan BINUS UNIVERSITY untuk seluruh jurusan, termasuk jurusan Sistem Informasi dan Manajemen. Program yang diambil mahasiswa semester akhir ini memberi kesempatan untuk pengembangan karier dan soft skills dalam lima pilihan aktivitas di luar kampus: Internship, Entrepreneurship, Research, Community Development, dan Study Abroad.

    Beberapa mata kuliah terkait yang masuk dalam Enrichment Program meliputi penerapan technopreneurship (Internship), Business Start Up (Entrepreneurship), Information Systems for Global Employability and Entrepreneurial Skills (Research), serta Community Outreach Project Implementation (Community Development). Sementara itu, pilihan program Study Abroad melibatkan sejumlah mata kuliah tertentu yang harus dipelajari mahasiswa di kampus luar negeri terpilih. 

    Dengan melibatkan berbagai komponen pembelajaran di atas, lulusan program Sistem Informasi dan Manajemen tentu akan lebih dari siap untuk menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

    Lulusannya sudah terbukti mampu mengisi berbagai jabatan dan profesi di perusahaan nasional maupun internasional. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang mengembangkan usaha di bidang bisnis digital dan swausaha berbasis teknologi. Kamu pun bisa merintis kesuksesan di bidang manajemen dan sistem informasi dengan menjadi bagian dari program studi ini.