BINUS UNIVERSITY

    Mobility Program Mengasah Keterampilan Beradaptasi dan Perluas Koneksi Monica

    Belajar di BINUS UNIVERSITY tidak hanya soal kuliah di kelas, namun juga mendapat pengalaman unik, pengembangan karakter diri, serta kesempatan belajar beradaptasi dengan dunia profesional. Program (2+1) + 1 BINUS UNIVERSITY memadukan kesempatan belajar di kampus daerah lain serta kegiatan pengayaan sebagai upaya peningkatan kualitas alumni.

    Mobility Program merupakan bagian dari (2+1) + 1, di mana mahasiswa belajar di kampus asal selama dua tahun sebelum menjajal kampus daerah lain selama setahun. Monica Florence adalah mahasiswa program studi Desain Interior yang berkesempatan melakukannya. Simak kisahnya berikut ini.

    Program

    Pengalaman Mobility Program Monica

    Sebagai mahasiswa BINUS UNIVERSITY Bandung, Monica mendapat kesempatan belajar di kampus Kemanggisan, Jakarta, sebagai bagian dari Mobility Program. Di sana, Monica bertemu dengan banyak dosen sekaligus pakar bidang desain dan kaum profesional dari bidang terkait. Hal ini membantunya belajar, menambah pengetahuan, sekaligus mendapat koneksi.

    Monica juga menikmati pengalaman bertemu teman baru. Kampus Kemanggisan memiliki siswa dari berbagai wilayah dan latar belakang, mengharuskannya untuk beradaptasi dan melatih kemampuan berkomunikasi. Monica juga mendapat banyak pengalaman menarik baik dari segi akademik maupun keseharian.

    Mobility Program juga memberi Monica sudut pandang baru dalam memahami bidang studinya. Sebagai mahasiswa Desain Interior, Monica harus pandai memandang lingkungan sekitarnya serta menganalisis berbagai elemennya untuk menciptakan ide desain. Tinggal selama beberapa waktu di kota berbeda tentu memberi lebih banyak ide yang bisa digunakan dalam proyek desain.

    Manfaat Mobility Program bagi Monica

    Apa saja manfaat program ini bagi Monica? Berikut yang bisa disimpulkan dari penuturannya:

    • Latihan Adaptasi

    Adaptasi merupakan hal paling mencolok yang dirasakan Monica selama kuliah di Jakarta. Kemampuan ini penting untuk menghadapi berbagai macam orang di dunia kuliah maupun kerja. Hal ini juga penting bagi setiap alumni yang berencana bekerja di kota atau negara lain.

    • Memberi Wawasan dan Sudut Pandang Baru

    Salah satu tujuan Mobility Program adalah memberi peserta sudut pandang baru dalam hal wawasan, ide, serta kreativitas. Hal ini terkait tujuan BINUS UNIVERSITY untuk membentuk lulusan yang kompetitif, inovatif, dan mampu berpikir lewat sudut pandang unik. Wawasan baru juga bisa diperoleh dari para dosen dan pakar yang ditemui selama belajar.

    • Menambah Koneksi

    Koneksi merupakan salah satu hal penting dalam dunia kerja. Program belajar di kampus lain memberi kesempatan pada mahasiswa untuk menjalin banyak koneksi, baik di kalangan pelajar, dosen, maupun ahli. Koneksi ini bisa bermanfaat ketika alumni akan mencari pekerjaan atau menapaki karier baru.

    • Membentuk Soft Skills

    Soft skills sama pentingnya dengan keahlian teknis demi mendukung kesuksesan. Dengan belajar di kampus berbeda, mahasiswa bisa memupuk karakteristik seperti tanggung jawab, sikap asertif, hingga keberanian berpendapat.

    Aktivitas setelah Mobility Program

    Monica tidak berhenti setelah mengikuti Mobility Program. Sesuai dengan namanya, (2+1) + 1 berarti dua tahun kuliah di kampus asal, setahun di kampus lain, dan setahun pengayaan (enrichment). BINUS UNIVERSITY menyediakan beberapa program pengayaan yang bisa dipilih mahasiswa sesuai minat kariernya, yaitu:

    • Penelitian

    Mahasiswa yang tertarik dengan bidang penelitian bisa melakukan proyek ini selama dua semester. Pembimbingnya adalah dosen sekaligus pakar di bidang yang menjadi latar belakang penelitian.

    • Magang

    Mahasiswa bisa magang di perusahaan, kantor, atau studio yang bekerja sama dengan kampus. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan mereka pada suasana dan tantangan kerja profesional yang sebenarnya.

    • Belajar di Luar Negeri

    BINUS International Office membantu mahasiswa untuk belajar selama setahun di kampus luar negeri yang menjadi rekanan BINUS UNIVERSITY.

    • Kegiatan Sosial

    Mahasiswa yang berminat pada kontribusi sosial bisa bergabung dengan proyek BINUS UNIVERSITY untuk memberi sumbangsih pada masyarakat. Contohnya adalah kegiatan Teach for Indonesia.

    • Bisnis Rintisan

    Ingin coba berbisnis setelah lulus? Pilih program pendirian bisnis rintisan (start-up). Para dosen akan membimbing mahasiswa dalam membentuk rencana bisnis yang matang, lengkap dengan informasi tentang sumber-sumber modal dan investasi yang bisa dimanfaatkan.

    Pengalaman Monica menunjukkan manfaat besar Mobility Program bagi mahasiswa. Berminat kuliah di BINUS UNIVERSITY? Jangan lewatkan kesempatan mengikuti program tersebut.