BINUS UNIVERSITY

    Mobility Program, Kesempatan Johan Perdalam Keterampilan Desain dan Belajar Mandiri

    Salah satu keunggulan BINUS UNIVERSITY adalah adanya Mobility Program, yaitu upaya meningkatkan kompetensi sekaligus menambah pengalaman mahasiswa. Salah satu elemennya adalah program (2+1) + 1 yang mengajak mahasiswa belajar di kampus daerah lain sebelum memilih salah satu program pengayaan (enrichment).

    Johan Wijaya, mahasiswa Prodi Visual Communication Design di BINUS UNIVERSITY Bandung, telah merasakan manfaat dari program tersebut. Selain pengalaman, Johan mendapat bekal berguna untuk membantunya meniti karier di bidang desain. Berikut penuturan Johan tentang Mobility Program, khususnya (2+1) + 1.

    Pengalaman

    Pengalaman Mobility Program Johan

    Johan mengikuti Mobility Program dengan belajar di kampus BINUS UNIVERSITY Jabodetabek. Setelah belajar selama dua tahun di kampus asalnya di Bandung, Johan mengikuti perkuliahan selama setahun di kampus Kemanggisan, bagian dari BINUS UNIVERSITY Jabodetabek. 

    Johan mendapat kurikulum dan mata kuliah yang sama dengan kampusnya di Bandung, namun ada hal-hal baru yang diperolehnya dari pengalaman tersebut. Johan bertemu dosen dan pakar desain dengan beragam perspektif yang memberinya wawasan baru terkait bidang studinya. Tinggal di kota berbeda juga memberi Johan banyak inspirasi, perspektif, dan ide terkait desain.

    Johan memutuskan mengambil program studi peminatan jurusan Digital Media di kampus Kemanggisan. Selain mendapat tambahan ilmu untuk memperkaya program studinya, Johan juga melakukan kegiatan seperti asistensi dengan dosen dan pakar desain. Hal ini memberinya pengalaman praktik langsung bersama pakar yang akan membantunya dalam memulai karier.

    Johan juga menyebut pengalaman non-akademik yang memperkaya dirinya, seperti bertemu teman-teman baru, menjelajahi kota dan mencicipi berbagai kuliner, hingga merasakan bencana banjir Jakarta. Semua itu menjadi catatan penting program kuliah satu tahunnya di BINUS UNIVERSITY kampus Kemanggisan.

    Keuntungan Mobility Program untuk Johan

    Apa saja manfaat yang dirasakan Johan selama mengikuti Mobility Program? Berikut beberapa yang paling utama:

    • Mendapat Perspektif Baru

    Walau belajar di bawah nama universitas yang sama, mencicipi suasana kampus di kota berbeda memberi perspektif baru untuk Johan. Sebagai mahasiswa program studi Visual Communication Design, Johan harus pandai mengamati lingkungan sekitar sebagai bahan perbandingan dan objek belajar. Perbedaan suasana antar kota berbeda sudah pasti memberi pengalaman belajar unik.

    • Belajar Langsung Bersama Pakar

    Selama belajar di kampus Kemanggisan, Johan bertemu langsung dengan dosen serta pakar yang sudah malang-melintang di dunia desain profesional selama bertahun-tahun. Hal ini menambah wawasan sekaligus gambaran realistis tentang penerapan ilmu desain di luar kampus. Ada juga wawasan tambahan yang diperoleh dari mengambil jurusan berbeda.

    • Mendorong Kemampuan Beradaptasi

    Pindah ke kota berbeda untuk belajar selama satu tahun melatih Johan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Johan tidak hanya menjelajahi area berbeda, tetapi juga bertemu teman-teman serta kenalan baru dan melihat langsung keunikan kota tempatnya belajar. Hal ini melatih kemampuan beradaptasi agar Johan kelak bisa pindah dan berkarier di mana saja jika perlu.

    • Mendapat Pengalaman untuk Menghadapi Dunia Profesional

    Interaksi antara Johan, dosen, dan pakar desain di kampus baru memberi pengalaman yang serupa dengan interaksi di dunia profesional. Johan belajar mengatur waktu dalam menjalankan proyek desain, berkomunikasi secara profesional, hingga bekerja sama dengan anggota tim yang berbeda-beda. Hal ini penting sebagai bekal menapaki dunia profesional dengan tipe kenalan, teman, serta rekan berbeda.

    Program Pengayaan Pendukung Mobility Program

    Mobility Program termasuk ke dalam paket (2+1) + 1 di BINUS UNIVERSITY. Selain belajar di kampus lain, mahasiswa juga bisa memilih satu di antara beberapa kegiatan pengayaan. Pilihannya antara lain magang di perusahaan atau studio, belajar di luar negeri lewat program pertukaran, penelitian, pembangunan bisnis rintisan, hingga melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sesuai bintangnya.

    BINUS UNIVERSITY tidak hanya memberi bahan pelajaran di kelas, tetapi juga pengalaman unik serta pengayaan bagi mahasiswa. Pengalaman belajar di kota lain serta mengikuti program enrichment seperti Johan akan membantu mahasiswa mendapat poin akademis bagus sekaligus membantu dalam hal memulai karier.