BINUS UNIVERSITY

    Mobility Program BINUS UNIVERSITY Bandung Perluas Koneksi dan Wawasan Desain Yonatan

    Salah satu tujuan Mobility Program BINUS UNIVERSITY adalah membentuk pengalaman mahasiswa sekaligus membangun koneksi yang berguna untuk masa depan. Sebagai bagian dari program (2+1) + 1, mobility program mengajak mahasiswa belajar di kampus bernama sama tetapi berbeda kota. Hal ini kemudian disambung dengan program pengayaan untuk pengalaman lebih lengkap.

    Yonatan Halim adalah salah satu mahasiswa BINUS UNIVERSITY yang merasakan sendiri manfaat program tersebut terutama terkait pengalaman dan koneksi. Mahasiswa kampus Bandung yang mengambil program studi Visual Communication Design ini mendaftar untuk mengikuti Mobility Program agar bisa merasakan manfaat akademik maupun non-akademiknya.

    Binus University

    Pengalaman Yonatan dalam Mobility Program

    Mobility Program merupakan bagian dari program (2+1) + 1 di mana mahasiswa belajar di kampus sendiri selama dua tahun sebelum menjajal kampus lain untuk setahun, lantas menyusulnya dengan program pengayaan (enrichment) yang juga berlangsung selama satu tahun. Yonatan memilih kampus Jakarta agar bisa mendapat perspektif luas sekaligus menjalin koneksi dengan kaum profesional di bidang tersebut.

    Yonatan memilih Digital Media sebagai jurusan peminatan selama kuliah di BINUS UNIVERSITY Jakarta. Menurutnya, kampus Jakarta lebih unik karena mahasiswanya berasal dari beragam daerah dengan berbagai latar belakang. Proses adaptasi, komunikasi, dan interaksi dengan beragam orang ini merupakan salah satu pengalaman paling berkesan bagi Yonatan.

    Dari segi akademik, Yonatan menikmati proses belajar bersama dosen dan pakar desain yang sudah berpengalaman. Selain mendapat ilmu, dia juga berhasil mendapatkan kontak para pakar bidang desain yang bisa menjadi pijakan ketika meniti karier. Hal ini merupakan salah satu pencapaian penting dalam dunia karier profesional.

    Manfaat Mobility Program

    Apa saja manfaat yang bisa diperoleh mahasiswa dari program tersebut? Pengalaman Yonatan memberi beberapa jawaban yang bisa dijadikan pertimbangan:

    • Melatih Komunikasi dan Kemampuan Adaptasi

    Program kuliah di kampus BINUS UNIVERSITY berbeda membuat mahasiswa harus berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Hal ini terlihat jelas di kampus Jakarta, di mana mahasiswa dan tenaga pengajar berasal dari berbagai daerah. Kemampuan berkomunikasi bisa terasah di sini.

    Tinggal di kota lain juga menuntut mahasiswa untuk mampu beradaptasi, baik dalam segi lingkungan, cuaca, maupun makanan. Ini bisa menjadi latihan bagi mahasiswa saat kelak harus bepergian atau tinggal di area lain demi karier.

    • Menjalin Koneksi dan Jejaring Profesional

    Koneksi merupakan salah satu hal penting untuk dimiliki dalam dunia bisnis. Mobility Program membantu mahasiswa menciptakan jejaring pertemanan serta koneksi profesional dalam bidang yang sesuai program studi. Koneksi ini bisa berupa teman-teman, dosen, hingga pakar dan pemilik profesi lain yang penting untuk membangun karier.

    • Mendapat Perspektif Berbeda

    Kuliah di dua daerah berbeda dapat memberi beberapa perspektif unik terkait bidang studi yang dipelajari. Sebagai contoh, Yonatan mengambil program desain komunikasi sosial serta media sosial. Lingkungan fisik serta sosial Bandung dan Jakarta yang berlainan memberi perspektif berbeda bagi Yonatan dalam mengamati lingkungan untuk menciptakan proyek desain.

    • Mendapat Gambaran Realistis Soal Karier

    BINUS UNIVERSITY memastikan setiap alumni memiliki gambaran mental dan pengalaman relevan terkait karier. Mahasiswa seperti Yonatan mendapatkannya lewat interaksi dengan pakar, membangun koneksi, serta memilih salah satu dari program pengayaan, misalnya magang dan penelitian. 

    • Membentuk Soft Skills

    Pengetahuan akademik dan keahlian sesuai program studi bukan satu-satunya bekal untuk sukses dalam karier. Yonatan yang seorang introvert berhasil menjalin koneksi serta hubungan baik dengan teman dan dosen barunya di kampus Jakarta. Program ini membentuk soft skills seperti keahlian berkomunikasi, sifat asertif, keberanian berpendapat, hingga kemampuan bekerja sama dalam tim.

    Mobility Program merupakan program andalan BINUS UNIVERSITY dalam membentuk kualitas lulusan yang lebih berkualitas sekaligus mampu menghadapi persaingan di dunia luar. Jika merujuk pada pengalaman Yonatan, hal itu sekaligus berarti membentuk koneksi penting dan mengumpulkan pengalaman. Manfaatkan program ini untuk membentuk diri menjadi alumni berkualitas.