Siapa di antara kalian yang bercita-cita menjadi sutradara hebat seperti Joko Anwar atau menjadi aktor keren layaknya Reza Rahadian? Wah, kalau begitu kamu cocok banget nih mengambil jurusan film. Di Indonesia, perguruan tinggi yang menawarkan program studi perfilman memang masih sedikit dibanding dengan jurusan teknik. 

Salah satu kampus dengan jurusan perfilman terbaik yang bisa dipilih adalah BINUS UNIVERSITY. Jurusan film BINUS UNIVERSITY pertama kali dibuka pada tahun 2010 dan sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Buat calon mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuannya dalam dunia perfilman, cek serba-serbi jurusan film di BINUS UNIVERSITY berikut ini.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Film? 

Binus University

Untuk menghasilkan lulusan terbaik, kampus swasta ini berusaha memberikan kurikulum yang tepat supaya bisa menunjang skill mahasiswanya. Dilansir dari laman kurikulum BINUS UNIVERSITY, jurusan film menawarkan dua cabang studi yaitu produksi film dan studi film. Apa bedanya? 

Produksi film mempelajari tentang teknik pembuatan film sesuai standar industri dan peran yang diambil seperti produser, penulis skenario, atau sutradara. Adapun kurikulum yang mendukung proses produksi film di antaranya adalah desain produk, teknik visual, komposisi musik untuk film, dan pelatihan terkait produksi film.

Sementara itu, studi film membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis film berdasarkan estetika, budaya, dan pengetahuan sosial. Beberapa kurikulum yang berkaitan dengan studi film adalah metode riset untuk film dan materi seputar perfilman Hollywood dan Asia Tenggara. 

Di luar itu, mahasiswa jurusan film juga akan mendapatkan mata kuliah penulisan skrip, sejarah perfilman di Indonesia dan dunia, suara & gambar, serta literasi film. Memasuki semester 6 dan 7, kampus akan memberikan enrichment program sebagai upaya menambah pengalaman kerja bagi mahasiswa yang akan lulus. 

3 Film Pendek Besutan Mahasiswa Jurusan Film BINUS UNIVERSITY

Binus University

Inilah karya-karya mahasiswa jurusan film yang bisa kamu lihat melalui platform Viddsee. 

  • Amsyong (2020)

Film pertama berjudul Amsyong ini punya kisah yang unik. Diceritakan bahwa Andi—pemeran utama, berubah menjadi jeruk karena kesal dan menuliskan kalimat “TAU AH MALES PENGEN JADI JERUK” pada buku diarinya. Pesan yang ingin disampaikan dalam film pendek ini adalah hati-hati terhadap setiap ucapan karena apa yang keluar dari mulut bisa menjadi doa. 

  • Carnivale (2017)

Dengan durasi mencapai 40 menit, film bergenre dokumenter dan komedi ini menceritakan tentang pemilihan ketua OSIS di SMA Garuda yang berakhir rusuh. Carnivale sendiri pernah mengikuti festival film bertajuk Sewon Screening 2017 dan JOGJA-NETPAC Asian Film Festival.

  • Figuran (2015)

Figuran merupakan film pendek berdurasi 9 menit 50 detik yang menceritakan tentang mimpi serta hal-hal yang memotivasi para pemain pendamping yang terlibat dalam produksi sinetron tanah air.  

Profesi yang Tepat untuk Lulusan Jurusan Film

Binus University

Setelah lulus dari jurusan film, berikut 3 profesi yang bisa kamu pilih sebagai kariermu. Apa saja?

  • Sutradara

Punya peran penting dalam pembuatan film, sutradara bertanggung jawab mengarahkan seluruh kru sekaligus para aktor yang terlibat saat syuting. Setelah proses produksi, sutradara masih ikut andil dalam tahap pasca produksi seperti mengevaluasi hasil pengambilan gambar untuk selanjutnya didiskusikan dengan editor. 

  • Penulis Skenario

Apa jadinya film tanpa kehadiran penulisan skenario? Sudah pasti tidak akan ada naskah sebagai acuan jalannya cerita. Sebagai penulis skenario, profesi ini menuntutmu untuk selalu kreatif dan imajinatif dalam menyusun cerita. Tantangan lainnya adalah mampu bekerja dengan cepat di bawah tekanan, apalagi jika programnya termasuk kejar tayang.

  • Editor Film

Rekomendasi terakhir adalah editor film. Sesuai namanya, tugas seorang editor adalah menyunting hasil pengambilan gambar dan menggabungkannya menjadi cerita yang utuh sesuai naskah. Editor film juga berperan menambahkan efek berupa suara, lagu, atau animasi. 

Demikian ulasan mengenai jurusan film yang ada di BINUS UNIVERSITY. Buat kamu yang masih bingung menentukan jurusan kuliah, langsung saja cek website resmi BINUS UNIVERSITY untuk mendapatkan info seputar program studi yang tersedia.