BINUS UNIVERSITY

    Kuliah Ilmu Komputer dan Statistika di BINUS UNIVERSITY, Apa yang Dipelajari?

    Untuk mempersiapkan lulusan berkualitas dan berdaya saing tinggi di dunia kerja, BINUS UNIVERSITY menghadirkan kurikulum terbaik yang dibarengi dengan program enrichment bagi para mahasiswanya. 

    Dalam masa perkuliahan, mahasiswa BINUS di program studi Ilmu Komputer dan Statistika dibekali berbagai pemahaman, keterampilan, teori dan penerapannya, hingga pengembangan soft skill dan pengalaman kerja di luar kampus. Berikut adalah beberapa materi dan program pembelajaran utama yang bisa kamu dapatkan saat menjadi mahasiswa Ilmu Komputer dan Statistika di BINUS UNIVERSITY!

    Enrichtment

    • Ilmu Komputer Aplikatif

    Salah satu bahasan utama di program studi Ilmu Komputer dan Statistika adalah pengenalan sejumlah konsep ilmu komputer yang aplikatif. Seperti pembelajaran kuliah pada umumnya, materi ini diperkenalkan dari dasar—dimulai dengan konsep bahasa pemrograman. 

    Pada masa studi lanjutan, kamu juga akan berkenalan dengan berbagai konsep lain yang dibutuhkan dalam penerapan komputerisasi di dunia digital. Object Oriented Programming, Database Systems, serta Database Design adalah beberapa mata kuliah dari cabang ilmu komputer yang bisa kamu temui dan kuasai.

    • Konsep Ilmu Statistika dan Penerapannya

    Di samping ilmu komputer, program studi ini tentu melibatkan pula berbagai konsep dari rumpun ilmu statistika. Materinya dimulai dari pengenalan konsep matematika dasar seperti kalkulus, aljabar, serta struktur data dalam ilmu statistika yang dihadirkan pada semester-semester awal.

    Sementara itu, di semester 3 hingga 8, kamu akan lebih memahami dan menerapkan konsep-konsep teori statistika melalui beragam mata kuliah lanjutan, termasuk Simulation Techniques, Sampling Techniques, serta Algorithm Design and Analysis

    • English University Courses

    Sebagai salah satu universitas unggulan yang sebagian kurikulumnya berkiblat pada perguruan tinggi di luar negeri, BINUS UNIVERSITY menghadirkan mata kuliah khusus Bahasa Inggris bagi mahasiswa Ilmu Komputer dan Statistika. English University Courses dibagi menjadi dua tahapan, yakni tahapan I di semester pertama dan tahapan II di semester kedua.

    Pemberian materi kuliahnya pun disesuaikan dengan level kecakapan (proficiency level) masing-masing mahasiswa. Sebagai contoh, mahasiswa yang memiliki nilai proficiency kurang dari 500 poin di tahapan I akan diberikan materi English in Focus, sedangkan mereka yang nilainya di atas 500 bisa langsung melanjutkan ke materi lanjutan English for Business Presentation. 

    • Entrepreneurship

    Seluruh mahasiswa BINUS UNIVERSITY dibekali dengan ilmu entrepreneurship, tak terkecuali dengan mahasiswa yang menjadi bagian dari program studi ini. Dalam ruang lingkup Ilmu Komputer dan Statistika, bahasan entrepreneurship yang diberikan dimulai dari awal perancangan usaha hingga proses menjalankan usaha tersebut.

    Mata kuliah entrepreneurship dengan fokus Ideation pertama kali diperkenalkan pada semester 4. Ide-ide usaha yang mulai kamu kembangkan dapat dibuat lebih terarah setelah kamu mengambil mata kuliah Market Validation di semester 7 atau memilih program enrichment jalur entrepreneurship.

    • Character Building

    Tak hanya menekankan konsep utama tentang teori dan penerapan rumpun ilmu terkait, program studi BINUS UNIVERSITY juga menghadirkan program perkuliahan khusus bertajuk character building. Tujuannya adalah menanamkan karakter unggulan sesuai ideologi bangsa yang dapat dijadikan modal untuk mewujudkan moto universitas: Membangun Bangsa melalui Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

    Penanaman Character Building bisa kamu temui pada masa perkuliahan semester 1 hingga 3. Mata kuliah yang termasuk ke dalam rumpun ini adalah Pancasila, Kewarganegaraan, dan Agama.

    • Enrichment Program

    Dilaksanakan selama 4-6 bulan pada semester ke-9, Enrichment Program merupakan salah satu program unggulan dari BINUS UNIVERSITY yang diharapkan dapat memperkaya soft skill calon lulusannya. Mahasiswa yang melaksanakan program enrichment bisa menyiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja sesungguhnya, entah itu dengan magang di perusahaan besar maupun memulai usaha sendiri sebagai seorang entrepreneur.

    Ada lima jenis track Enrichment Program yang bisa dipilih oleh mahasiswa BINUS. Kelima pilihan tersebut meliputi Internship Track (pemagangan), Entrepreneurship Track (pengembangan usaha), Research Track (riset dan penelitian), Community Development Track (pengembangan komunitas), dan Study Abroad Track (pembelajaran di universitas luar negeri dengan sistem transfer kredit). 

    Itulah berbagai pilihan mata kuliah sekaligus enrichment program yang bisa diambil oleh mahasiswa Ilmu Komputer dan Statistika di BINUS UNIVERSITY. Dengan berbagai pilihan menarik dan komprehensif untuk memperkaya soft skill dan pengalaman kerja, mahasiswa BINUS sudah pasti punya modal yang lebih dari cukup untuk bersaing di dunia kerja sesungguhnya. Lalu, siapkah kamu menjadi bagian penting dari jurusan ini?