BINUS UNIVERSITY

    Ini Dia 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah Jurusan Arsitektur

    Jika mendengar tentang jurusan kuliah arsitektur, banyak orang yang langsung menghubungkannya dengan proses desain dan pembuatan bangunan. Namun, lebih dari sekadar skill arsitektur, ada berbagai hal lain yang membuat orang menjadikan jurusan ini sebagai pilihan favorit.

    Jika kamu termasuk salah satu calon mahasiswa yang mengincar arsitektur sebagai jurusan di BINUS University, ada beberapa alasan yang bisa memantapkan pilihanmu. Apa saja?

    Kuliah

    • Menjadikanmu Seorang Problem Solver yang Andal

    Kuliah di jurusan arsitektur akan mengajarkan kamu bagaimana mengolah data dan menafsirkannya informasi di dalamnya tujuannya adalah untuk merancang bangunan sekaligus memecahkan berbagai masalah. Jawabannya tidak akan pernah langsung muncul. Kamu harus melakukan penyelidikan, melakukan banyak versi trial and error sampai menemukan solusi terbaik. Ini disebut dengan proses desain.

    Proses desain dan logika yang kamu gunakan untuk mendesain bangunan, dapat dimanfaatkan juga untuk memecahkan masalah lain yang tidak berhubungan dengan arsitektur. Pada akhirnya, semua materi kuliah juga akan membantu kamu dalam melakukan pendekatan atas semua masalah yang terjadi dalam hidup.

    • Memberimu Kesempatan Melihat Dunia yang Lebih Luas

    Salah satu cara bagi seorang arsitek untuk mendapatkan inspirasi adalah dengan mengeksplor sekitarnya, termasuk dengan berkeliling dunia. Arsitek yang tidak pernah melihat bagian lain dunia dan meneliti bagaimana interaksi mereka dengan lingkungan, tidak akan bisa mengembangkan pemikirannya dengan baik. Traveling adalah hal mutlak bagi seorang mahasiswa jurusan arsitektur.

    Di BINUS University sendiri, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan berkeliling dunia. Salah satunya dengan mengambil program internship ke luar negeri.

    • Membantumu Berpikir Out-of-the-box

    Kuliah jurusan arsitektur adalah tentang bagaimana kamu mampu melihat sebuah masalah dari berbagai sudut pandang. Jangan hanya mengikuti instruksi yang ada. Cobalah langkah A, B, C bahkan Z sampai kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. Setelah proses berpikir yang panjang ini, kreativitasmu pasti akan ikut meningkat.

    • Meningkatkan Kemampuan Diri

    Arsitektur dikenal sebagai salah satu jurusan yang sulit. Namun, kesulitan ini biasanya hanya akan kamu rasakan sebentar saja. Terutama di tahun-tahun awal perkuliahan. Kamu mungkin akan kesulitan mengikuti ritme pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas. Namun ketika kamu sudah sampai pada tahap akhir, cobalah lihat lagi apa saja yang sudah kamu lakukan. Kamu pasti akan takjub melihat sebesar apa perkembangan kemampuan diri yang kamu capai selama berkuliah di jurusan arsitektur.

    • Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Kemampuan Seni Kamu

    Berkuliah di jurusan arsitektur tidak hanya akan mengajarkan kamu bagaimana mendesain sebuah gedung yang indah dan artistik. Di saat yang sama, pemikiran analitismu dituntut untuk ikut aktif yakni dengan memikirkan lebih lanjut mengenai fungsionalitas bangunan, teknik pembuatan dan hal-hal lainnya. Memilih jurusan ini akan membantu kamu mengasah kemampuan seni sekaligus kemampuan berpikir analitis kamu secara bersamaan.

    • Menggeluti Profesi yang Fun dan Dinamis

    Arsitek merupakan salah satu profesi yang tidak hanya menyediakan peluang kerja yang besar, tapi juga pendapatan yang tinggi. Jika kamu punya impian ingin mendesain dan membangun gedung atau memiliki firma desain sendiri, maka jurusan arsitektur ini adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu.

    Profesi arsitek adalah sebuah pekerjaan yang dinamis. Setiap proyek yang kamu kerjakan akan berbeda dengan tingkat tantangan yang bervariasi. Kamu juga akan berhadapan dengan banyak klien dan orang-orang yang memiliki sifat berbeda satu sama lain. Ini akan membuat pekerjaanmu tidak monoton dan tentu saja lebih fun.

    Tertarik mengambil jurusan kuliah arsitektur? Daftarkan diri kamu sekarang juga dan jadilah arsitek andal bersama BINUS University!