BINUS UNIVERSITY

    Ingin Kuliah Jurusan Komunikasi? Intip Materi-Materi Seru yang Akan Kamu Dapat!

    Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang ada hampir di semua universitas di tanah air. Di BINUS University, jurusan ini merupakan salah satu opsi terfavorit bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah. Meski banyak orang mendefinisikannya sebagai jurusan yang mempelajari cara berkomunikasi, faktanya ada banyak sekali yang bisa kamu pelajari dengan mengambil Communication Degree

    Komunikasi merupakan bidang ilmu dengan cakupan yang sangat luas. Di dalamnya kamu akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan komunikasi manusia. Mulai dari cara kita berbicara dan menulis hingga cara kita berkomunikasi lewat media masa. Komunikasi membahas teori di balik interaksi yang dilakukan oleh manusia secara mencari tahu bagaimana cara praktis untuk melakukannya dengan efektif.

    Komunikasi cenderung menjadi jurusan kuliah yang populer karena di dalamnya terdapat banyak sub-spesialiasi profil tinggi. Misalnya saja jurnalisme, hubungan masyarakat, periklanan, film hingga komunikasi organisasi dan bisnis.

    Kuliah

    Jika kamu ingin mengambil jurusan komunikasi saat kuliah nanti, ada beberapa materi utama yang akan kamu terima antara lain:

    • Pengantar Ilmu Komunikasi

    Seperti halnya jurusan kuliah yang lain, di tahun awal perkuliahan kamu akan dibekali dengan materi yang paling mendasar yakni Pengantar Ilmu Komunikasi. Di dalam materi ini kamu akan mempelajari konsep dasar komunikasi, pengertian-pengertian tentang komunikasi menurut para ahli hingga sejarah komunikasi di dunia.

    • Sosiologi Komunikasi

    Seperti yang kita ketahui, komunikasi merupakan proses yang melibatkan interaksi sosial antara satu individu dengan individu atau kelompok lainnya. Ada timbal balik yang timbul dari proses ini. Dalam Sosiologi Komunikasi, mahasiswa akan dibekali dengan pemahaman hubungan antara interaksi dengan komunikasi. Adapun yang termasuk dalam objek kajian yang akan dipelajari termasuk media massa, media sosial, pop culture hingga teknologi informasi dan komunikasi.

    • Hukum Etika Pers

    Ilmu komunikasi berhubungan erat dengan jurnalisme dan pers. Tidak heran jika salah satu materi kuliah yang akan diajarkan berhubungan dengan hukum dan etika pers. Setiap materi yang berhubungan dengan media penyiaran mencakup film, media cetak teater hingga internet memiliki aturan dan etika yang harus dipenuhi. Dengan mempelajari hukum dan etika pers, lulusan BINUS University jurusan komunikasi diharapkan dapat melakukan tugasnya di lapangan sesuai dengan nilai-nilai dan aturan yang ada.

    • Pengantar Ilmu Jurnalistik

    Dalam materi ini, mahasiswa tidak hanya akan dibekali dengan pengetahuan mengenai pengertian jurnalistik menurut para ahli, tapi juga beragam teori yang ada. Kamu juga akan mendapatkan ilmu tentang apa saja yang termasuk ke dalam ruang lingkup jurnalistik.

    • Penulisan Naskah Film dan TV

    Seorang lulusan ilmu komunikasi tidak hanya dituntut mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan tapi juga melalui tulisan. Karena itulah banyak sekali materi terkait kepenulisan yang akan kamu pelajari dengan berkuliah di jurusan komunikasi. Salah satunya adalah bagaimana cara menulis naskah film dan naskah untuk acara televisi. Dengan bekal ini, kamu bisa bekerja menjadi screen writer untuk berbagai acara di stasiun televisi atau menjadi penulis naskah film setelah lulus nantinya.

    • Komunikasi Internasional

    Salah satu misi yang ingin diwujudkan oleh BINUS University adalah mempersiapkan alumni yang berkualitas dan dan siap bersaing di kancah global. Melalui jurusan komunikasi, kamu bisa belajar tentang materi komunikasi internasional. Ada beberapa poin penting di dalamnya yakni:

    • Isu yang dibahas dalam komunikasi internasional mencakup hal-hal yang sifatnya global atau internasional
    • Orang yang berkomunikasi tidak hanya mencakup satu bahasa dan kebangsaan saja, tapi terdiri dari berbagai negara berbeda
    • Sarana yang digunakan bersifar global termasuk media dan prosesnya.

    Itulah beberapa materi yang akan kamu pelajari saat kuliah mengambil jurusan komunikasi. Sebagai salah satu kampus terbaik yang dimiliki Indonesia, BINUS University siap mencetak siapa saja yang ingin memiliki keahlian di bidang komunikasi baik skala nasional maupun global. Persiapkan dirimu sekarang juga dan bergabunglah dengan BINUS University untuk meraih impianmu.