BINUS UNIVERSITY

    Global Class BINUS UNIVERSITY Siap Bentuk Lulusan Hubungan Internasional Kelas Dunia

    Program studi Hubungan Internasional menghasilkan lulusan yang mampu memanfaatkan keahlian mereka di konteks global. Diplomat atau pakar HI kelas dunia jadi andalan pemerintah dalam menjaga relasi dengan negara lain. Itulah sebabnya BINUS UNIVERSITY berusaha mewujudkannya dengan membuka prodi Hubungan Internasional pada tahun 2012.

    Agar alumni mendapat kesempatan untuk berkembang dalam lingkungan internasional, BINUS UNIVERSITY mengadakan program Global Class untuk beragam program studi. Berikut keuntungan mengikuti program tersebut dalam prodi Hubungan Internasional.

    Kelas Dunia

    Apa Itu Global Class?

    Hadir sejak tahun 2013, Global Class adalah program yang menyiapkan mahasiswa BINUS UNIVERSITY untuk memasuki ranah internasional dalam hal pendidikan maupun kerja. Program ini menerapkan kurikulum berstandar internasional agar mahasiswa siap menerapkannya ketika bekerja di ranah serupa. Mahasiswa juga wajib belajar selama satu semester di universitas luar negeri yang bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY.

    Program lainnya termasuk berbagai seminar untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa. Selain itu, ada pelatihan untuk mengembangkan soft skills yang diperlukan sebagai pendukung keahlian akademik. Kurikulum juga memberi penekanan pada komunikasi bahasa Inggris aktif untuk mempersiapkan alumni kelas dunia yang bisa langsung berbaur dengan komunitas global.

    Manfaat Ikut Program Global Class HI

    Program Global Class untuk prodi Hubungan Internasional memberikan beberapa keuntungan untuk mahasiswa, contohnya:

    • Memberi Bekal Teori dan Praktik yang Seimbang

    Program Global Class menerjunkan mahasiswa ke dalam komunitas global serta simulasi ranah profesional terkait hubungan internasional. Selain belajar beragam teori, isu, dan informasi seputar hubungan internasional, mahasiswa juga siap untuk langsung menerapkannya berbagai keahlian terkait setelah lulus, misalnya diplomasi, komunikasi, serta negosiasi.

    • Menajamkan Keahlian Analisis

    Kualitas alumni Hubungan Internasional kelas dunia membuka kesempatan untuk menerapkan kemampuan analisis dalam berbagai situasi. Program Global Class membantu mahasiswa mengembangkan keampuan analisis tajam untuk memahami dan menguraikan masalah dalam beragam isu internasional. Hal ini juga termasuk analisis media, situasi regional serta global, dan kebijakan.

    • Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

    Kemampuan berkomunikasi sangat penting jika ingin berkarier dalam dunia hubungan internasional. Program Global Class mengasah kemampuan berbicara di depan publik, komunikasi relasi publik, dialog, pemecahan masalah, menengahi konflik, dan sebagainya. Hal ini juga diterapkan dalam ranah komunikasi lainnya, misalnya kemampuan menulis.

    • Menciptakan Dasar Kemampuan Berbahasa

    Program Global Class Hubungan Internasional menawarkan kelas-kelas untuk menjadi dasar berbahasa asing. Selain bahasa Inggris, terdapat kelas-kelas untuk bahasa Spanyol, Arab, Mandarin, Jepang, Prancis, dan sebagainya.

    Potensi Karier Lulusan HI BINUS UNIVERSITY?

    Program BINUS UNIVERSITY termasuk kelas dunia, jadi wajar jika prospek kerjanya juga beragam dan bergengsi. Inilah beberapa potensi karier untuk mahasiswa yang memilih BINUS UNIVERSITY dan program Global Class-nya.

    • Diplomat

    Inilah salah satu profesi incaran lulusan HI di Indonesia. Sebagai diplomat, alumni akan bekerja sama dengan Kementerian Urusan Luar Negeri. Profesi ini cocok untuk yang gemar bepergian, bicara di depan umum, dan tertarik pada beragam isu.

    • Analis Program

    Siapa bilang analis program hanya berurusan dengan bidang saintifik? Lulusan BINUS UNIVERSITY bisa menjadi analis program kelas dunia lewat program Global Class. Profesi ini cocok untuk peminat kegiatan analisis terkait aktivitas dan program suatu organisasi atau institusi.

    • Negosiator

    Profesi negosiator terkait konteks hubungan internasional mewakili negara dalam menjalin perjanjian atau persetujuan internasional. Karier ini cocok untuk alumni yang menikmati olah pikiran, komunikasi, dan interaksi dengan berbagai karakter.

    • Staf Ahli

    Mahasiswa yang berminat menjadi bagian dari institusi pemerintah atau organisasi besar dapat berkarier sebagai staf ahli. Selain menjadi pijakan untuk karier lebih tinggi, staf ahli juga memiliki daya tawar besar dalam dunia kerja.

    • Dosen dan Peneliti

    Alumni yang menyukai bidang pendidikan dan akademisi bisa menjadi dosen atau peneliti setelah lulus. Global Class memberikan kompetensi kelas dunia untuk mendukung perkembangan karier bidang akademik setelah lulus dari BINUS UNIVERSITY.

    Program studi Hubungan Internasional di BINUS UNIVERSITY terkenal memiliki kualitas terbaik untuk membentuk alumni bermutu. Program Global Class memberi tambahan kompetensi bagi alumni dan menciptakan lulusan kelas dunia yang siap berkarier di ranah global.