BINUS UNIVERSITY

    Gak Cuma Buat Game, Ini Dia Prospek Karier Lulusan Game Application and Technology

    Memilih jurusan kuliah di era modern seperti sekarang bakal cukup membingungkan. Apalagi, kalau kamu tidak memiliki bekal informasi yang memadai. Salah satunya adalah program kuliah game application and technology. Kira-kira, alumni jurusan ini bisa jadi apa ya? 

    Kuliah game application and technology bisa dibilang merupakan salah satu inovasi dalam dunia pendidikan modern. Apalagi, industri game saat ini telah berkembang secara masif. Keberadaan game pun tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari masyarakat. 

    Perkembangan industri game yang ada saat ini pun bakal terus berlangsung dalam beberapa tahun mendatang. Apalagi, inovasi teknologi juga terus berkembang, menghasilkan game yang lebih kompleks dan canggih. 

    Dengan situasi seperti itu, para alumni jurusan game application and technology bisa mengambil peran secara aktif di dalamnya. Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para alumni jurusan ini, di antaranya adalah: 

    Game Application and Technology

    • Game designer

    Prospek kerja pertama dari adanya jurusan game application and technology adalah sebagai game designer. Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk merancang konsep game, baik yang dijalankan lewat konsol, smartphone, website, dan komputer. Kamu perlu merancang konsep, plot, gameplay, ataupun tingkat kesulitan permainan. 

    Untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya tersebut, game designer harus memiliki tingkat kreativitas tinggi. Kamu pun perlu membekali diri dengan kemampuan mengoperasikan software desain dan editing. Dengan bekal kemampuan tersebut, kamu dituntut untuk bisa menghasilkan inovasi permainan yang canggih menarik.  

    • Game developer

    Peluang kerja lulusan game application and technology adalah menjadi game developer. Tanggung jawab utama seorang game developer adalah menciptakan game sesuai hasil rancangan yang telah disepakati. Game developer perlu kemampuan teknis dalam menciptakan game dalam berbagai platform, mulai dari konsol, mobile, hingga desktop. 

    Developer game harus membekali diri dengan pengetahuan terkait konsep penting dalam proses pengembangan game. Untuk bisa melakukannya, kamu perlu membekali diri dengan kemampuan coding. Kemampuan tersebut selanjutnya digunakan untuk menciptakan alur cerita, karakter, serta menyusun desain dan mekanisme permainan.

    • Animator

    Saat berkuliah di jurusan game application and technology, kamu akan memperoleh cukup banyak materi pembelajaran terkait desain. Beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan kemampuan desain di jurusan ini antara lain adalah modelling, drawing, multimedia interaktif, animasi game, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tak heran kamu bakal punya kemampuan desain grafis yang dapat diandalkan. 

    Bekal kemampuan dalam desain drafis itu dapat kamu manfaatkan untuk meniti karier sebagai seorang animator. Seorang animator tidak terbatas hanya bekerja di industri game. Kamu dapat memilih karier di dunia film, internet, periklanan, ataupun televisi. Biar tidak kalah bersaing, kamu juga harus mengikuti inovasi teknologi dan menguasai aplikasi desain animasi populer, seperti Maya, Affeter Effect, dan sebagainya. 

    • Entrepreneur

    Lulusan game application and technology dapat pula memanfaatkan kemampuan yang didapatkannya untuk menjadi seorang entrepreneur. Kamu bisa memilih untuk mengembangkan game sendiri dan mempopulerkannya di kalangan para gamer. Peluang untuk mewujudkannya pun bakal terbuka sangat lebar kalau kamu kuliah di BINUS. 

    BINUS University memang menjadi satu dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan game application and technology. Di samping itu, BINUS juga memiliki reputasi sebagai kampusnya para entrepreneur. Selama berkuliah di sini, kamu berkesempatan untuk memperoleh banyak pengetahuan untuk menjadi entrepreneur sukses. 

    • Game tester

    Peluang kerja yang terakhir adalah menjadi seorang game tester atau quality assurance (QA). Tugas yang menjadi tanggung jawab seorang game QA adalah memastikan tidak ada kesalahan dalam game, baik kesalahan desain ataupun teknis. Untuk menemukan kesalahan tersebut, kamu pun dituntut untuk mencoba permainan dalam durasi cukup lama. 

    Bekal utama yang dapat kamu manfaatkan untuk menjadi game QA adalah hobi bermain game. Selain itu, kamu juga perlu mempunyai kemampuan dalam mencari permasalahan dan sekaligus menyelesaikannya. Sebagai tambahan, kamu harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang dunia game

    Nah, itulah 5 prospek kerja menjanjikan yang bisa kamu dapatkan ketika berkuliah di jurusan game application and technology. Selain 5 pekerjaan itu, masih banyak lagi peluang yang dapat kamu manfaatkan dengan berkuliah di jurusan yang penuh inovasi tersebut. Apalagi, kalau kamu memilih berkuliah di perguruan tinggi  berkualitas seperti BINUS.