BINUS UNIVERSITY

    7 Profesi Masa Depan untuk Mahasiswa Computer Science & Mathematics

    Menapaki era Industri 4.0, teknologi menjadi hal yang kerap dieksplorasi untuk meningkatkan efektivitas pekerjaan. Teknologi juga digunakan sebagai penunjang gaya hidup, kreativitas, dan pemecah masalah. Sementara matematika, sekalipun tidak terlalu disukai sebagian orang, ilmunya dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Jadi, kamu yang kini menjadi mahasiswa Computer Science & Mathematics, harus maksimal dalam mempelajari bidang keilmuan ini. Pasalnya, lulusan Computer Science & Mathematics memiliki kesempatan untuk menjalani banyak profesi. Berikut beberapa profesi yang bisa dijalani.

    Mahasiswa

    • Konsultan IT

    Konsultan IT (Information Technology) bertugas untuk menganalisis kebutuhan model bisnis klien yang berbasis teknologi. Karena itulah, konsultan IT harus mengikuti perkembangan terbaru di bidang teknologi komputer maupun informasi.

    Tidak hanya itu, konsultan IT juga memiliki tanggung jawab dalam melakukan diagnosis dan analisis masalah perusahaan yang potensial. Setelah menganalisis, konsultan IT harus mengembangkan rencana aksi, meliputi sumber daya dan skala waktu.

    Pada tahap berikutnya, konsultan IT bertugas memperbaiki sistem dan jaringan komputer dalam perusahaan. Jika tidak bisa diperbaiki lagi, konsultan harus merancang ulang sistemnya.

    Kendati sistem sudah berjalan lancar, konsultan IT wajib memantau perkembangannya. Minimal, konsultan IT memastikan sistem tersebut mudah digunakan dan mampu bekerja dengan baik.

    • Web Developer

    Bagi kamu yang tidak ingin terikat perusahaan, web developer bisa menjadi pilihan profesi. Pekerjaan utama seorang web developer adalah membuat program aplikasi untuk situs world wide web. Karena itu, web developer harus menguasai teknik coding, pembuatan web dari nol, serta pengembangan layout website.

    Biasanya, untuk memudahkan pekerjaan tersebut, web developer dibagi menjadi tiga. Pertama, frontend developer; tugasnya merancang dan membangun antarmuka website. Bagian ini pula yang menentukan interface dari sisi pengguna. 

    Kemudian, bagian kedua disebut backend web developer dengan tugas mengelola sisi dalam website, mulai dari server, aplikasi, fitur, hingga database. Divisi ini juga bertanggung jawab atas perhitungan, penyimpanan, hingga pemrosesan form pendaftaran.

    Posisi terakhir adalah fullstack web developer yang bertugas membangun sisi luar sekaligus bagian dalam website. Karena itu, Fullstack web developer dianggap sebagai posisi paling sulit.

    • Software Engineer

    Profesi software engineer cocok untuk kamu yang suka menganalisis, merekayasa, dan mengimplementasi perangkat lunak tertentu. Jika terjadi masalah dalam perangkat lunak tersebut, software engineer harus melakukan validasi dan merancang kembali sistemnya.

    Dalam menjalankan tugasnya, seorang software engineer mesti menguasai kemampuan software development life cycle (SDLC). Keahlian ini digunakan sebagai bekal utama dalam mengembangkan mulai dari requirement sampai maintenance software.

    • Data Scientist

    Akhir-akhir ini, profesi data scientist kerap diburu perusahaan multinasional. Pasalnya, data scientist memiliki pekerjaan strategis terkait pengumpulan hingga pengolahan data dalam jumlah besar.

    Untuk menjalankan pekerjaannya, seorang data scientist harus memiliki kemampuan riset, analisis, manajerial, dan bisnis. Data scientist juga wajib menguasai ilmu statistika karena berkaitan dengan software machine learning yang digunakan.

    • Multimedia Programmer

    Multimedia adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membuat tampilan di komputer berupa gambar, teks, suara, maupun video. Biasanya, mahasiswa Computer Science & Mathematics dibekali multimedia pada semester ke-5.

    Nah, ketika lulus kuliah, ilmu multimedia itulah yang menjadi modal utama menjadi multimedia programmer. Tugas utama multimedia programmer, yakni menghasilkan produk digital inovatif. Contohnya, film animasi interaktif, situs web berbasis flash, dan aplikasi seluler.

    Dalam menjalankan tugasnya tersebut, multimedia programmer menggunakan bahasa pemrograman. Beberapa bahasa pemrograman yang dipakai, yakni PHP, HTML 5, dan Ruby on Rails.

    • Database Administrator

    Database administrator bertugas untuk memantau alur pendataan mulai dari proses input sampai pengamanan. Profesi ini juga bertanggung jawab atas pengelolaan seluruh data perusahaan, termasuk hak akses para staf.

    • Business Analyst

    Selama menjadi mahasiswa Computer Science & Mathematics, kamu harus menguasai ilmu bisnis. Pasalnya, ilmu inilah yang menjadi modal dasar profesi business analyst.

    Business analyst bertugas melakukan analisis dan validasi, menentukan arah kebijakan, dan mengambil keputusan bisnis. Karena itulah, keberadaan business analyst berpengaruh pada produktivitas, profitabilitas, dan perkembangan perusahaan.

    Itulah tujuh profesi masa depan untuk mahasiswa Jurusan Computer Science & Mathematics. Salah satu perguruan tinggi yang menyediakan Jurusan Computer Science & Mathematics terbaik adalah BINUS UNIVERSITY. Visi utama jurusan tersebut adalah menjadi departemen kelas dunia dalam matematika berbasis IT.