BINUS UNIVERSITY

    7 Karir Potensial untuk Lulusan Program Kuliah Pemasaran Global

    BINUS UNIVERSITY menawarkan beragam program kuliah untuk menciptakan lulusan dengan kompetensi tingkat internasional. Jurusan Pemasaran Bisnis Global (Global Business Marketing) terutama cocok untuk peminat tren dunia bisnis internasional yang dinamis. Menariknya lagi, jurusan ini juga banyak memberi pilihan karir potensial!

    Apa saja pilihan karir yang cocok untuk lulusan program kuliah Pemasaran Bisnis Global? Berikut beberapa pilihan yang cukup potensial.

    Program Kuliah

    • Manajer Pemasaran Global

    Manajer pemasaran global (global marketing manager) adalah bagian dari jajaran eksekutif yang menangani kepentingan strategi pemasaran untuk pasar luar negeri. Profesi ini menantang karena manajer harus berurusan dengan pelanggan dan rekan berbeda terkait budaya, bahasa, selera, kebiasaan, dan demografi.

    Deskripsi kerja manajer pemasaran global antara lain mengawasi pembuatan kampanye iklan yang sesuai demografi lokal, menganalisis tren internasional, serta mengidentifikasi pasar baru di luar negeri.

    • Manajer Pemasaran Media Sosial

    Program kuliah BINUS UNIVERSITY disesuaikan dengan tren teknologi informasi. Pemasaran lewat media sosial sudah pasti masuk ke dalam kurikulum. Alumni bisa menjajal karir sebagai manajer atau pakar pemasaran media sosial. Strategi pemasaran lewat teknologi ini cukup unik karena melibatkan analisis beragam data.

    Deskripsi kerja manajer pemasaran media sosial antara lain melakukan analisis demografi, menciptakan kampanye pemasaran yang sesuai, mengatur komunikasi antara pengguna medsos dan perwakilan suara perusahaan, dan membangun citra serta reputasi merek di dunia maya. Setiap strategi juga harus disesuaikan dengan karakteristik pengguna media sosial berbeda.

    • Pakar Strategi Merek Global

    Pakar strategi merek global (global brand strategist) punya tanggung jawab besar dalam mengangkat reputasi merek atau nama perusahaan. Program kuliah BINUS UNIVERSITY mengarahkan mahasiswa untuk mengembangkan jiwa inovasi, kreativitas, dan kemampuan riset menggunakan teknologi, cocok sebagai pembekalan untuk karir ini.

    Deskripsi pekerjaan pakar strategi merek global antara lain mengembangkan strategi pengenalan merek efektif, mengelola proyek pembuatan iklan dan media promosi lain, menganalisis laporan demografi negara sasaran pemasaran, hingga mengembangkan strategi jangka pendek dan panjang untuk menjaga reputasi merek.

    • Peneliti Pemasaran Internasional

    Alumni dengan naluri penjelajahan data yang kuat bisa berkarir sebagai peneliti bidang pemasaran internasional. Tanggung jawabnya antara lain mengumpulkan data menggunakan berbagai metode seperti survei dan pengambilan sampel, menganalisis tren bisnis serta perilaku pasar, dan membuat laporan demi kepentingan strategi pemasaran.

    Sebagai peneliti, lulusan BINUS UNIVERSITY berkesempatan bekerja sama dengan perusahaan di berbagai bidang. Peneliti juga bisa berkarir di bidang akademik atau melakukan riset mandiri pada bidang pemasaran untuk industri spesifik.

    • Manajer Pemasaran Nonprofit

    Bisakah manajer pemasaran bekerja di bidang nonprofit? Tentu saja! Manajer pemasaran nonprofit berfokus pada upaya untuk mendukung tugas lembaga beragam bidang, misalnya lingkungan, masyarakat, pendidikan, seni, dan sebagainya. Fokus tugasnya adalah riset dan pengelolaan strategi untuk meraih perhatian serta menjalin hubungan dengan komunitas.

    Manajer pemasaran bidang nonprofit juga bertanggung jawab menciptakan kampanye promosi untuk mengangkat nama serta bidang kerja lembaga tersebut. Semakin banyak perhatian yang datang, semakin mudah bagi lembaga untuk mendapat dukungan dan mempromosikan misi mereka.

    • Manajer Bidang Layanan Pelanggan

    Program kuliah BINUS UNIVERSITY tidak hanya berfokus pada tren pemasaran dan teknologi, tetapi juga pelanggan. Manajer bidang layanan pelanggan (customer relationship manager) bertugas menjalin dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, baik baru maupun lama. Tugasnya mencakup pengurusan layanan keluhan dan solusinya, penyusunan program penghargaan untuk pelanggan loyal, hingga promosi bagi pelanggan baru.

    • Manajer Komunikasi Pemasaran

    Manajer komunikasi pemasaran (marketing communication manager) punya tugas berat untuk menjaga alur kegiatan pemasaran agar terus berjalan. Caranya adalah dengan memastikan bahwa jalur informasi dan komunikasi antar departemen atau bagian dalam perusahaan tetap lancar. Manajer bidang ini juga bertanggung jawab dalam pembuatan laporan media, rilis pres, dan saluran komunikasi eksternal lainnya.

    Program kuliah Pemasaran Bisnis Global dari BINUS UNIVERSITY menawarkan berbagai keahlian dan wawasan yang diperlukan untuk memulai tangga karir di kancah internasional.  Pastikan memilih kampus ini untuk memulai karir bidang pemasaran.