BINUS UNIVERSITY

    5 Fakta Menarik BINUS UNIVERSITY, Top 8 Kampus Berkelas Dunia di Indonesia

    Mendapatkan pendidikan berkelas dunia tidak harus jauh-jauh ke luar negeri. Kamu bisa pula mendapatkannya di dalam negeri. Salah satu perguruan tinggi yang menawarkan lembaga pendidikan berkelas dunia adalah BINUS UNIVERSITY. Di sini, kamu akan memperoleh berbagai fasilitas pendukung dan kurikulum terkini. Sebagai buktinya, BINUS UNIVERSITY termasuk dalam salah satu top 8 kampus Indonesia yang telah memperoleh pengakuan dunia. 

    Pengakuan sebagai top 8 kampus terbaik di Indonesia tersebut tidak berasal dari lembaga yang punya reputasi sembarangan. Prestasi itu diberikan oleh Quacquarelli Symonds yang secara rutin mengeluarkan daftar perguruan tinggi terbaik dunia, atau biasa dikenal sebagai QS World University Rankings. Dalam daftar terbaru tahun 2021, BINUS UNIVERSITY menempati posisi ke-7 terbaik dari total 8 perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam top 1000 dunia. 

    Dengan prestasi yang sangat gemilang tersebut, cukup menarik untuk mengetahui fakta lebih lanjut tentang BINUS UNIVERSITY, kan? Nah, ada lima fakta penting yang perlu kamu ketahui, yakni:

    BINUS UNIVERSITY

    • #1. BINUS adalah salah satu perguruan tinggi terbaik Indonesia

    Fakta yang pertama, kualitas pendidikan di BINUS UNIVERSITY mendapatkan pengakuan internasional. Sebagai buktinya, BINUS menempati posisi 801-1.000 dalam QS World University Rankings 2021. Berdasarkan peringkat tersebut, BINUS pun mendapatkan status sebagai salah satu perguruan tinggi dalam Top 8 Indonesian University. 

    Reputasi sebagai Top 8 Indonesian University yang diraih BINUS UNIVERSITY mampu mengalahkan beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia. Posisi BINUS hanya kalah dibandingkan dengan UGM, UI, ITB, Unair, IPB, dan ITS. Selain itu, BINUS UNIVERSITY juga menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masuk dalam Top 8 Indonesian University. 

    • #.2 Lulusan BINUS gampang mencari kerja

    Mahasiswa BINUS UNIVERSITY tidak perlu khawatir kesulitan mencari kerja setelah lulus. Kualitas lulusan BINUS telah mendapatkan pengakuan di tingkat internasional. Bahkan, QS menempatkan BINUS UNIVERSITY sebagai Top 6 Indonesian University untuk kategori Graduate Employability Rankings. Tak cukup sampai di situ, BINUS juga menjadi satu-satunya universitas dari Indonesia yang memperoleh penilaian 4 star

    Pencapaian itu tidak lepas dari adanya berbagai program penunjang yang telah dirancang oleh BINUS UNIVERSITY. Di sini, para mahasiswa didorong tidak hanya mempunyai keahlian yang mumpuni. Namun, mereka juga didorong untuk siap menghadapi persaingan keras di dunia kerja. Hal ini diwujudkan dengan adanya kesempatan magang di berbagai perusahaan dunia atau keikutsertaan dalam program study exchange ke luar negeri. 

    • #3. BINUS Kampusnya para entrepreneur

    Fakta menarik yang bisa kamu ketahui dari BINUS UNIVERSITY selanjutnya adalah tempat ini dikenal sebagai kampusnya para entrepreneur inovatif. Kamu bakal menemukan banyak alumni BINUS yang tidak hanya mempunyai karier sukses dan berhasil ditunjuk sebagai pimpinan perusahaan ternama dunia. Selain itu, kamu akan menemukan kalau para alumni BINUS UNIVERSITY banyak yang memilih jalur berbisnis. 

    Kesuksesan yang didapatkan oleh para entrepreneur muda lulusan BINUS UNIVERSITY juga sangat membanggakan. William Tanuwijaya yang terkenal founder Tokopedia merupakan alumni Jurusan Teknik Informatika BINUS tahun 1999. Ada pula Andrew Darwis yang pernah tercatat sebagai mahasiswa di Jurusan Sistem Informasi BINUS angkatan 1998. Aplikasi mobile photo sharing Picmix juga merupakan salah satu kreasi dari alumni BINUS UNIVERSITY, yaitu Calvin Kizana yang merupakan lulusan Ilmu Komputer BINUS 1991. 

    • #4. BINUS telah mendidik negeri sejak 1974

    BINUS UNIVERSITY bukanlah perguruan tinggi yang baru berdiri. BINUS sudah lama melahirkan berbagai talenta berkualitas Indonesia. Cikal bakal BINUS berawal dari lembaga pelatihan komputer bernama Modern Computer Course yang lahir pada 21 Oktober 1974. Pendirinya saat itu adalah Bapak Joseph Wibowo Hadipoespito. 

    Selanjutnya, Modern Computer Course berkembang pesat. Pada 1 Juli 1981, lembaga ini berkembang jadi Akademi Teknik Komputer. ATK pun mengembangkan layanan pendidikannya dan mengubah nama jadi AMIK Jakarta pada 13 Juli 1984. Nama BINUS UNIVERSITY kemudian mulai dikenal setelah pada 21 September 1985 AMIK berganti nama jadi Bina Nusantara. 

    • #5. BINUS punya sistem pendidikan yang inovatif

    Terakhir, BINUS UNIVERSITY mempunyai skema pendidikan yang beda dibandingkan dengan kampus lain. Di sini, kamu akan menemukan program yang dikenal dengan nama (2+1)+1. Program yang diterapkan mengharuskan mahasiswa untuk belajar di kampus BINUS asal selama 2 tahun yang kemudian berlanjut selama 1 tahun di kampus BINUS kota lain, serta 1 tahun program enrichment

    Para mahasiswa punya kebebasan dalam memilih program enrichment yang ingin mereka ikuti. Kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk merasakan pengalaman berkuliah ke luar negeri lewat program student exchange. Ada pula pilihan untuk kerja magang, berbisnis, atau melakukan penelitian. Lengkap dan menarik, kan?

    Nah, itulah lima fakta menarik yang bisa kamu ketahui dari BINUS UNIVERSITY. Kalau tertarik, kamu bisa lho jadi bagian dari BINUS dan menjadi salah seorang Binusian.