Internet of things adalah suatu konsep atau program dimana sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. Internet of things atau sering disebut dengan IoT saat ini mengalami banyak perkembangan. Hal ini merupakan salah satu terobosan teknologi terbaru dalam Industry 4.0. Salah satu pemanfaatan IoT adalah dalam bentuk wireless atau contactless tools. Prodi Computer Engineering BINUS UNIVERSITY berinisiatif mengadakan Trial Class How to Make Contactless Ruler. Dalam webinar ini, peserta diberikan pemaparan langsung mengenai pembuatan Contactless Ruler bersama Kak Sulthan Daniswara selaku PCD Assistant.

Acara dibagi menjadi 4 sesi. Sesi nya itu terdiri dari Projek Pertama, Projek Kedua, Projek Ketiga dan Projek Utama. Sebelum memulai ke sesi pengerjaan projek, penonton lebih dahulu dijelaskan mengenai platform apa saja yang sering digunakan untuk mengerjakan tugas dalam jurusan Computer Engineering serta kelebihan dan kekurangan dari platform tersebut. Contoh platformnya adalah Tinkercad.

Projek pertama adalah menyalakan LED dengan menggunakan baterai 9 volt di platform Tinkercad. Pada sesi tersebut pembawa acara menunjukkan video demonstrasi dan juga tidak lupa penonton dijelaskan komponen – komponen serta kegunaanya. Lalu cara – cara memindahkan objek serta memasang dan menyambungkan objek agar projek dapat berjalan dengan sempurna. Lalu lanjut ke projek kedua, projek kedua adalah membuat blinking LED dengan menggunakan arduino. Sama seperti projek sebelumnya pada projek ini juga penonton dilengkapi dengan video demonstrasi dan penjelasan tentang komponen – komponennya. Dan lanjut ke projek yang ketiga, projek ini mencoba untuk mengukur jarak dan mencari tahu mengenai cara ultrasonic sensor bekerja. Dan yang projek utamanya adalah merangkai Contacless Ruler. Pada akhir acara peserta dapat mengakses modul yang dapat digunakan untuk latihan di rumah.