BINUS UNIVERSITY

    Tips Staycation dengan Keluarga di Hotel Saat Pandemi

    Pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam segala aspek. Interaksi antara sesama manusia tidak lagi sebebas sebelum virus ini menyerang. Tiap orang wajib menjaga jarak satu sama lain untuk menghindari terjadinya penularan melalui kontak fisik.

    Di tengah pandemi, mau tidak mau aktivitas harus terus berjalan. Supaya tetap aman, ada protokol kesehatan yang wajib dipatuhi saat berada di mana pun. Salah satunya ketika staycation dengan keluarga di hotel. Nah, apa saja hal yang perlu kamu ketahui dan lakukan agar liburan singkat tersebut tetap aman dan menyenangkan?

    • Hotel Terapkan Protokol Kesehatan

    Staycation

    Hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah keamanan dan kebersihan tempat menginap. Jika berada di wilayah Bekasi, misalnya, sebagian hotel telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, misalnya Aston Imperial Bekasi Hotel & Conference. 

    Hal ini sesuai dengan imbauan dari Kemenparekraf yang mendorong pemilik hotel memenuhi standar Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE). Adanya standar tersebut bertujuan untuk memastikan para tamu tetap aman dari paparan virus. 

    Jadi, sebelum memesan kamar untuk staycation bagi keluarga di Bekasi, upayakan untuk mengetahui apakah hotel pilihan kamu memenuhi standar tersebut.

    • Kondisi Fisik Harus Fit

    Selanjutnya, kamu wajib memastikan jika fisik sedang berada dalam kondisi fit saat akan staycation. Ini berarti daya tahan tubuh sedang optimal sehingga tidak mudah terserang penyakit. Sebaliknya, jika sedang merasa tidak enak badan atau mengalami demam, batuk, dan pilek, tunda terlebih dahulu rencana tersebut.

    Staycation di hotel memungkinkan kamu untuk bertemu dengan banyak orang. Jika sedang tidak fit, kamu dapat terpapar virus berbahaya dengan mudah. Lagi pula, jika menunjukkan gejala mirip COVID-19, kamu pasti tidak diizinkan untuk memasuki area hotel.

    • Siapkan Perlengkapan Sanitasi

    Meskipun hotel telah menerapkan protokol kesehatan, tidak ada salahnya juga jika kamu mempersiapkan perlengkapan sanitasi sendiri. Beberapa di antaranya masker, face shield, hand sanitizer, sabun, tisu antiseptik, dan peralatan lain yang membantu mengurangi kontak fisik.

    Jika memungkinkan, kamu juga dapat membawa alat untuk melakukan sterilisasi peralatan makan dan benda-benda milik sendiri. Dengan langkah semacam ini, kamu dapat mengurangi potensi terpapar virus yang mungkin menempel di benda.

    • Jangan Lengah, Tetap Jaga Jarak

    Saat berada di hotel, kamu wajib tetap menjaga jarak dengan orang lain. Gunakan masker selama berada di luar kamar. Sebaiknya jangan menggunakan fasilitas bersama di hotel jika terpaksa bertemu dengan banyak orang. Pilihlah waktu-waktu khusus yang sepi untuk menggunakan fasilitas tersebut, tentu saja setelah memastikan kebersihannya.

    Menginap di hotel bersama keluarga selama pandemi dapat menjadi salah satu cara mengurangi stres. Pasalnya, sepanjang tahun ini, semua orang dianjurkan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan menghindari interaksi dengan orang lain. 

    Mendalami Bisnis Perhotelan di BINUS

    Staycation

    Sebagai langkah antisipasi pencegahan penularan, pihak hotel memastikan area hotel aman bagi para tamu yang datang menginap. Strategi ini merupakan bagian dari manajemen perhotelan yang tanggap terhadap situasi dan memastikan kebutuhan calon pengunjung terpenuhi. 

    Jika tertarik untuk terjun di dunia perhotelan, kamu bisa mendalami seluk-beluknya melalui kurikulum Business Hotel Management di BINUS UNIVERSITY. Kampus yang berlokasi di Jalan Lingkar Boulevard Blok WA No.1 Summarecon Bekasi ini memiliki program D4 bagi yang ingin mempelajari bisnis perhotelan. 

    Bukan hanya mendapat pengetahuan, kamu juga berkesempatan mendapat pengalaman berharga dengan internship. Lulus dari program kuliah ini, ada berbagai prospek karier yang dapat kamu raih, misalnya menjadi manajer hotel, pemilik bisnis akomodasi, atau manajer restoran. 

    Menariknya, kurikulum yang diterapkan didesain untuk industri perhotelan tingkat internasional. Namun, sentuhan budaya Indonesia tetap dipertahankan.

    Dengan mengetahui ilmu bisnis perhotelan, kamu memiliki modal untuk melamar pekerjaan kelak, bahkan membangun bisnis akomodasi sendiri. Sangat menarik, bukan? Ayo, daftar kuliah di BINUS UNIVERSITY.