BINUS UNIVERSITY

    Wujud Kontribusi BINUS University Membangun Indonesia Jadi Lebih Baik

    Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Apalagi, Indonesia punya potensi besar sebagai salah satu negara berpenduduk terbanyak dunia. BINUS University sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik Indonesia, berusaha memberikan kontribusi besar dalam upaya membangun masa depan. 

    Sejak berdiri pada 21 Oktober 1974, BINUS sudah melahirkan banyak alumni berkualitas. Kontribusi melalui para alumni tidak hanya berupa kemampuan mereka sebagai seorang tenaga kerja andal. Namun, para Binusian juga telah mendapatkan pembekalan terkait dunia kewirausahaan. Tak heran kalau saat ini banyak perusahaan ataupun startup yang didirikan oleh para alumni.

    Kontribusi

    • Bukti Kualitas Lulusan BINUS 

    Setiap tahunnya, BINUS University telah melahirkan lulusan mencapai lebih dari 6.000 orang. Proses pelepasan para lulusan itu dilakukan secara bertahap selama dua kali. Kehadiran mereka pun tidak menimbulkan penumpukan pengangguran, tetapi malah mendorong kemajuan iklim perekonomian tanah air. Apalagi, banyak bukti yang memperlihatkan kalau para Binusian menjadi incaran para perusahaan besar. 

    Terdapat beberapa fakta menarik terkait lulusan BINUS yang perlu diketahui, di antaranya: 

    • Alumni BINUS University berperan menciptakan lapangan kerja baru

    BINUS memiliki reputasi sebagai kampus entrepreneur. Bahkan, BINUS memiliki kurikulum yang disusun dengan tujuan untuk mendorong jiwa kewirausahaan para mahasiswa. Oleh karena itu, tidak heran kalau banyak pendiri startup dan bahkan unicorn yang lahir dan berkembang dari BINUS. 

    Sosok William Tanuwijaya yang dikenal sebagai pendiri Tokopedia tentu sudah sangat familier. Selain itu, ada pula lulusan lain yang punya peran membuka lapangan kerja berkat startup yang didirikannya, antara lain adalah Muhammad Egha (DELUTION), Kevin Osmond (Printerous), Tyovan Ariwidagdo (Bahaso.com), Arifa Tan (IDStar Indonesia), dan lain sebagainya. 

    • BINUS University sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dunia

    QS World University Rankings 2021 menempatkan BINUS dalam peringkat 801-1.000 dunia. Posisi tersebut menjadikan BINUS di posisi ke-7 dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Menariknya lagi, BINUS University merupakan satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang memperoleh predikat 4 star. 

    Penilaian QS World University dalam menetapkan peringkat perguruan tinggi tersebut dilakukan dengan menggunakan 6 parameter utama. Enam parameter tersebut adalah reputasi akademik, kualitas lulusan, rasio fakultas/mahasiswa, jumlah sitasi per fakultas, rasio fakultas internasional, dan rasio mahasiswa internasional. 

    • Kesempatan mendapat kerja lebih baik dan cepat

    Dibandingkan dengan lulusan universitas lain, para Binusian punya kesempatan meraih pekerjaan jauh lebih cepat. Bahkan, hampir 75% lulusan sudah memiliki pekerjaan sebelum mereka mengikuti wisuda. Selain itu, sebanyak 49% lulusan memilih karier sebagai karyawan di perusahaan global atau bekerja menjadi entrepreneur

    Kesempatan meraih pekerjaan yang lebih cepat tersebut ditunjang dengan fasilitas penunjang oleh pihak kampus. Melalui BINUS Career Center, para alumni bisa mendapatkan informasi lowongan kerja secara efektif. Apalagi, BINUS Career Center telah melakukan kerjasama dengan lebih dari 2.246 perusahaan dalam dan luar negeri. 

    Dengan jaringan kerja sama yang sangat luas tersebut, terdapat lebih dari 5.000 penawaran kerja per tahun di BINUS Career Center. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut puas dengan kinerja para lulusan BINUS yang telah mereka rekrut. 

    • Dukungan fasilitas yang sangat lengkap

    Kontribusi yang diberikan BINUS dalam menghasilkan lulusan berkualitas ditunjang dengan keberadaan fasilitas lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya adalah Green Screen Studio, Incubator Apple, Smart Class, Creative Space, dan lain sebagainya. Keberadaan fasilitas penunjang itu mampu membantu para mahasiswa menguasai berbagai skill

    Nah, itulah bukti kontribusi nyata yang diberikan BINUS University bagi Indonesia. Kamu pun berkesempatan untuk bagian dari perguruan tinggi terbaik tanah air. Menariknya lagi, kamu bisa memilih kampus BINUS yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, seperti Malang, Bandung, dan Greater Jakarta (Jabodetabek). 

    Sudah siap menjadi seorang Binusian?