BINUS UNIVERSITY

    MuARa: Solusi Mudah Belajar Sejarah Bagi Anak Muda

    Sejarah merupakan bagian yang sangat penting, karena memberikan kita bentuk sebuah gambaran kejadian bentuk dimasa lampau, hingga bagaimana semuanya bisa terjadi seperti sekarang. Tentu bentuk sejarah tidak akan pernah lepas dari kita, sebab sangat penting bagi semua orang dapat memahami apa yang telah dilalui leluhur dan pejuang bangsa kita untuk sampai kepada keadaan bangsa yang kita jalani saat ini. Namun saat ini esensi dalam mempelajari sejarah berbalik jauh terhadap generasi muda, yang kini mungkin berpendapat bahwa sejarah hanya berguna untuk melengkapi koleksi di musium saja, yang pastinya hal ini sangat disayangkan, Itulah mengapa sangat penting untuk mempertahankan pengetahuan mengenai sejarah, khususnya bagi anak-anak muda, dari sedini mungkin, untuk dapat menumbuhkan rasa minat dalam mempelajari sejarah.

    Tentu menghadapi hal ini bukanlah suatu hal yang mudah, sebab seiring perkembangan zaman, dibutuhkan metode pembelajaran yang mampu beradaptasi dengan penggunaan teknologi, sebagai bentuk pendukung pembelajaran bagi anak-anak muda, seperti siswa yang duduk dibangku Sekolah Dasar hingga Menengah untuk dapat mengeksplorasi pembelajaran terkait sejarah. Untuk menjawab persoalan ini, Apple Developer Academy@BINUS telah berhasil melahirkan salah satu lulusan terbaik yang mampu dalam memenuhi kebutuhan terkait pembelajaran sejarah, yang dapat memudahkan para anak-anak muda, dengan aplikasi MuARa sebagai developer lulusan dari  Apple Developer Academy@BINUS hadir menjawab tantangan tersebut.

    MuARa merupakan sebuah aplikasi yang dapat meningkatkan pengalaman belajar saat berkunjung di museum, bahkan pembelajaran secara jarak jauh yang interaktif, untuk siswa SD hingga SMP dengan memberi mereka permainan berbasis cerita sejarah, yang siap membuat kunjungan ke Museum Nasional Indonesia semakin seru. Aplikasi ini didukung dengan fitur Augmented Reality (AR) yang dapat membuat benda-benda yang ada di museum hidup. Aplikasi MuARa ini nantinya akan segera tersedia di App Store dan mendukung terhadap perangkat iPad.

    Tentunya hal ini dapat menjadi solusi dari tantangan terhadap pembejelajaran sejarah yang mengikuti perkembangan teknologi, karena membantu meningkatkan keterlibatan para penggunanya, yakni anak-anak terkait kunjungan mereka ke museum nantinya secara lebih aktif, sebab terdapat bagian dalam permainan yang mendorong kolaborasi antar siswa yang pastinya akan dengan mudah mendorong banyak interaksi.

    Diharapkan melalui aplikasi MuARa ini sebagai upaya lebih dalam mengenal identitas bangsa Indonesia dan dapat lebih mendukung pembelajaran yang edukatif terhadap pengetahuan sejarah tertentu, yang bisa membantu mereka untuk lebih memahami fakta-fakta menyenangkan tentang peradaban, sebagai ilmu bagi anak muda dalam aspek-aspek sejarah yang penting, dengan cara yang tetap menyenangkan.